Nasi Kapau dan Nasi Padang. Serupa tapi Nggak Sama, Walaupun Sama-Sama dari Sumatera Barat!

nasi kapau

Jika kita berbicara tentang Sumatera Barat, salah satu yang terlintas di benak kita adalah kuliner.  Kuliner dari Sumatera Barat emang sudah menjadi salah satu ciri khas daerah tersebut dan terkenal hingga ke seluruh Indonesia, bahkan dunia melalui warung nasi padang atau restoran padang. Tetapi jika kita berbicara tentang warung nasi dan kuliner asal Sumatera Barat, ternyata nasi padang bukan satu-satunya lho! Warung nasi lainnya yang sebenarnya nggak kalah lezat dan berasal dari Sumatera Barat adalah nasi kapau.

Advertisement

Kalau kamu tinggal di Jakarta, mungkin kamu nggak akan asing dengan jajaran warung nasi yang ramai dan bisa ditemukan di daerah Senen, Jakarta Pusat ini. Meskipun sama-sama dari Sumatera Barat, ternyata warung nasi kapau dan nasi padang memiliki beberapa perbedaan lho! Nih Contohnya!

Meski sama-sama dari Sumatera Barat, tetapi asal-usul nasi kapau lebih spesifik merujuk ke satu Nagari di Sumatera Barat

Selain makanan, salah satu ikon Sumatera Barat adalah rumah gadang | Credits: realyusra via pixabay.com

Nama nasi kapau  merujuk pada sebuah Nagari (Desa) yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Warga lokal di sana menyebut warung nasi/warung makan yang penjualnya adalah orang asli Nagari Kapau dengan “rumah makan nagari kapau”. Pemyebutan ini kemudian disederhanakan ketika warung nasi orang kapau ini mulai muncul di luar daerah aslinya menjadi nasi kapau seperti yang kita kenal sekarang.

Sedangkan, nasi padang adalah istilah yang digunakan secara luar untuk merujuk kepada sebuah rumah makan yang menyediakan makanan yang berasal dari Sumatera Barat, walaupun masakan tersebut nggak berasal dari kota Padang. Jika kamu sedang di Sumatera Barat berkunjunglah ke Pasar Bawah di Bukittinggi, di sini SoHip bisa menemukan pusat penjualan nasi kapau.

Advertisement

Jika nasi padang menampilkan lauknya menggunakan etalase yang menjulang, nasi kapau malah sebaliknya, lauk ditempatkan di atas meja yang menurun

Lauk nasi kapau ditempatkan di meja yang posisinya lebih rendah dari sang penjual | Credit: Silvita Irayanti via commons.wikimedia.org

Jika SoHip perhatikan, semua warung nasi padang biasanya menampilkan menu makanan/lauk yang dijual pada sebuah etalase kaca, dengan beberapa undakan bertingkat ke atas. Hal ini sangat berbeda dengan nasi kapau. Nasi kapau biasanya dihidangkan di sebuah meja yang posisinya lebih rendah dari si penjual, meskipun sama-sama menggunakan display berundak, tetapi penempatan ini akan memberikan cara penyajian yang berbeda untuk kedai warung nasi ini.

Dengan menggunakan display kaca yang ditempatkan di depan, para pelanggan nasi padang bisa langsung melihat dan memilih makanan yang akan dipesan tanpa harus masik ke warung nasi padang tersebut. Tapi hal tersebut nggak berlaku untuk nasi kapau, karena penempatannya, pelanggan harus masuk ke dalam warung nasi kapau terlebih dahulu untuk melihat lauk yang tersedia.

Kalau nasi padang terkenal dengan penyajian unik yang menaruh semua menu di meja, maka nasi kapau juga punya cara penyajian yang unik juga!

Advertisement

untuk menyajikan nasi kapau, penjual menggunakan sendok panjang untuk mengambil lauk | Credit: Rene Passet via www.flickr.com

Biasanya di sebuah warung nasi padang, SoHip sebagai pengunjung bisa memesan lauk/makanan secara satu persatu di dekat etalase, atau meminta dihidangkan semua lauk/makanan yang ada di atas meja dalam piring piring kecil. Jika kamu memilih cara yang kedua nggak jarang beberapa warung nasi padang membawa-lauk-lauk tersebut dengan cara bertumpuk di sebelah tangan pada waktu yang bersamaan.

Hal tersebut nggak akan kamu temukan di warung nasi kapau. Karena peletakkan lauk yang lebih rendah dari pada yang menjual, maka kamu akan melihat lauk-lauk ini diambil menggunakan sendok/centong panjang. Kamu harus memesan dan memilih makanan dahulu, baru makanan kamu akan diambilkan oleh penjual. Sehingga di warung nasi kapau kamu nggak akan menemukan atraksi bawa piring atau lauk yang semuanya dihidangkan di meja.

Jika kalian ingin memesan rendang di warung nasi kapau, kalian harus spesifik menyebutkannya ya, rendang daging atau rendang ayam!

Kalau memesan rendang di warung nasi kapau, sebutkan secara lengkap ya, rendang ayam atau daging! | Credit: paulbrighton via depositphotos.com

Buat kalian yang belum tahu, istilah rendang itu sebenarnya merujuk ke cara memasak/mengolah makanan bukannama makanan, karena setiap daerah di Sumatera Barat memiliki rendang khas masing-masing. Untuk nagari kapau sendiri rendang yang mnjadi ciri khasnya adalah rendang ayam.

Jadi jika SoHip hanya menyebutkan rendang ketika memesan makanan di warung nasi kapau, hampir bisa dipastikan kamu akan disajikan rendang ayam, bukan rendang sapi seperti yang biasa kamu temukan di warung nasi padang. Jadi jangan lupa memesan  rendang secara lengkap ya agar kamu nggak terkecoh karena perbedaan budaya dan kebiasaan di warung nasi kapau ini!

Meskipun sama-sama menyajikan gulai, tetapi warung nasi kapau biasanya memiliki gulai yang nggak ada di warung nasi padang

Gulai nangka nasi kapau (paling atas, kedua dari kiri) sedikit berbeda dengan gulai nangka kebanyakan karena menggunakan rebung | Credit: Erisonjkambari via commons.wikimedia.org

Jika diperhatikan biasanya lauk/makanan yang dijual oleh warung nasi kapau sedikit lebih banyak dari warung nasi padang, selain itu warung nasi kapau juga memiliki menu yang nggak ada di warung nasi padang biasa. Menu tersebut adalah gulai gajebo dan gulai nangka yang sedikit berbeda.

Gulai gajebo ini adalah gulai yang dibuat dengan menggunakan lemak sapi dan sedikit daging. Karena menggunakan banyak lemak, otomatis makanan ini gurih. Selain gulai gajebo, gulai sayur nangka di warung nasi kapau juga sedikit berbeda dengan yang ada di warung nasi padang. Dalam gulai sayur nangka yang ada di warung nasi kapau, biasanya terdapat tambahan rebung, selain itu sayuran yang ada di gulai ini biasanya berukuran lebih besar-besar karena nggak dipotong

Jika kamu penasaran ingin mencoba nasi kapau kamu sebenarnya nggak perlu jauh-jauh pergi ke Sumatera Barat, sekarang ini sejalan dengan perkembangan zaman SoHip bisa menemukan warung nasi kapau dengan mudah di kota tempat kamu tinggal.

Nah itulah beberapa pengetahuan mendasar  tentang perbedaan nasi padang dan nasi kapau, biar SoHip enggak bingung mengidentifikasinya. Intinya mau nasi kapau atau nasi padang, kedua warung ini sama enak kok!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Dulu anak magang, sekarang sering uring-uringan, katanya gamers tapi nonton esportsnya aja. Suka sepak bola karena dipaksa temen, tapi suka kamu kok :')

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE