Bersiap Sambut Musim Liburan, Turki Luncurkan Program Vaksinasi untuk Pekerja Bidang Pariwisata

Wisata Turki

Pandemi Covid-19 masih menjadi momok bersama hingga saat ini. Meski begitu, beberapa negara seperti Turki terlihat menuju pulih dari kondisi yang tak dinyana menghantam segala sendi kehidupan. Indikasinya, Turki menyatakan diri siap menyambut wisatawan asing sepanjang 2021.

Advertisement

Kesiapan negara yang membentang dari Semenanjung Anatolia hingga daerah Balkan ini diiringi peluncuran “Program Sertifikasi untuk Pariwisata yang Aman”, sebuah program vaksinasi sektor pariwisata pertama di dunia hasil kerja sama antara Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Kesehatan dan Badan Pengembangan Pariwisata Turki (TGA).

Melalui program tersebut, Turki ingin meningkatkan posisinya sebagai salah satu destinasi teraman di dunia. Komitmen yang diusung untuk itu adalah memastikan kesehatan pekerja bidang pariwisata dan wisatawan baik domestik maupun asing, salah satunya dengan vaksinasi.

Turki ingin pastikan kesehatan dan keselamatan pekerja pariwisata serta penduduk terjaga selama musim liburan

(dok. Badan Pengembangan Pariwisata Turki)

Melalui keterangan tertulis, TGA menjelaskan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki telah memasukkan pekerja sektor pariwisata sebagai prioritas kedua penerima manfaat vaksin setelah petugas kesehatan. Langkah ini diambil untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pekerja pariwisata serta penduduk Turki selama layanan pariwisata beroperasi sepanjang tahun.

Advertisement

Untuk menyukseskan program tersebut, sebuah platform daring diluncurkan agar instansi pariwisata bisa dengan mudah mendaftarkan setiap pekerja mereka. Pada tahap ini, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Tenaga Kerja.

Elemen pariwisata yang berhak mendapatkan vaksin

(dok. Badan Pengembangan Pariwisata Turki)

Dijelaskan lebih lanjut, elemen pariwisata yang tercakup dalam program vaksinasi ini meliputi pekerja sektor akomodasi, restoran, pemandu wisata, transportasi dan agen perjalanan yang terdaftar di bawah “Program Sertifikasi untuk Pariwisata yang Aman”. Saat ini elemen pariwisata Turki yang memiliki sertifikasi tersebut mencapai lebih dari 8.000 instansi.

Melalui serangkaian langkah strategis “Program Sertifikasi untuk Pariwisata yang Aman”, Turki melihat potensi pemulihan yang besar dari sektor pariwisata, dan berharap itu bisa cepat berjalan. Ke depannya, TGA mengatakan Turki akan mengambil setiap langkah yang diperlukan untuk memastikan diri sebagai destinasi teraman dan menjadi pilihan utama turis asing.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

I know I glow up

CLOSE