Bulan Ramadan datang, umat Muslim sedunia menyambutnya dengan perasaan senang. Menahan lapar dan minum selama sehari bukan sebuah hal yang disedihkan namun justru dirayakan. Apalagi umat Muslim Indonesia, banyak sekali cara untuk menyemarakkan bulan Ramadan. Mulai dari berbuka puasa, tabligh akbar sampai pawai anak-anak muda yang berbalut dalam festival. Meriah pokoknya!

Kamu harus beruntung tinggal di Indonesia, waktu puasa hanya berkisar di antara 13-14 jam saja. Pernah nggak kepikiran negara lain yang lwaktu puasanya lebih lama. Duh, kita aja yang dari Subuh sampai Maghrib aja udah lemes banget, apa kabar yang lebih lama dari kita?

Al Jazeera merilis durasi puasa negara-negara di seluruh dunia. Dan inilah 10 negara yang mempunyai jarak terpanjang antara sahur dan buka puasa. Cekidot!

Ramadan tahun 2017 ini akan dimulai pada Sabtu, 27 Mei 2017. Umat Muslim seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa dengan waktu yang berbeda-beda…

puasa di seluruh dunia via www.aljazeera.com

Tahun lalu, durasi berpuasa untuk seluruh dunia berkisar antara 11 jam (terpendek) sampai 22 jam (terpanjang). Al Jazeera merilis waktu puasa untuk tahun ini justru lebih pendek dibandingkan tahun lalu. Dimulai dari 10 jam (terpendek) hingga 21 jam (terpanjang). Sementara Indonesia masih lumayan enak, ‘cuma’ 13-14 jam saja. Wah termasuk enak ya. Harus banyak-banyak bersyukur deh tinggal di Indonesia.

Urutan nomer 10 sampai dengan no 7 adalah negara-negara yang hars berpuasa sekitar 16 jam. Lumayan lah ya…

Advertisement

berpuasa di jepang via www.turkishny.com

– Kabul (Afghanistan) : 16 jam mulai dari 3.02 am sampai 6.58 pm

– Tokyo (Jepang) : 16 jam mulai dari 2.44 am sampai 6.49 pm

– New York (USA) : 16,5 jam mulai dari 3.54 am sampai 8.17 pm

– Beijing (China) : 16,5 jam mulai dari 2.55 am sampai 7.33 pm

Enam belas jam mungkin tidak terlalu ekstrim ya. Ya anggap aja kamu berbuka sewaktu sholat tarawih. Masih kuat dong ya, hehe. Muslim di Afghanistan, Jepang, China hingga Amerika harus berpuasa lebih lama dari Indonesia, dengan selisih 2 jam saja.

Negara-negara Eropa kebanyakan berpuasa kurang lebih 18 jam, seperti negara-negara di bawah ini…

buka puasa di inggris via keepo.me

– Brussels, Belgium: 18,5 jam mulai dari 3.12 am sampai 9.41 pm

– Astana, Kazakhstan: 18,5 jam mulai dari 2.43 am sampai 9.15 pm

– London, UK: 18,5 jam mulai dari 2.29 am sampai 9.03 pm

Kebanyakan negara-negara Eropa harus puasa dengan waktu yang cukup panjang. Muslim yang berada di Eropa (populasi Muslim meningkat sangat pesat di sana) harus berpuasa di atas 18 jam. Rentang antara Maghrib dan Subuh sangat pendek, sekitar 5 jam saja. Ya bayangin aja sih buka jam 9, sholat tarawih jam 11, sementara sahurnya jam 1. Rawan banget kebablasan sih…

Nah ini 3 negara yang punya durasi puasa dalam sehari yang paling lama. Beruntunglah kita tidak puasa di sana…

greenland via www.escapehere.com

– Moscow, Russia: 19 jam mulai dari 1.49 am sampai 8.56 pm

– Stockholm, Sweden: 19,5 jam mulai dari 1.57 am sampai 9.39 pm

– Nuuk, Greenland: 21 jam mulai dari 2.16 am sampai 11.14 pm

Berpuasa sampai 19 jam itu gimana rasanya? Cobalah kamu traveling atau sekolah di Rusia atau Swedia, kamu akan merasakan puasa selama 19 jam! Kalau masih kurang ekstrem, silahkan datang ke Greenland, pulau terbesar di dunia. Di tempat ini puasa 21 jam nonstop! Subuh jam 2 dan Maghrib jam 11 malam. Gokil nggak tuh. Coba deh bayangin buka puasa jam 11 malam, trus sholat Isya dan Tarawih jam setengah 1. Jam set 2 harus sahur, jam 2 adzan Subuh. Luar biasa bukan? Begadang deh tiap hari…

Gimana, bersyukur ‘kan tinggal di Indonesia. Sebagai negara mayoritas Muslim, bulan Ramadan sangat meriah dan benar-benar dirayakan di sini. Buat teman-teman yang ada di luar negeri, semoga tetap rajin beribadah ya meskipun kondisinya tak semudah bila di kampung halaman. Semoga ibadah puasa kita diterima Allah SWT.