4 Tempat Bubur Ayam Legendaris di Jakarta. Nggak Ada Lagi Debat Soal Diaduk atau Nggak Diaduk!

Bubur Ayam legendaris di Jakarta

Terlepas dari kamu tim diaduk atau nggak diaduk, kita semua bisa bersepakat bahwa bubur ayam adalah makanan yang cocok dan bisa dimakan dalam keadaan apapun. Kamu bisa menikmati bubur ayam sebagai menu sarapan, makan siang, hingga teman ngobrol di malam hari. Rasanya nggak banyak makanan yang bisa sefleksibel ini!

Advertisement

Di Jakarta sendiri, kamu bisa dengan mudah menemukan tukang bubur di berbagai tempat dan kesempatan. Di Jakarta, kamu bisa menemukan bubur ayam di pinggir jalan hingga di dalam mall, dari yang di gerobak sampai yang berbentuk kedai serta rumah makan. Tapi jika kamu memang penggemar bubur, ada baiknya kamu cobain deh 6 bubur legendaris yang ada di Jakarta ini. Rasanya dijamin bikin kamu lupa daratan!

Mau coba makan bubur pake cheese stick? Coba sambangi Bubur Barito!

Bubur yang buka hingga malam hari ini terletak di daerah Barito/Gandaria, Jakarta Selatan ini udah terkenal sebagai destinasi kuliner wajib untuk mereka yang ingin makan bubur dengan rasa yang enak. Nggak hanya enak, bubur ini juga memiliki sebuah keunikan tersendiri. Jika bubur lain menggunakan potongan cakwe, kerupuk dan ayam sebagai topping, maka bubur ini menambahkan stik keju/cheese stick sebagai toppingnya!

Advertisement

Dengan tambahan cheese stick, tentu saja bubur yang sudah kental dan enak ini akan semakin gurih, terlebih kamu juga akan mendapatkan tekstur tambahan dari cheese stick yang garing-garing lembut itu. Kalau mau lebih komplit lagi, cobalah menu spesial. Yang membedakan menu spesial dengan bubur biasa adalah tambahan telur mentah pada bubur. Tenang! Ini nggak amis kok, malah menambah rasa gurih dan nikmat dari bubur ini!

Menikmati bubur khas Cirebon yang otentik di Bubur Cikini H.R. Sulaiman yang legendaris

Advertisement

Burcik alias Bubur Cikini H.R. Sulaiman adalah bubur ayam yang menjunjung aliran bubur dari daerah Cirebon. Bubur disini punya tekstur yang lembut dan halus. Bubur disini biasanya disajikan dengan topping tanpa bumbu, kenapa begitu? Karena setiap pelanggan mempunyai preferensi rasa yang berbeda, maka Burcik menyediakan bubur polos, kamu sebagai pelanggan dibebaskan untuk meracik bagaimana komposisi kaldu, kecap dan sambal yang menurut kamu pas!

Bubur ini memiliki sebuah kesamaan dengan Bubur Barito. Bubur ini juga menawarkan telur ayam mentah yang disajikan pada buburnya. Satu yang menjadi ciri khas bubur ini adalah penggunaan kecap asli Cirebon yang bermerek Tjap Tiga Jari. Katanya sih karena kecap ini, ada rasa yang nggak akan kamu temukan di bubur lain nggak menggunakan kecap ini, katanya lho ya!

Kamu butuh bubur yang kuah kaldunya juara? Cobain deh Bubur Ayam Musi di Cideng!

Untuk orang yang tinggal di daerah Cideng dan sekitarnya, pastinya udah nggak asing dengan bubur ayam yang satu ini. Saking kondangnya, bubur ayam ini bisa menghabiskan 15 liter bubur dalam sehari lho! Padahal bubur ini hanya buka dan berjualan di pagi hari, dari jam 5 pagi hingga jam 9 pagi aja! Jadi jika kamu ingin makan bubur ini, sempatkanlah bangun pagi agar nggak kehabisan ya!

Keunggulan utama dari bubur ini terletak pada kaldu yang digunakan. Kabarnya kaldu ini sangat gurih dan nikmat, bumbu yang gurih dan pekat inilah yang biasanya membuat pelanggan selalu setia kembali ke sini. Bubur ini juga menawarkan berbagai jenis sate sebagai topping lho, mulai dari usus, kulit, ati-ampela hingga telur puyuh, pastinya sate-sate ini akan membuat makan bubur kamu tambah nikmat!

Penasaran dengan bubur ayam yang asli ala Tiongkok? Maka kamu harus mencoba Bubur Ayam Mangga Besar!

Buat kalian yang penasaran dengan rasa original bubur ayam yang berasal dari Negeri Tirai Bambu, kamu bisa banget nyamperin langsung bubur ayam yang berlokasi di daerah Mangga Besar ini, selain itu bubur ini juga punya outlet lain di Pluit. Bubur ini memiliki tekstur yang padat dan masih terasa tekstur nasinya lho, jadi agak sedikit berbeda dengan bubur yang biasa kita kenal.

Tentu saja seperti bubur kebanyakan, Bubur Ayam Mangga Besar ini juga memiliki cita rasa kaldu ayam yang kuat. Untuk toppingnya juga tersedia banyak pilihan, seperti ayam goreng, ayam rebus, ati ampela hingga bebek! Oh iya, sebaiknya pilih waktu berkunjung yang agak sepi ya jika kamu ingin mencoba bubur ini, karena biasanya tempat di sini sudah di booking untuk makan malam atau makan siang karena sudah terkenal.

Nah gimana? Jadi pengen makan bubur kan? Oh iya, untuk kamu yang lambungnya sedikit melar, bubur yang terdapat dalam daftar di atas rata-rata punya porsi jumbo lho! Jadi kamu nggak akan merasakan kurang atau takut cepat lapar kembali. Kira-kira, kamu mau cobain yang mana dulu nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE