Long weekend yang dinanti datang lagi! Kamu yang harus bekerja sepanjang awal pekan pasti gak sabar untuk memanfaatkan akhir pekan yang panjang minggu ini. Tapi, yang mau liburan itu gak cuma kamu doang, lho. Banyak juga orang yang senasib denganmu dan  sama-sama ingin menikmati liburan seperti kamu—mungkin banget mereka juga mengincar destinasi wisata yang sama denganmu!

Nah, biar liburanmu pas long weekend ini tetap menyenangkan dan berkesan meski “bersaing” dengan wisatawan lainnya, simak tips-tips berikut ini, yuk!

1. Kalau memang niat menghabiskan weekend ini dengan jalan-jalan, jangan sampai kecele. persiapan yang matang wajib dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Rencanakan perjalananmu

Rencanakan perjalananmu via manfred-uk.tumblr.com

Advertisement

Hari libur dan long weekend berarti adalah high season bagi penyedia layanan wisata, seperti transportasi dan akomodasi. Tarif transportasi umum seperti bus dan kereta mungkin gak mengalami kenaikan, hanya saja kamu harus “rebutan” tiket untuk bisa naik transportasi yang tergolong murah ini. Sementara, tiket pesawat memang fluktuatif, apalagi harganya bisa jadi mahal banget di hari-H liburan.

Sementara, penginapan mulai dari kelas melati sampai bintang lima akan menaikkan tarifnya untuk mengimbangi kebutuhan penginapan yang membludak dari wisatawan. Makanya, kalau kamu gak mempersiapkannya dari jauh-jauh hari, dijamin deh kamu bakal repot sendiri.

Kalau memang niat liburan saat long weekend, pastikan kamu sudah memesan tiket transportasi dan penginapan sesuai kebutuhanmu dari jauh-jauh hari. Paling enggak, 2 minggu sebelumnya, deh. Jadi, hatimu udah ayem karena gak perlu ketar-ketir mengharapkan kursi atau kamar kosong di hari-H.

2. Di kota-kota tujuan wisatawan, macet bakal jadi agenda utama. Malas ketemu macet? Datang aja ke kota-kota yang gak menjadi incaran wisatawan

Jalan-jalan ke kota yang gak begitu diincar wisatawan

Jalan-jalan ke kota yang gak begitu diincar wisatawan via wisata.vanbumen.com

Advertisement

Buat daerah-daerah yang menjadi tujuan favorit wisatawan seperti Yogyakarta, Bandung, dan Bali, macet sepertinya udah menjadi pemandangan biasa setiap kali liburan tiba. Nah, kalau kamu ogah terjebak macet lagi di kota tujuan liburanmu, sebaiknya kamu mendatangi kota-kota alternatif yang wisatanya juga gak kalah menarik.

Misalnya, daripada ke Jogja yang udah pasti rame banget, kamu bisa menjajal destinasi wisata di Kebumen atau Pacitan yang jaraknya juga gak terlalu jauh dari tujuan awalmu. Memang sih, mungkin fasilitasnya gak semenarik kota yang menjadi tujuan utama wisata. Tapi, kamu bakal mendapatkan sensasi petualangan yang berbeda dan gak kalah asyik pastinya!

3. Buat kamu yang memang berniat mengunjungi kota-kota incaran wisatawan, jangan mau terjebak keramaian. Pintar-pintarlah mencari objek wisata alternatif di sana

Pantai sepi yang tersembunyi

Pantai sepi yang tersembunyi via instagram.com

Tempat-tempat wisata yang populer biasanya bakal dibanjiri oleh wisatawan. Nah, keramaian kayak gini yang sebaiknya kamu hindari. Masih ingat, ‘kan, Goa Pindul yang bentuknya jadi kayak cendol pas long weekend sebelumnya? Alih-alih menyenangkan, yang ada malah bikin kamu jengah.

Nah, biar liburanmu tetap bisa dinikmati tanpa harus memandang lautan manusia yang menghampar, pintar-pintarlah mencari destinasi wisata alternatif yang gak begitu dilirik atau masih tersembunyi. Misalnya, alih-alih ke Goa Pindul, kamu bisa juga cave tubing di Kalisuci. Atau daripada ke pantai-pantai yang udah populer, coba deh datangi pantai-pantai tersembunyi sekalian trekking dan camping. Dijamin liburanmu bakal lebih “manusiawi” dan lebih bisa dinikmati.

4. Kalau memang pengen banget bertandang ke tempat wisata yang populer, datanglah lebih awal. Semakin siang, kamu semakin berisiko terjebak di lautan manusia

Datang awal biar gak terlalu rame

Datang awal biar gak terlalu rame via twitter.com

Bagi sebagian orang, mengunjungi objek wisata populer kadang menjadi menu wajib. Kalau kamu memang merasa perlu bertandang ke tempat-tempat wisata yang lagi ngehits dan berpotensi ramai turis, sebaiknya datanglah ke sana lebih awal dari biasanya. Jangan pernah menunda, karena ibarat macet di Jakarta, lebih cepat atau terlambat beberapa menit saja bisa berpengaruh besar; kamu bisa dapet spot yang masih sepi atau ramai sama sekali.

5. Saat menjelajah kota-kota yang ramai, hindari memakai kendaraan pribadi. Selama memungkinkan, pakai aja transportasi umum dan jalan kaki

Kalau memungkinkan, jalan kaki aja.

Kalau memungkinkan, jalan kaki aja. via www.bucketlistbums.com

Yang bikin kota-kota tujuan wisata jadi macet adalah karena banyaknya kendaraan wisatawan dari luar kota yang mengular di jalanan. Memang sih, naik kendaraan pribadi itu lebih praktis dan transportasi umum yang ada kadang juga belum bisa memfasilitasi wisatawan yang datang. Tapi, alangkah baiknya kalau kita sebagai wisatawan gak ikut menyumbang kemacetan di kota yang kita datangi untuk liburan.

Selama memungkinkan, gak ada salahnya kita menjelajah ala backpacker dengan berjalan kaki dan menumpang transportasi umum. Lagian, kamu juga jadi lebih bisa merasakan dan menyatu dengan atmosfer kota yang kamu singgahi daripada cuma memandangnya dari balik kaca jendela mobil pribadi.

6. Kalau udah terlanjur pakai kendaraan pribadi, pastikan kamu memahami titik-titik macet serta jalan-jalan alternatif di kota tujuanmu biar bisa berkelit dari kemacetan

Kemacetan di Malioboro

Kemacetan di Malioboro via jet-transporter.com

Kemacetan yang menghambat bisa bikin liburanmu kacau. Alih-alih menikmati waktu yang kamu punya untuk mengeksplorasi tempat wisata, waktumu malah habis di jalan gara-gara terhambat macet. Nah, sebelum meluncur ke kota tujuan untuk jalan-jalan, ada baiknya kamu memantau dulu daerah rawan macet di sana. Kamu bisa mencari tahu lewat live report akun Twitter lokal, misalnya.

Untuk bisa berkelit dari macet, pastikan kamu juga cukup memahami peta daerah sana. Tahu jalan-jalan alternatif penting banget buat menghindari macet dan menghemat waktumu di jalan.

7. Gak perlu terburu nafsu berusaha mengunjungi banyak tempat sekaligus dalam sehari. Alih-alih, nikmati tempat yang kamu datangi dengan santai

Mengunjungi banyak tempat sekaligus

Mengunjungi banyak tempat sekaligus via www.budgettravel.com

Udah tahu jalanan macet, gak usah maksain buat mengunjungi banyak tempat sekaligus dalam waktu sehari. Cukup datangi satu atau dua tempat saja dan nikmati waktumu menjelajah dan foto-foto dengan santai. Gak perlu terburu nafsu pengen ke tempat wisata A, B, C, apalagi kalau tempatnya berjauhan. Kalau kamu memang pengen mengunjungi beberapa tempat sekaligus, pilih aja yang masih satu kawasan dan masing-masing tempatnya bisa dicapai dengan jalan kaki.

8. Pakai baju yang menyerap keringat dan mudah kering biar kamu gak perlu buru-buru balik ke hotel buat ganti

Kenakan pakaian yang ringan dan nyaman

Kenakan pakaian yang ringan dan nyaman via www.ministryofvillas.com

Selama long weekend di kota wisata, bisa dipastikan kamu akan menghabiskan sebagian besar waktumu dengan menjelajah—gak cuma ke tempat wisata berupa alam terbuka, tapi juga mungkin ke tempat-tempat adem macam museum atau mal. Biar kamu gak perlu bolak-balik ke hotel buat ganti gara-gara keringatan, pakai aja kaos berbahan polyester atau dry-fit semacam jersey bola.

Kamu juga sebaiknya bawa handuk kecil dan pakaian ganti di dapalm tasmu kalau sewaktu-waktu mesti tampil bersih bila mau cabut ke destinasi selanjutnya.

9. Mumpung liburan, kenapa gak sekalian aja pulang ke kampung halaman? Kotamu sendiri punya banyak destinasi yang sayang kamu lewatkan

Sekalian pulang kampung aja

Sekalian pulang kampung aja via renunganjiwa-raga.blogspot.com

Buat kamu yang merantau, kenapa gak memanfaatkan momen long weekend ini buat pulang ke kampung halaman alias mudik? Berkumpul dengan sanak keluarga bisa jadi obat rindu dan pengisi liburan yang sempurna meski waktunya gak terlalu lama. Kamu juga bisa menjelajah hal-hal baru di kotamu sendiri yang tentunya seru untuk dilakukan.

10. Liburan pun gak berarti mesti pergi ke suatu tempat. Kamu bisa menghabiskan waktu untuk melakukan hobi yang belakangan ini kamu kesampingkan

Lakukan hal-hal yang kamu suka

Lakukan hal-hal yang kamu suka via abcnews.go.com

Akhir pekan yang panjang minggu ini gak melulu harus dihabiskan dengan jalan-jalan aja. Kamu juga bisa kok melakukan hobi atau kegiatan yang udah lama pengen kamu lakukan. Misalnya, marathon nonton serial favorit yang udah lama kamu tinggal, ngabisin novel yang belum sempat terselesaikan, atau main bareng rekan sehobimu. Selama dimanfaatkan dengan sesuatu yang sesuatu yagn positif, libuarnmu gak sia-sia, kok!

Nah, kini kamu udah siap menghabiskan long weekendmu. Selamat liburan dan sampai jumpa Senin depan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya