Kejadian heboh menggemparkan dunia penerbangan tanah air pada akhir tahun lalu. Pilot dari Citilink yang diduga mabuk membuat penumpang panik dan memutuskan untuk turun dari pesawat. Dari kejadian itu, CEO Citilink mengundurkan diri dan sang pilot juga diberhentikan. Sebuah hal mengejutkan yang tentu membuat khawatir banyak pihak, terutama pelanggan transportasi udara ini.

Bagaimana tidak khawatir, pilot yang punya tugas membawa ratusan nyawa di pesawat malah disinyalir tidak sehat seperti itu. Mau menyelamatkan diri aja sempoyongan, apalagi bawa pesawat. Tentu keselamatan seluruh penumpang taruhannya.

Advertisement

Tapi tahukah kamu, kejadian pilot Citilink yang diduga mabuk ini bukan yang pertama kali. Sudah banyak perilaku buruk pilot yang menggemparkan dunia penerbangan. Mau tahu apa saja perilaku buruk pilot? Yuk, kita bahas satu-satu.

1. Sudah banyak kejadian, pilot kedapatan mengonsumsi sabu-sabu. Gimana nggak ketar-ketir ya dibawa oleh pilot yang habis nyabu…

Mungkin masih terngiang dalam benak kamu tentang pilot Lion Air yang kedapatan mengonsumsi sabu, hanya beberapa jam sebelum jadwalnya terbang pada akhir tahun 2015 lalu. Pilot itu menghisap sabu bersama seorang pramugari dan pramugara. Cerita tentang pilot nyabu bukan hal baru lagi. Pilot berdalih beban pekerjaannya lah yang membuatnya butuh sabu-sabu. Bahkan lebih gilanya lagi, pada tahun 2011 lalu, pilot Lion Air yang tertangkap karena narkotika mengatakan bahwa ia sering mengonsumsi sabu-sabu ketika sedang bertugas menerbangkan pesawat. Serem nggak tuh?

2. Kalau nyabu kurang serem, ada juga nih kelakuan buruk pilot di Amerika. Pilot dari pesawat Jet Blue, punya masalah psikologis sepertinya…

Jadi ceritanya begini, pesawat JetBlue dengan rute New York-Las Vegas dikapteni Clayton Frederick Osbon. Di tengah penerbangan, Osbon tiba-tiba keluar kokpit serta berteriak keras tentang Al Qaeda dan bom di dalam pesawat. Sontak penumpang pun kaget. Tak hanya itu, ia juga mengatakan kalau pesawat akan jatuh. Osbon pun ditahan oleh penumpang agar tidak masuk ke dalam kokpit. Meskipun pada akhirnya mereka semua selamat, bisa membayangkan nggak ketakutan yang mereka rasakan mendapat pilot bermasalah secara mental seperti itu. Dia kemudian diperiksa kesehatannya oleh otoritas bandara.

3. Kasak kusuk dunia penerbangan selama ini, skandal seks antara pilot dan pramugari. Percaya nggak percaya sih ini…

skandal seks

skandal seks via www.kancyl.com

Advertisement

Tidak perlu menjadi pengamat di dunia penerbangan, orang awam pun banyak yang mengetahui bahwa pilot dan pramugari sering terlibat skandal seks. Hubungan yang dekat sementara bekerja jauh dari keluarga seakan memberikan keleluasaan untuk terjadinya hal-hal yang tidak sepatutnya tersebut. Nggak cuma kasak-kusuk, skandal ini bahkan sampai ada karya ilmiahnya lho. Sebuah karya ilmiah tulisan Indah Martina, mahasiswi jurusan Psikologi Universitas Surabaya, bikin terkejut banyak orang beberapa tahun lalu. Skripsi berjudul Hubungan antara Harga Diri dengan Seks sebagai Sebuah Alat di Pekerjaan Pramugari Udara langsung bikin heboh. Pramugari sering menggoda pilot dengan alasan mendapat materi dan dipromosikan agar bisa ikut terbang terus. Duh duh ternyata ya…

4. Gara-gara pilot tertidur, pesawat Delta Air hilang kontak dan ketika bangun sudah dikepung pesawat jet tempur! Kocak sih ini..

tidur dulu, zzz

tidur dulu, zzz via beningpost.com

Pilot juga manusia, wajar kalau ia juga kelelahan hingga tertidur ketika mengemudikan pesawat terbang. Kejadian konyol tersebut terjadi pada maskapai Delta Air dari Jerman tujuan Kuwait pada pertengahan taun 2016. Karena tertidur, pesawat ini menuju ke arah yang salah dan ‘tersesat’ di wilayah udara Yunani. Karena hilang kontak (ya tidur sih) maka otoritas penerbangan di Yunani mengira pesawat ini telah dibajak. Akhirnya, 2 jet tempur dikirimkan untuk mencegat pesawat tak teridentifikasi ini. Setelah cahaya dari jet tempur dinyalakan, penumpang pun panik. Pramugari akhirnya menggedor pintu kokpit dan membangunkan pilot. Mungkin saking ngantuknya, sang pilot lupa mengaktifkan mode autopilot kali ya. Duh, kaya film-film aja.

5. Saking asyiknya main gadget, eh pilot ini sampai lupa belok 250 km! Gokil sih ini…

buat navigasi, jangan dipake socmed ya pak!

buat navigasi, jangan dipake socmed ya pak! via www.ainonline.com

Mungkin biar tetap dikira hits dan kekinian kali ya, pilot ini asyik banget main gadget ketika mengemudikan pesawat. Seorang pilot dan co-pilot di maskapai Northwest seharusnya membelokkan pesawatnya menuju tujaun akhir, Minneapolis. Namun saking asyiknya, sampai-sampai pesawat lupa belok. Pesawat itu bablas 250 km jauhnya. Konyolnya lagi, dia juga lupa mengabarkan ke menara kontrol. Gara-gara update status mulu sih kayanya. Hehehe.

6. Nah, kalau ini yang baru saja terjadi, pilot mabuk minuman keras. Hal ini bukan pertama terjadi, alias sudah sering di dunia penerbangan. Bahaya banget ‘kan?

Kejadian terbaru di Surabaya, pilot yang meracau nggak jelas bikin penumpang was-was. Disinyalir, pilot ini sedang mabuk ketika akan menerbangkan pesawat. CEO Citilink mundur dan pilot yang diduga mabuk pun dipecat. Tapi asal tahu saja, ada beberapa kejadian tentang pilot yang mabuk ini. Karena pilot mabuk, Japan Air pun jatuh setelah take off di Alaska pada tahun 1977. Pada tahun 2015, pilot dan seluruh awak kabin Air Baltic bahkan terindikasi mabuk semua. Pasalnya, pada malam harinya mereka melakukan pesta alkohol. Miris ya.

7. Terakhir, apa jadinya kalau pilot bertengkar dengan pramugarinya di depan para penumpang? Cuma bisa pasrah dan berdoa deh…

pilot vs pramugari

pilot vs pramugari via humaniora.uniknya.com

Gara-gara mengalami pelecehan seksual, pramugari Air India pun ribut dengan pilot mereka ketika terbang, 2009 silam. Dua pilot dan dua awak kabin bertengkar di kokpit pesawat. Bukannya mereda, pertengkaran itu pun berlanjut hingga ke dalam kabin. Horor nggak sih kalau lihat kejadian seperti ini. Kalau kesal, pilotnya bisa jatuhin pesawat lho! Hehe, serem.

Tujuh kelakuan buruk pilot ini tentu bakal bikin kamu elus dada dan berdoa penuh harap kepada Tuhan. Sebagai transportasi paling aman, seharusnya tidak boleh ada kesalahan sedikit pun terkait keselamatan. Kalau pilotnya begini, nyawa penumpang taruhannya. Semoga kamu senantiasa selamat sampai tujuan ya. Jangan kapok naik pesawat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya