Kamu yang hobi jalan-jalan pasti udah gak asing lagi dengan riset dan trip planning. Ini salah satu hal penting kalau kamu pengen menikmati pengalaman traveling secara optimal dengan bujet seminim mungkin.

Nah, di sinilah jurnal perjalanan berperan penting. Jurnal gak cuma berfungsi buat mencatat hal-hal yang kamu alami aja, tapi juga bermanfaat sebagai buku panduanmu selama traveling. Lagian, kamu gak boleh cuma mengandalkan smartphone, karena baterainya bisa habis di tengah jalan.

Advertisement

Jadi, biar jurnalmu bisa jadi senjata andalan selama bepergian, kira-kira apa aja yang mesti kamu cantumkan di sana?

1. Kutipan-kutipan inspiratif bisa menjadi penyemangatmu saat kangen rumah. Tuliskan kutipan favoritmu tentang traveling di halaman terdepan

Pasang semua yang bikin kamu gatal traveling di halaman depan.

Pasang semua yang bikin kamu gatal traveling di halaman depan. via yestotravel.wordpress.com

Kata-kata bisa menggugah hati manusia. Begitu juga denganmu. Sambil merancang sebuah trip, coba deh temukan kutipan-kutipan tokoh-tokoh terkenal yang bisa menggugah perasaanmu buat melakukan perjalanan, serta kata-kata yang bakal menguatkanmu ketika kangen rumah di tanah orang.

Karena jurnal ini bakal jadi kitabmu sepanjang perjalanan, tuliskan kutipan-kutipan inspiratif itu di halaman depan, biar setiap kali kamu membuka jurnal, kamu ingat apa tujuanmu traveling. Tak cuma itu, kamu juga bisa memasang foto-foto tempat yang ingin kamu datangi serta hal-hal yang ingin kamu alami. Pokoknya, segala hal yang bikin kamu semangat, deh!

2. Udah memesan tiket jauh-jauh hari? Pastikan tanggal dan jadwal keberangkatan dan kedatangan kamu cantumkan biar gak kelupaan

CAntumkan jadwal keberangkatan dan kedatangan

CAntumkan jadwal keberangkatan dan kedatangan via yestotravel.wordpress.com

Advertisement

Ketika bikin rencana perjalanan, kamu mungkin udah sekalian memesan tiket pesawat atau kereta dari jauh-jauh hari. Biar gak kelupaan, cantumkan tanggal dan jadwal keberangkatannya di jurnalmu, sekaligus nomor penerbangan atau nama kereta serta terminal atau stasiunnya.

Ini bakal sangat berguna kalau kamu melakukan trip ke beberapa kota atau negara sekaligus atau ketika transit. Kamu yang ke luar negeri, sekalian cantumkan nomor paspormu biar kamu gak perlu ribet membongkar tas demi mencari paspor saat diperlukan.

3. Selanjutnya, lis prioritas tempat yang pengen kamu datangi wajib kamu catat agar tak kehilangan arah dan tujuan

Bikin itin atau priority list

Bikin itin atau priority list via yestotravel.wordpress.com

Hal berikutnya yang wajib kamu catat di jurnalmu adalah itinerary tripmu. Tentukan mau ke mana aja selama di tempat tujuan. Jangan sampai setibanya di sana kamu malah bengong gak tahu mau ke mana. Toh, itinerary ini gak mesti dituruti semua, kamu bisa berimprovisasi di tengah jalan.

Kalau kamu gak begitu suka bikin itinerary, cukup catat tempat-tempat yang wajib serta yang ingin kamu kunjungi selama di sana. Masukkan objek-objek yang wajib kamu datangi, rasakan, atau cicipi di lis must-do atau must-see milikmu. Nanti kamu bisa mengaturnya sesampainya di sana.

4. Karena satu kota kadang terlalu besar untuk dijelajahi semua, bagi tujuan berdasarkan area biar kota itu lebih mudah dijelajahi

Bagi tujuan berdasarkan area

Bagi tujuan berdasarkan area via yestotravel.wordpress.com

Kota-kota besar yang kamu singgahi mungkin terlalu luas untuk dijelajahi sekaligus. Makanya, membaginya berdasarkan area bisa sangat membantu biar kamu bisa menjelajahinya dengan lebih efisien, terutama bila kamu berkeliling jalan kaki.

Misalnya, di sekitar Merlion Park Singapura, kamu juga bisa mengunjungi Esplanade, menyeberangi Helix Bridge, lalu mampir ke kompleks Marina Bay Sands yang megah.

5. Informasi hotel yang kamu tempati juga layak dicatat, siapa tahu sewaktu-waktu membutuhkannya

Cantumkan informasi hotel supaya kamu gak kesulitan mencarinya

Cantumkan informasi hotel supaya kamu gak kesulitan mencarinya via yestotravel.wordpress.com

Tuliskan informasi lengkap dari hotel yang kamu tempati. Mulai dari nama hotel, alamat, nomor telepon, sampai email dan website-nya. Kamu kadang akan mengalami kesulitan untuk mengingat nama dan alamat hotel tempatmu menginap, terutama kalau kamu lagi di negeri orang yang bahasanya asing. Kalau kamu udah mencatatnya, tinggal tunjukkan aja ke sopir taksi biar bisa segera diantar tanpa ribet melafalkan nama jalan.

6. Siapkan peta area di sekitar hotel dan temukan tempat-tempat penting dan menarik yang bisa kamu capai dengan berjalan kaki

Pahami areal sekitar hotel

Pahami areal sekitar hotel via yestotravel.wordpress.com

Memahami area sekitar hotel itu cukup penting, terutama kalau kamu menginap di kawasan yang ramai dan sibuk. Siapkan peta area sekitar hotel dan tandai tempat-tempat penting dan mungkin menarik. Misalnya, minimarket, tempat ibadah, serta tempat makan. Siapa tahu ada juga tempat-tempat wisata yang cukup dekat. Ini bisa kamu tanyakan lebih lanjut pada resepsionis hotel.

7. Transportasi umum jauh lebih murah daripada menyewa taksi terus-terusan. Pahami trayek moda transportasi umum di sana sekaligus cara-cara untuk sampai ke suatu tempat wisata

Menuliskan ini bisa menghemat banyak uang dan waktu

Menuliskan ini bisa menghemat banyak uang dan waktu via yestotravel.wordpress.com

Dengan mencatat ini di jurnalmu, kamu bisa menghemat uang dan waktu lumayan banyak. Pahami jalur-jalur alat transportasi umum di sana ketika melakukan riset, sehingga kamu leluasa menjelajah dari satu tempat ke tempat lain.

Kalau perlu, uraikan cara-cara pergi ke suatu tempat dengan kendaraan umum secara mendetil. Misalnya, dari A ke B naik kereta bawah tanah, lalu disambung naik bus, dan lain-lain. Kamu juga bisa mencantumkan print google maps yang menunjukkan rutenya di jurnal ini.

8. Cari tahu juga harga tiket masuk ke sebuah tempat wisata maupun harga paket tur agar kamu bisa melakukan perbandingan dan menentukan bujet dengan lebih efisien

Catat harga tiket masuk masing-masing tempat wisata

Catat harga tiket masuk masing-masing tempat wisata via yestotravel.wordpress.com

Untuk menekan bujet, masuk akal kalau kamu memilih yang lebih murah. Coba cari tahu harga tiket masuk resmi ke tempat wisata lalu bandingkan dengan harga paket tur yang ditawarkan untuk mengunjungi tempat wisata yang sama. Kalau ternyata beli lewat paket tur itu lebih murah, kamu bisa mempertimbangkan untuk ikut paket tur aja.

9. Jangan lupa mencatat sejumlah nomor telepon penting di jurnalmu. Kamu gak akan tahu kapan kamu membutuhkannya

Cantumkan sejumlah nomor telepon penting di sana

Cantumkan sejumlah nomor telepon penting di sana via yestotravel.wordpress.com

Jangan tinggalkan kebiasaan lama untuk mencatat nomor-nomor telepon penting di jurnalmu. Kamu gak tahu kapan bakal membutuhkannya karena ponselmu mati atau ngadat. Catat nomor telepon kerabat, layanan pelanggan hotel dan maskapai, serta orang-orang yang kamu kenal di kota yang kamu datangi.

Dengan nomor telepon penting di tangan, kamu tetap bisa menghubungi orang-orang terdekatmu dengan telepon umum bila terpaksa.

10. Akhirnya, jangan terlewat untuk mencatat semua biaya yang kamu keluarkan selama trip di jurnalmu

Cantumkan biaya

Cantumkan biaya via yestotravel.wordpress.com

Seharusnya, kamu masih punya banyak sisa halaman di jurnalmu. Manfaatkan sebagian untuk menuliskan biaya-biaya yang kamu keluarkan selama traveling setiap harinya. Lewat sini, kamu jadi bisa mengontrol biar gak mengeluarkan terlalu banyak uang. Selain itu, kamu juga jadi tahu apakah kamu cukup efisien dalam mengelola uang selama traveling.

Nah, dengan mencantumkan hal-hal di atas dengan lengkap, kamu gak perlu lagi mengandalkan smartphone-mu, apalagi bila kamu gak bisa terus-menerus mengisi daya ponselmu. Mendingan, batere ponselmu dihemat untuk hal yang lebih penting, ‘kan? Lagian, semua yang kamu tulis di jurnal ini bisa dijadikan bahan untuk menuliskan ceritamu di blog.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya