Hantu atau makhluk ghaib hidup berbeda alam dengan manusia. Meskipun berbeda alam, namun sejatinya keberadaan mereka berdampingan dengan manusia. Terkadang, dalam beberapa momen manusia bisa bertemu dengan mereka. Ya meskipun kemungkinan terjadinya kecil. Butuh energi yang besar bagi makhluk ghaib untuk menampilkan sosoknya di depan manusia.

Ghost Photography Community adalah komunitas yang ‘kerjaannya’ mencari foto-foto penampakan hantu di berbagai lokasi yang konon dianggap angker. Kali ini aku berkesempatan mengikuti hunting foto yang dilakukan komunitas ini di Bandung Medical Centre, Bandung. Ada banyak sekali hal yang kami temukan di sana. Simak aja deh keseruannya!

Bandung Medical Center, bekas rumah sakit mewah yang kini jadi seperti istana arwah…

bandung medical center via www.sociotraveler.com

Advertisement

Di pusat kota Bandung, ada satu bangunan tua yang dianggap warga sangat angker. Bangunan itu adalah bekas rumah sakit bernama Bandung Medical Centre yang beralamat di Jalan H. Wasid No. 1, Lebak Gede, Coblong. Kisah keangkerannya sudah termasyhur ke seantero Bandung. Bahkan penjaganya sekalipun mengakui kalau sering sekali mereka mendapatkan pengalaman mengerikan, ketemu penampakan hantu penunggu BMC yang bikin bulu kuduk meremang.

“Kalau datang ke sini jangan malam Minggu, ramai orang. Coba deh pas Maghrib malam Senin, udah deh bisa ketemu nanti. Dulu pernah kami berlima lagi benerin air di bunker belakang, kami ditampakin penunggu sini yang matanya merah. Kami pun kabur dan tidur di taman sampai pagi,” curhat Ridwan, salah satu penjaga BMC.

Penasaran dengan cerita Ridwan, kami pun berencana ‘hunting’ foto di BMC mulai dari jam 9 hingga 12 malam!

ada makhluk ghaib di sudut via www.sociotraveler.com

Dipandu oleh tim Ghost Photography Community, kami membagi kelompok yang masing-masing 5 orang. Ada tiga tim yang akan masuk ke dalam. Biasanya sih timnya dua atau tiga orang, tapi karena BMC terkenal akan energinya yang cukup kuat, untuk itu lebih aman kalau jumlahnya lebih banyak. Masing-masing orang memegang senter dan juga kamera untuk memotret obyek yang dianggap asing.

Advertisement

Pukul 21.30 tim pertama masuk. Tim pertama menggunakan kamera thermal yang bisa mendeteksi perubahan suhu. Jadi di layarnya akan terlihat sosok hantu yang suhunya berbeda dengan suhu di tempat itu. Dan benar saja, baru saja masuk ke dalam kamera itu sudah menangkap 2 sosok hitam yang berada di dekat tangga. Satu sosok hitam itu kemudian pergi dan tinggal 1 sosok yang tetap berada di sana. Tim ini meskipun cukup kaget namun tetap tenang. Di lantai 2, mereka menemukan sosok aneh lagi di kamera thermal. Di sebuah pintu ada 2 sosok pocong bergerak-gerak. Semua orang tidak bisa melihatnya langsung, tapi di kamera terlihat sangat jelas!

Tim kedua menyusul ke dalam, kebetulan ada anak indigo yang berada di tim kami. Giliranku masuk nih!

makhluk aneh tertangkap kamera via www.sociotraveler.com

Suasana mencekam mengawali perjalanan kami. Di lantai 1, kawanku yang indigo ini masuk ke ruang bayi. Di sana, ia melihat anak kecil yang seakan meminta tolong dengan menjulurkan tangannya. Dia pun bergegas keluar dan melanjutkan perjalanan. Di ruang operasi, ia melihat ada sosok hitam yang terbaring di meja operasi. Untuk itulah, ia mengurungkan niatnya untuk masuk. Kami yang lain tak bisa melihat dan hanya mendengar penjelasannya yang bikin merinding pula.

Kami sampai di lantai 4, suasana makin mencekam dan terasa hangat. Berbeda dengan tempat lainnya. Namun karena terlalu ramai, kamera kami tak mampu mendapatkan sosok makhluk ghaib di sana. Hanya suara-suara langkah kaki dan suara nyanyian yang kami dengar. Kemudian kami bergegas ke luar bangunan untuk menuju ke bunker yang berada di samping BMC. Di sana suasana sangat mencekam sekali. Temanku yang indigo bilang banyak banget makhluk ghaib di tempat itu. Ia pun sempat menutup matanya.

“Kami pun merasakan sendiri kalau tempat ini sangat angker. Bulu kuduk merinding dan jantung pun berdegup kencang. Salah satu teman kami bahkan mendapat gambar sesosok hantu di kameranya. Meskipun beberapa fotonya seakan ‘dirusak’ hingga hasil fotonya berwarna merah. Aku sendiri menyaksikan pohon palem bergerak dengan sendirinya meskipun tak ada angin sama sekali. Kami segera kembali ke halaman karena tempat ini sangat tidak mengenakkan.”

Tim ketiga masuk, salah seorang dari mereka sadar kalau jumlah mereka bertambah!

ada sosok aneh mengintip via www.sociotraveler.com

Untuk memancing agar makhluk halus penunggu BMC keluar dan bisa difoto, tim ketiga melakukan prosesi hening. Mereka berjongkok dan mematikan seluruh lampunya agar gelap gulita. Nah, di momen hening ini, ada satu orang yang merasa bahwa jumlah mereka bertambah. Harusnya enam orang tapi ada 7 orang. Sosok ini berwujud lelaki dengan suara berdehem berat seperti orang tua.

Memang tak banyak yang bisa ditemukan. Hanya hawa saja yang berubah secara drastis dari dingin ke hangat. Juga suara-suara gesekan kaki, bau wangi sampai ada yang berbisik-bisik. Ada juga yang melihat sosok hitam namun segera menghilang karena banyak orang yang masuk.

Setelah tim terakhir berhasil keluar dari gedung, jarum jam sudah menunjukkan pukul 11.45. Kami saling berbagi cerita dan juga foto yang berhasil didapatkan. Hikmah perjalanan kali ini adalah kami mempercayai bahwa ada makhluk di alam lain yang hidup berdampingan di sekitar kita. Meskipun begitu, sebagai manusia kita seharusnya tidak takut apalagi berlindung kepada mereka. Saling menghormati dan menghargai keberadaan satu dengan lainnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya