Bagi kebanyakan warga perkotaan, liburan akhir pekan sangat penting dilakukan untuk melepas penat. Namun tak jarang membutuhkan biaya yang lumayan. Tapi kalau di dalam kota seperti Jakarta, paling mentok cuma CFD-an. Nggak seru kalau mau liburan di dalam kota.

Beberapa waktu belakangan banyak bermunculan tempat wisata baru untuk sekadar melepas penat, dan berlokasi nggak jauh dari perkotaan. Nah, beberapa tempat wisata tersebut biasanya nggak sengaja ditemukan. Seperti bekas tambang, ladang dan salah satunya Bukit Wangun. Destinasi ini berada di Kota Bogor. Lumayan lah ya nggak terlalu jauh dari Jakarta.

Bukit Wangun juga dikenal dengan nama Taman Ilalang Wangun Sari menyuguhkan pemandangan kota Bogor dari sudut berbeda

padang ilalang dengan latar panorama kota sangat cocok buat sesi pemotretan, bukan? via www.instagram.com

Advertisement

Seperti tempat hits pada umumnya, Bukit Wangun yang berlokasi di Kampung Wangun Sari, Pamyonan, Kecamatan Bogor Selatan, kota Bogor ini sering dijadikan sebagai spot foto bahkan lokasi foto pre-wedding. Hal ini karena ilalang yang cukup indah yang bisa dibidik di dalam frame kamera. Pada sisi lain bukit ini pun kita bisa menyaksikan pemandangan pedesaan yang berlatar Gunung Salak, yang semakin indah pada saat sunset atau sunrise.

Menikmati sunset atau sunrise lebih sempurna dari sini via www.instagram.com

Selain itu, belakangan tempat ini mulai digandrungi anak muda yang ramai untuk sekadar nongkrong mencari angin pada jam pulang sekolah atau weekend. Karena lokasi Bukit Wangun ini yang relatif dekat dari pemukiman warga, oleh warga sekitar sering dimanfaatkan untuk sarana jogging di pagi dan sore hari.

Nggak cuma menyuguhkan pemandangan, Bukit Wangun juga memungkinkan untuk kamu berkemah secara gratis

Selain aduhai untuk spot foto, berkemah sepertinya juga woyo~ via www.instagram.com

Secara keseluruhan bukit ini memang ditumbuhi ilalang. Tapi ada beberapa spot yang nggak ditumbuhi ilalang dan memiliki tanah yang cukup landai untuk mendirikan tenda. Kamu bisa menyempurnakan kegiatan melepas penatmu dengan sekadar berkemah dan nggak dipungut biaya. Atau jika ingin mendapat spot terbaik untuk berfoto, kamu bisa melipir ke puncak paling atas Bukit Wangun. Di sana terdapat gazebo kecil yang bisa digunakan untuk sekadar berfoto-foto memaksimalkan pemandangan, atau untuk berteduh.

Selain itu di sekitar Bukit Wangun ini terdapat pula perkebunan warga yang cukup luas. Pemandangan dan kesegaran tiada henti!

Jogging melintasi perkebunan warga dan hamparan ilalang terdengar menyenangkan~ via www.instagram.com

Advertisement

Suhu di tempat ini relatif sejuk dengan angin yang menerpa. Ditambah perkebunan warga yang cukup luas menambah kesegaran untuk sekadar nongkrong atau bahkan jogging. Pada malam hari pemandangan di sini nggak kalah indahnya, melihat kota Bogor dengan kerlap-kerlip di kejauhan. Bahkan jika kamu beruntung, di saat langit cerah kamu bisa menyaksikan milky way saat tengah malam. Keindahan ini bisa menjadi poin penting nih, untuk kamu yang gemar fotografi. Selain melepas penat, hobi pun tersalurkan.

Akses ke lokasi Bukit Wangun relatif mudah dicapai bahkan menggunakan kendaraan umum

sobat senja mesti mampir sih! via www.instagram.com

Seperti lokasi di pinggir kota pada umumnya, tempat ini cukup mudah untuk kamu jangkau. Jika kamu senang menggunakan KRL, kamu bisa langsung menaiki kereta api dari Stasiun Bogor. Setelah itu ganti menaiki angkot nomor 04 jurusan Cijeruk, dan turun di sekitar Rumah Sakit Praktek dr. Ali Laut, Jalan Soemanta Diredja, Cijeruk. Sampai di sini kamu harus melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 7 menit.

Atau jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu tinggal menggunakan aplikasi navigasi dan mengarahkan menuju Taman Ilalang Wangun Sari. Jalan yang sudah beraspal tentunya nggak akan merepotkan kamu yang ingin bawa kendaraan pribadi.

Bagaimana, kamu yang di berada di Jakarta atau Bogor udah kebayang belum mau ke mana akhir pekan nanti? Kalau belum punya gambaran, nggak ada salahnya coba melipir ke Bukit Wangun atau Taman Ilalang Wangun Sari, Bogor ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya