Gak diragukan lagi, popularitas Kebumen sebagai kota tujuan liburan kian menanjak. Kini, siapa yang gak kepengen menjamahi keindahan Pantai Menganti yang atmosfernya serupa Selandia baru? Tentunya, Kota Lawet (Walet) ini memiliki seribu potensi wisata yang bisa kamu jelajahi.

Kamu yang udah sempat membaca “12 Destinasi Wisata di Kebumen yang Wajib Kamu Sambangi di Kesempatan Berikutnya” mungkin jadi pengen ke sini. Liburan ke sini ternyata gak mahal, kok. Yuk, simak dulu tips jalan-jalan ke Kebumen dari Hipwee berikut ini.

Dengan kereta api ekonomi yang kini sudah jauh lebih nyaman, Kebumen bisa kamu jangkau cukup dengan beberapa lembar uang puluh ribuan

Stasiun Gombong kebumen via journeysoflenongers.wordpress.com

Letak Kebumen yang terletak di tengah-tengah Pulau Jawa bagian selatan ini memang strategis untuk dicapai, baik dari barat maupun timur. Tak cuma dilalui bus-bus AKAP, Kebumen juga memiliki beberapa stasiun yang sibuk dengan perjalanan kereta apinya. Sayangnya, belum ada bandara di sini, yang paling dekat adalah Adisucipto Yogyakarta. Jadi, mau gak mau kamu tetap harus ngebus atau naik kereta api.

Per Maret 2015, tiket kereta api ekonomi Pasar Senen–Kebumen bisa kamu tebus dengan tarif mulai Rp40.000 dengan menumpangi KA Kutojaya Utara. Dari Bandung, ada KA Kutojaya Selatan yang tarifnya mulai Rp35.000. Sementara, dari Jogja dan Surabaya dipatok tarif yang sama, yaitu Rp50.000 naik KA Logawa.

Advertisement

Untuk tarif bus, saat ini mungkin kurang bisa bersaing dengan tarif KA. Dari Jabodetabek, kelas Ekonomi dibanderol 70–80 ribu rupiah. Tapi, dari Jogja cukup murah, yaitu mulai dari Rp40.000. Sementara, bus-bus dari Surabaya umumnya berhenti sampai di Yogyakarta, sehingga kamu mesti melanjutkan naik bus jurusan Purwokerto dari terminal Giwangan, Jogja.

Atau lebih oke lagi kalau kamu bisa bawa kendaraan sendiri. Angkutan umum di Kebumen belum cukup mumpuni untuk memuaskanmu bereksplorasi

Touring ke Pantai Menganti via dedysoelistijanto.wordpress.com

Kalau posisi startmu tak begitu jauh dari Kebumen, jangan ragu untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor. Selain mudah bermanuver menyambangi landmark di dalam kota, kamu juga gak perlu repot-repot menyewa kendaraan untuk menyambangi objek wisata yang jauh dari kota seperti Pantai Menganti.

Sementara, kalau kamu memutuskan untuk naik kereta menuju ke Kebumen, di dalam kota ada angkot yang tarifnya antara Rp3.000–Rp5.000, tergantung jarak. Ada juga angkutan umum dari terminal Kebumen menuju Gombong, lalu nyambung ke Kecamatan Ayah jika kamu pengen ke pantai.

Tapi, kalau kamu beramai-ramai, kamu bisa menyewa mobil aja. Dengan tarif Rp275.000 sampai Rp300.000, kamu sudah bisa mendapatkan mobil Avanza yang nyaman buat bertujuh untuk jangka waktu 24 jam. Sehingga kamu bisa puas mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus.

Belum ada hotel berbintang di Kebumen, tapi sejumlah penginapan murah yang nyaman siap mengakomodasi liburanmu

Salah satu hotel di Kebumen via candisarigroup.wordpress.com

Buat kamu yang backpacker, Kebumen sangat mengakomodasi kamu dengan sejumlah penginapan murah yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempatmu menginap. Menurut situs kebumenkab.go.id, masih ada kamar yang bisa kamu tebus dengan tarif mulai Rp35.000 per malam. Murah banget, ‘kan? Tapi, sayangnya datanya sudah out-of-date, karena data yang dipakai adalah data tahun 2009, jadi pastiin dulu ya sebelum berangkat. Biasanya sih, kamar kelas ekonomi bisa kamu dapatkan dengan tarif 60 ribuan per malam.

Sementara, kamu yang sukanya menginap di hotel berbintang harus rela tinggal di hotel nonbintang. Sebab, kamu gak akan menemukannya di Kabupaten Kebumen, setidaknya sampai saat ini.

Dengan standar biaya hidup yang miring, kamu gak akan kesulitan menemukan warung makan yang murah di sini

Sate ambal Kebumen via travel.detik.com

Standar biaya hidup di Kebumen tidaklah semahal biaya hidup di kota-kota tujuan pariwisata lainnya yang berdekatan, seperti Jogja dan Solo. Makanya, kamu yang backpacker gak perlu kuatir soal makanan di sini, karena sejumlah warung makan murah bisa kamu temukan dengan mudah. Selembar uang sepuluh ribuan yang seringkali masih kembalian bisa membuat perutmu cukup kenyang untuk kembali menjelajah.

Tapi, jangan terlewat juga untuk mencicipi sajian kuliner khas Kebumen. Ada sate ambal, yaitu sate ayam yang disajikan dengan bumbu khas berbahan tempe. Kamu bisa mencicipi seporsi kuliner khas yang nikmat ini dengan harga mulai Rp15.000.

Kini, saatnya menjelajah berbagai objek wisata yang ada di Kebumen!

Pantai Karang Agung via diasporaiqbal.blogspot.com

Jika tujuan utamamu berkunjung ke Kebumen adalah mengeksplorasi wisata alamnya, dua hari satu malam di sana kayaknya udah cukup deh. Alih-alih turun di Kebumen, kamu bisa turun di Stasiun Gombong, karena banyak objek wisata yang aksesnya lebih dekat dari sana. Misalnya, Pantai Menganti, Pantai Logending atau Ayah, Goa Jatijajar, Waduk Sempor, serta Benteng Van der Wijck.

Dari stasiun Gombong, kamu bisa mencari penginapan terlebih dulu, lalu menumpang angkutan umum yang bisa disambung ojek untuk menuju ke objek-objek wisatanya. Tapi, kalau kamu berombongan, mendingan sewa mobil biar kamu bisa lebih leluasa dan menghemat waktu.

Berikut ini adalah jarak sejumlah objek wisata dari Stasiun Gombong:

  • Gombong–Benteng Van der Wijck: 2 km
  • Gombong–Waduk Sempor: 7 km
  • Gombong–Goa Jatijajar: 15 km
  • Gombong–Pantai Logending: 25 km
  • Gombong–Pantai Menganti: 30 km
  • Gombong–Pantai Karangbolong: 34 km

Sementara, ada juga beberapa kawasan wisata yang lebih dekat dicapai dari pusat kota Kebumen, seperti Cagar Alam Geologi Nasional Karangsambung, Waduk Wadaslintang, serta Pemandian Air Panas Krakal. Gombong ke Kebumen berjarak sekitar 24 km.

Perkiraan biaya selama dua hari satu malam di Kebumen

Benteng Van der Wijck via spadepicnic.wordpress.com

Dengan asumsi kamu berlibur dari Jakarta dengan 5 orang temanmu dan menginap di Gombong untuk mengeksplorasi tempat wisata di bagian barat dan selatan. Inilah perkiraan dana yang kamu butuhkan.

Tiket KA PP Pasar Senen–Gombong: Rp40.000 x 6 orang x 2

Rp480.000

Makan 3 kali sehari: Rp10.000 x 6 orang x 6

Rp120.000

Sewa mobil 24 jam:

Rp275.000

Bensin:

Rp150.000

Penginapan 2 kamar isi 3 orang: Rp70.000/kamar x 2

Rp140.000

Retribusi 5 tempat wisata: Rp35.000 x 6 orang

Rp210.000

Parkir: Rp5.000 x 5 Rp25.000
Total biaya:

Rp1.400.000

Biaya per orang:Rp233.333

Nah, dengan biaya sekitar Rp234.000, kamu udah bisa menyambangi pesona wisata yang dimiliki Kebumen. bahkan, kemungkinan dana segitu juga masih sisa. Tapi, jangan menyediakan dana yang mepet ya. Setidaknya, sediakan dana cadangan 30% dari total anggaran.

Tunggu apa lagi? Buruan ajakin teman-temanmu berlibur ke Kebumen!