Hipwee Travel akan memberikan liputan khusus destinasi wisata populer di Indonesia dan mancanegara. Kami menamainya Reportase Wisata. Tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang sering jadi impian para traveler. Tak cuma destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain seputar destinasi tersebut yang tak pernah ternarasikan sebelumnya.

Mumpung di Jepang lagi musim sakura, kali ini Hipwee Travel bakal mengulas tentang Jepang. Nah di artikel ketiga ini, Hipwee mau kasih panduan liburan ke Gunung Fuji dan berbagi cerita serunya liburan ke sana. Yuk simak!

Artikel 1: Panduan Liburan ke Jepang Buat Pemula. Persiapkan 10 Hal Ini Sebelum Berangkat ke Negeri Sakura! 
Artikel 2: 7 Destinasi Gratisan di Tokyo yang Harus Kamu Datangi. Keliling Semua Tempat Cuma Seharian Aja Lho!
Artikel 3: Begini Rasanya Naik Kereta Gantung di Gunung Fuji, Jepang. Agak Serem Tapi Seru Abis!
Artikel 4: 10 Hal Unik dan Budaya Positif di Jepang yang Bikin Jatuh Cinta. Jadi Pengen Balik ke Sana Lagi!
Artikel 5: Panduan Budget Liburan ke Tokyo Anti Mahal. Cocok Buat Sobat Misqueen yang Mimpi ke Jepang!

Tak lengkap liburan ke Jepang tanpa berkunjung ke Gunung Fuji. Ikon Jepang yang sangat terkenal dan jadi tujuan wisata yang begitu populer. Gunung Fuji dengan pucuknya yang tertutup salju begitu mengagumkan. Apalagi banyak sekali spot foto menarik di sana, termasuk foto Fuji dengan Danau Kawaguchiko yang bikin nggak mau pulang dari sana. Hehehe.

Advertisement

Ada banyak atraksi wisata di sekitar Gunung Fuji, termasuk dengan cara mendaki ke puncaknya. Namun, Hipwee Travel kali ini akan bahas cara menikmati Fuji dengan cara menaiki kereta gantung atau ropeway. Wah seru nggak tuh? Yuk ikuti perjalanan seru ke Jepang kali ini. Dijamin jadi pengen liburan ke sana juga. Hehehe.

Perjalanan ke Fuji sebaiknya dimulai dari Tokyo. Kamu bisa naik Kereta Limited Express Kaiji untuk menuju ke Stasiun Otsuki. Naik bus juga bisa sih ke Fuji

kawaguchiko station via willerexpress.com

Perjalanan dimulai dari Tokyo. Perjalanan ke Stasiun Kawaguchiko cukup lama, sekitar 3 jam. Jadi sebaiknya kamu mulai perjalanan sepagi mungkin dari Stasiun Shinjuku. Untuk menuju ke Kawaguchiko, pertama-tama adalah naik kereta Limited Express Kaiji atau Azusa menuju Stasiun Otsuki. Kalau kamu punya JR Pass, tiketnya gratis. Harganya sendiri sekitar 160 ribu rupiah. Nah di Otsuki kamu ganti kereta Fujikyuko Railways yang harganya sekitar 150 ribu. Nah tiket ini nggak tercover sama JR Pass tapi kalau kamu daftar Tokyo Wide Pass bisa tercover.

Sebenarnya jika kamu ingin mengekplore Fuji di mana banyak sekali destinasinya, lebih baik kamu beli Mount Fuji Pass, harganya 600 ribu untuk satu hari. Dengan Pass itu, kamu nggak perlu bayar kereta Fujikyuko Railways PP di mana nominalnya sudah lebih dari 300 ribu. Kamu bisa masuk dengan gratis ke Mt Fuji Panoramic Ropeway, wahana bermain Fuji Q Highland, bisa naik kapal di Danau Kawaguchiko, Danau Yamanakako, Gotemba, hingga bisa naik bus keliling Fuji sepuasnya. Nominal 600 ribu sangatlah murah untuk itu semua yang kalau dijumlah bisa sampai 1 juta rupiah.

Sesampai di Stasiun Kawaguchiko, kamu bisa naik bus Red Line menuju ke Mt Fuji Panorama Ropeway. Siap-siap antri karena peminatnya cukup banyak, apalagi pas harinya cerah

ngantri sebelum naik kereta gantung via www.hipwee.com

Advertisement

Sesampainya di stasiun Kawaguchiko, belilah tiket bus Red Line dan antri di depan pintu stasiun. Bus Red Line akan datang menjemput dan akan menurunkanmu di berbagai destinasi, salah satunya Mt Fuji Panoramic Ropeway. Ini adalah kereta gantung yang start-nya di tepian danau sampai ke atas bukit sehingga pemandangan kawasan Kawaguchiko ini terlihat begitu luas dan jelas, termasuk Gunung Fuji.

Harga tiketnya cuma 900 Yen untuk perjalanan bolak-balik, sementara untuk sekali jalan 450 Yen aja. Sementara untuk anak 450 bolak-balik dan 250 untuk sekali jalan. Cukup murah lho dengan pemandangan danau Kawaguchiko dengan Gunung Fuji yang sangat indah. Kamu bisa naik kereta gantung ini sekali jalan ketika berangkat dan turunnya lewat tangga.

Naiknya seru sekaligus serem. Puluhan orang masuk kereta gantung dan berdiri berhimpitan. Ngeru juga waktu kereta gantungnya goyang-goyang

mt fuji panoramic ropeway via www.hipwee.com

Buat yang takut ketinggian, naik kereta gantung ini lumayan serem sih. Hal ini dikarenakan jumlah orang yang masuk ke kabin cukup banyak, bahkan saling berhimpitan. Beda dengan cable car biasanya di mana penumpangnya duduk dan menikmati pemandangan, Mt Fuji Panoramic Ropeway ini digunakan sebagai sarana pengangkutan manusia. Jadi memang kurang nyaman sih di dalamnya. Itulah kenapa harganya terhitung murah untuk ukuran Jepang, bolak balik cuma sekitar 100 ribu. Tapi sensasinya seru banget sekaligus pemandangannya luar biasa indah.

Setelah sampai di atas, kamu bisa menemukan pemandangan Gunung Fuji seperti ini. Sempurna!
View this post on Instagram

Gunung Fuji Sebagai pecinta keindahan gunung-gunung, Fuji di Jepang udah jadi destinasi impian yang harus didatangi. Kesempatan itu datang saat dapat tiket murah ke Jepang sekeluarga. Menyaksikan Fuji bersama anak dan istri merupakan sebuah cita-cita sejak dulu. Namun sayangnya di hari kedua di Jepang, cuaca buruk dan hujan seharian. Akhirnya balik lagi deh meski udah separuh jalan ke Kawaguchiko. Berdasarkan ramalan cuaca di Jepang yang super akurat, ternyata keesokan harinya cuaca cerah. Wah langsung deh ke Fuji lagi. Naik cable car, dapat pemandangan spektakuler seperti ini. Meskipun agak rumit dan cukup sulit buat pemula, liburan ke Jepang bersama keluarga harus jadi bucketlist kamu berikutnya ya. #fuji #fujiyama #mountfuji #mountfujijapan #explorejapan #exlplorefuji #beautifuldestinations #pendakiindonesia #mountnesia

A post shared by Septyan Bayu Anggara (@bayuanggara08) on

Di atas bukit, pemandangan Kawaguchiko dari atas bukit terlihat nyata. Pemandangannya sungguh indah, dengan Gunung Fuji sebagai ‘landmark’ andalannya. Di sana sudah tersedia semacam kedai yang legendaris bernama Tanuki Jaya Shop. Di sini selain menjual makanan juga menyediakan berbagai souvenir. Setelah kamu foto-foto, bisa banget mampir beli oleh-oleh sekadarnya di sana. Jangan lupa ada Tenjo Bell, sebuah lonceng dengan hiasan berbentuk lambang hati. Lokasinya sangat strategis untuk berfoto dengan latar belakang Gunung Fuji yang mengagumkan.

Selesai berfoto, saatnya turun kembali ke bawah. Kereta gantung akan menjemputmu dan membawamu turun. Pengalaman turun lebih serem sih

view dari atas bukit via www.hipwee.com

Nggak usah lama-lama di atas, satu jam aja cukup kok. Kamu bisa eksplor tempat lainnya seperti Danau Kawaguchiko atau Danau Yamanakako. Kamu bisa naik kapal keliling danau. Selain itu nggak sah apabila kamu nggak ke Chureito Pagoda, spot terbaik menyaksikan Fuji di musim semi ataupun gugur. Kalau masih ada waktu bisa belanja di Gotemba, pusat perbelanjaan dengan barang-barang branded di dalamnya. Kurang puas apabila kamu nggak sekalian mampir wahana permainan Fuji Q Highland. Ada roller coaster paling ekstrem di dunia lho!

Nah kalau sudah mengeksplorasi Fuji seharian, kamu bisa pulang ke Tokyo menjelang magrib. Kamu akan sampai di Tokyo sekitar pukul 21.00 waktu Tokyo. Gimana, seru ‘kan traveling ke Fuji? Yuk agendakan ke sana dan cari tiket murah!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya