5 Danau Indah Berbentuk Hati yang Ada di Kawasan Asia, Indonesia Juga Punya Loh

Danau berbentuk hati

Bicara destinasi alam perairan, danau merupakan salah satu yang populer selain pantai dan air terjun. Mereka yang menyukai nuansa tenang dan asri dapat dipastikan memilih danau sebagai tujuan wisata ketimbang dua alam perairan lainnya.

Advertisement

Selain karena cenderung tenang, danau juga menarik karena punya banyak keunikan. Ada yang memiliki beragam warna, dan ada pula yang memiliki bentuk unik jika dilihat dari ketinggian, seperti 5 danau berbentuk hati yang ada di kawasan Asia berikut ini.

1. Danau Chembra, India

Danau Chembra, India | Photo by Jaseem Hamza, CC BY 3.0, via Wikimedia Commons

Masyarakat setempat menyebut danau ini “hridayasarassu” atau kolam berbentuk hati. Ini merupakan destinasi paket komplit untuk pecinta alam, karena pengunjung harus melakukan trekking untuk bisa menikmati keindahan danau yang terletak di atas puncak Chembra, Wayanad, Kerala Utara, India, sekitar 2.100 mdpl.

Trekking menuju Danau Chembra akan dimulai melewati perkebunan teh, selama sekitar satu jam hingga mencapai basecamp. Jarak danau ini dari basecamp sekitar 3 km. Meski harus memeras tenaga ekstra untuk sampai puncak, pengunjung sejak dari awal trekking telah dihibur oleh kesejukan dan keasrian lingkungan.

Advertisement

2. Danau Shimshal, Pakistan

Danau Shimshal, Pakistan | Photo by Majid dogar, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Mirip dengan Danau Chembra di India. Danau Shimshal yang berada di Lembah Hunza, perbatasan Cina dan Pakistan ini juga berada di ketinggian. Wisatawan harus menjajaki jalur yang cukup menguras tenaga untuk tiba di ketinggian 4.755 mdpl.

Keunikan Danau Shimshal bukan hanya dari bentuknya yang menyerupai hati, tetapi juga dari airnya. Diketahui kalau air danau ini merupakan akumulasi gletser yang mencair dan mengalir secar musiman.

3. Danau Toyoni, Jepang

Advertisement

Ini adalah danau air tawar yang berada di ketinggian 260 mdpl kota Erimo, distrik tenggara kota Tomakomai, Hokkaido, Jepang. Masyarakat setempat menyebut danau ini dengan julukan “Kamuito” yang berarti rawa yang ditinggali dewa. Jika mengamati keindahannya, julukan tersebut nggak berlebihan.

Danau Toyoni ini berkedalaman sekitar 18 meter, dan dikelilingi hutan rimbun yang akan berubah warna sesuai dengan musim. Pada musim gugur, dedaunan yang melingkupi area danau ini tampak menakjubkan. Kenyamanan pengunjung dijamin selama di destinasi ini, karena terdapat toilet umum dan juga tempat parkir gratis.

4. Danau Siit, Filipina

Danau Siit, Filipina | | Photo by Department of Tourism – BARMM from Facebook

Danau Siit berada di Sulu, sebuah provinsi di bagian selatan Filipina. Perairan berbentuk hati ini memiliki lebar 800 meter dan 1,6 kilometer dari satu ujung ke ujung lainnya.

Kepulauan Sulu merupakan bagian dari Daerah Otonomi Muslim Mindana0 (ARMM). Ibukota provinsinya, Jolo, terletak di pulau dengan nama yang sama. Kepulauan Sulu dapat diakses dari Pulau Mindanao. Namun, karena letaknya yang terpencil, danau ini cenderung sulit diakses.

5. Danau Makalehi, Sulawesi Utara, Indonesia

Indonesia juga punya danau unik berbentuk hati. Salah satunya Danau Makalehi yang terletak di Pulau Makalehi, Sulawesi Utara. Bukan cuma danaunya saja yang indah, lanskap alam di pulau ini juga menakjubkan. Dari ketinggian kamu bisa menyaksikan Danau Makalehi sekaligus laut lepas yang membentang tak jauh darinya.

Selain Danau Makalehi, Kampung Puai, Distrik Sentani Timur, Jayapura juga punya danau unik berbentuk hati bernama Danau Emfote. Tak kalah indah dengan danau-danau lainnya, di sini kamu bisa menikmati asrinya permadani padang rumput, bukit-bukit, dan tentunya danau unik berbentuk hati.

Nah, itu dia 5 danau berbentuk hati yang ada di kawasan Asia. Mana menurutmu yang paling indah dan menarik untuk dikunjungi?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE