Hipwee Travel akan memberikan liputan khusus destinasi wisata populer di Indonesia dan mancanegara. Kami menamainya Reportase Wisata. Tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang sering jadi impian para traveler. Tak cuma destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain seputar destinasi tersebut yang tak pernah ternarasikan sebelumnya.

Mumpung di Jepang lagi musim sakura, kali ini Hipwee Travel bakal mengulas tentang Jepang. Di artikel kali ini, kita mau bahas 10 budaya atau hal unik yang bisa kamu temukan dan saksikan sendiri di Jepang. Bisa nih dicontoh di Indonesia.

Artikel 1: Panduan Liburan ke Jepang Buat Pemula. Persiapkan 10 Hal Ini Sebelum Berangkat ke Negeri Sakura! 
Artikel 2: 7 Destinasi Gratisan di Tokyo yang Harus Kamu Datangi. Keliling Semua Tempat Cuma Seharian Aja Lho!
Artikel 3: Begini Rasanya Naik Kereta Gantung di Gunung Fuji, Jepang. Agak Serem Tapi Seru Abis!
Artikel 4: 10 Hal Unik dan Budaya Positif di Jepang yang Bikin Jatuh Cinta. Jadi Pengen Balik ke Sana Lagi!
Artikel 5: Panduan Budget Liburan ke Tokyo Anti Mahal. Cocok Buat Sobat Misqueen yang Mimpi ke Jepang!

Jepang memang negara yang istimewa. Banyak budaya Jepang yang positif sekaligus unik yang sulit kamu temukan di Indonesia. Budaya disiplin, ramah, sekaligus workaholic seolah jadi identitas warga Jepang. Etos kerja orang Jepang juga bisa jadi contoh baik buat kita semua, ya walaupun beberapa emang keterlaluan sih kerja mereka.

Advertisement

Nah, saat berkunjung ke Jepang, Hipwee Travel mencoba untuk mempelajari hal-hal positif yang kami temui di sana. Kami rangkum dalam 10 hal unik dan positif yang cuma bisa kamu dapatkan di negeri Sakura. Yuk simak ulasan Reportase Wisata edisi Tokyo kali ini.

1. Semua orang selalu dengan mudah mengucapkan arigato gozaimasta dan menundukkan kepala. Sangat hormat dan menghargai orang lain

orang jepang ramah banget via www.facebook.com

Saat berkunjung ke Tokyo di mana banyak orang sibuk dengan urusannya masing-masing, cukup mengherankan kalau mereka masih sangat menghormati orang lain. Betapa mudahnya orang Jepang mengucapkan terima kasih (arigato gozaimasta) dan menundukkan kepala. Kenapa hampir semua orang Jepang sangat ramah dan baik hati sih?

2. Kereta dan pesawat sangatlah presisi waktu kedatangan dan keberangkatannya. Telat beberapa detik aja minta maaf ke publik

pesawat pun tepat waktu via www.hipwee.com

Untuk masalah kedisiplinan dan ketepatan waktu, Jepang adalah yang terbaik di dunia. Contohnya kereta api, kalau jadwalnya pukul 19.00 berangkat ya pasti berangkat di jam tersebut. Tidak akan terlambat 1 menit pun. Begitu pula pesawat terbang. Meskipun variabel yang bikin pesawat terlambat ada banyak (misal cuaca, antri take off di bandara, kerusakan mesin dst) namun maskapai asli Jepang biasanya sangat presisi sesuai jadwal. Sangat takjub dengan fakta ini sih!

3. Prakiraan cuaca yang super akurat. Kalau prakiraan cuaca hujan ya pasti hujan dan semua orang sudah bawa payung sejak pagi harinya

99 % akurat via www.jalan2kejepang.com

Advertisement

Rumus paling mendasar tinggal di Jepang adalah kamu harus selalu membuka prakiraan cuaca. Kamu boleh mengabaikan prakiraan cuaca di tempat lain. Tapi kalau prakiraan cuaca di Jepang, kamu harus percaya karena akurat 99 %. Jika prakiraan cuaca mengatakan hujan ya akan hujan. Jadi setiap orang keluar rumah sudah bawa payung semua. Nggak ngerti lagi sih, warga Jepang sangat teratur bahkan urusan payung. Seminggu Hipwee Travel di Jepang, prakiraan cuaca sangat tepat dengan realita yang terjadi.

4. Fashion orang Jepang sangatlah modis dan enak dilihat

fashion cewek jepang via japanesestation.com

Untuk urusan fashion pun orang Jepang sangat modis, terutama cewek-ceweknya. Di kereta aja orangnya cantik-cantik dan dandanannya kece. Untuk urusan fashion, emang orang Jepang totalitas sih.

5. Banyaknya vending machine yang jual air minum dan barang-barang lain

vending machine via www.kickstarter.com

Vending machine di Jepang bisa jual bermacam-macam barang, mulai dari minuman, baju, buah, sampai sayur. Vending machine ini bisa kamu temukan di mana-mana, di ruang publik, stasiun, bahkan pinggir jalan sekalipun. Sangat efisien sumber daya manusia karena tak perlu pegawai sama sekali.

6. Orang Jepang punya budaya antri yang sangat tertib dan teratur

suasana antri di stasiun tokyo via www.hipwee.com

Mau antri apapun, semua bisa tertib dan rapi. Kamu bisa saksikan saat antri mau naik kereta api. Harus bisa jadi contoh sih buat kita orang Indonesia yang susah banget antri dengan rapi.

7. Toiletnya canggih dan bersih. Bahkan di tempat umum sekalipun

toilet jepang via www.chinadaily.com.cn

Sudah tau ‘kan kalau toilet di Jepang termasuk canggih dengan berbagai tombol yang bikin pusing. Toilet di sana punya fitur pembersih otomatis, tinggal pencet udah bisa nyebokin secara otomatis. Oh iya, kamu bisa setting agar dudukan toilet selalu terasa hangat lho.

8. Barang kamu yang ketinggalan tidak akan berpindah dan tidak ada yang mengambil

barang kamu aman via www.hipwee.com

Di Jepang, nggak usah khawatir kalau barang kamu tertinggal di stasiun ataupun taman. Niscaya barang kamu tidak akan ada yang mengambil dan tetap di posisi yang sama. Bahkan, misal ada barang kamu ketinggalan di stasiun, tinggal lapor ke stasiun terdekat. Nanti barang kamu bakal diantar ke stasiun tersebut.

9. Kalau musim sakura, warga Jepang berkumpul dan bercengkrama dengan saudara atau teman-temannya di bawah pohon sakura

hanami saat bunga sakura mekar via manisweddings.blogspot.com

Budaya hanami adalah momen saat keluarga atau teman-teman berkumpul dan berbincang santai di bawah pohon sakura yang tengah mekar. Budaya ini menunjukkan bahwa orang Jepang meski terkenal sibuk tapi tetap meluangkan berkumpul dengan saudara mereka.

10. Saking bersihnya, selokan bisa buat memelihara ikan lho. Ini gokil banget sih

ikan koi via www.boredpanda.com

Selokan di Jepang terkenal bersih sehingga bisa untuk tempat memelihara ikan koi. Ah andai selokan di Indonesia bisa sebersih ini ya.

Jadi pengen ke Jepang ‘kan?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya