Bermacam-macam bakso sudah pernah diciptakan. Ada bakso jumbo, bakso granat, bakso klenger, bakso kepala bayi, bakso beranak dan bakso-bakso anti mainstream lainnya. Dahsyat ya kuliner Indonesia nggak pernah ada matinya. Kreatif sekali menciptakan varian bakso yang istimewa. Padahal ya konsepnya sama, bakso daging.

Baru-baru ini di Jogja sedang heboh bakso yang nggak lazim dan unik. Betapa tidak, bakso yang biasanya disajikan di mangkok bakso, kali ini disajikan di batok kepala, eh kelapa, maap. Gokil ‘kan? Pengen tahu gimana anehnya bakso ini, yuk ikuti penelusuran Hipwee Travel di Jogja…

Tren bakso unik terus berlanjut. Terakhir, bakso degan (kelapa muda) lagi viral di Jogja. Penasaran bentuknya kaya apa?

bakso di batok kelapa kalau ini via jogja.tribunnews.com

Bakso degan alias kelapa muda ini adalah bakso ikan, bukan daging sapi, yang disajikan dalam kelapa muda, baik kelapa muda utuh atau cuma batok kelapa saja. Uniknya adalah, kuah baksonya ya air kelapa muda. Kebayang belum rasanya? Hehehe. Kuah yang biasanya manis (ya iyalah air kelapa muda) jadi terasa gurih dan nikmat setelah dipadukan dengan bumbu rahasia yang dimiliki warung ini. Jadi dikasih saos dan kecap pun tambah nikmat. Oh iya, Warung Berkah Bakso Ikan Degan beralamat di Jl Sugeng Jeroni No 62, Wirobrajan, Yogyakarta.

Ternyata kelapa ngga cuman jadi simbol aja. Selain wadah dan kuahnya dari kelapa muda, mie-nya pun dari kelapa juga! Waduh gimana tuh rasanya…

lihatnya sih kaya es degan via lifestyle.liputan6.com

Advertisement

Bayangin rasanya makan bakso pakai kuah kelapa muda aja udah nggak kebayang, apalagi makan mie yang juga terbuat dari parutan kelapa muda. Terasa aneh ya, tapi layak kamu cobain kok. Buktinya setiap hari ramai pembeli. Kenapa nggak sekalian baksonya pakai kelapa muda juga ya? Hehehe.

Ide ini sebenarnya bukan ide yang orisinal, melainkan sebuah modifikasi dari ide yang sudah ada di tempat lain. Kemudian disesuaikan dengan cita rasa Jogja

di kota lain udah ada, kemudian modifikasi via ngadem.com

Ide ini didapatkan Wiwiek Adriana, sang pemilik warung, ketika berkunjung ke Pelabuhan Ratu. Di sana ia menemukan menu seperti ini di hotel. Karena harganya mahal, ia modifikasi agar bisa dinikmati semua kalangan. Bakso daging ia ubah jadi bakso ikan. Kuahnya dari air kelapa muda, dan mie yang digunakan juga dari kelapa muda. Cita rasa ia sesuaikan dengan lidah orang Jogja. Akhirnya jadi unik ‘kan?

Harga bakso ikan degan yang utuh Rp 18.000,- saja sementara bakso yang disajikan menggunakan batok kelapa cuma Rp 13.000,- Minumnya pun kalau bisa es degan sekalian ya. Biar tubuhmu berisi kelapa semua. Hehehe. Khasiat kelapa muda juga bagus lho buat kesehatan. Makin pengen cobain nggak nih?

Penasaran gimana bentuk bakso ikan degan ini? Yuk simak videonya…

Jadi gimana, makin baper ‘kan pengen main ke Jogja? Destinasi instagrammable makin banyak, eh kulinernya pun ada-ada aja, selalu ada yang unik dan baru. Udah deh, segera atur jadwal ke Jogja lagi ya. Nikmati santapan bakso ikan degan bersama pasangan, kalau punya :p

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya