Siapa yang pernah pegang uang 5000-an seperti di foto buat jajan? Ketahuan angkatan berapaaaa. Hahaha. Eh poinnya bukan itu sih, tapi kalian tahu nggak danau cantik yang ada di uang 5000-an itu? Yap, Danau Kelimutu yang ada di desa Moni, Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Kali ini Hipwee Travel mau ajak kamu jalan-jalan ke Danau Kelimutu di Flores. Letak Danau Kelimutu memang di atas gunung, gunungnya disebut Gunung Kelimutu. Jadi, yuk naik ke puncak Kelimutu dan menikmati keindahan Danau Kelimutu yang punya tiga warna berbeda. Kamu bakal merasakan suasana magis kala menyaksikan keindahan danau tiga warna sekaligus sunrise yang begitu syahdu.

Untuk menuju ke Kelimutu, naik pesawat ke Ende. Bisa juga menggunakan jalan darat dari Maumere atau Ruteng.

Danau Kelimutu yang cantik di uang Rp. 5000 via www.getlostsafely.com

Advertisement

Jarak Desa Moni sekitar 52 km dari kota Ende. Di Ende ada bandara, jadi kamu bisa naik pesawat dan turun di Bandara Ende. Rute pesawat ke Ende bisa dari Kupang, Labuan Bajo, dan Denpasar. Kamu juga bisa menggunakan jalur darat (sewa mobil atau naik travel) dari Maumere (sekitar 3-4 jam) atau dari Ruteng (sekitar 9 jam). Lumayan jauh sih ya. Tapi layak kamu perjuangkan kok.

Dari Ende lanjut ke Moni, desa terdekat di Kelimutu. Bisa sewa mobil kalau rame-rame, atau naik travel.

Jalan darat Flores yang aduhai via www.dinilint.com

Dari Ende, lanjut perjalanan darat ke desa Moni. Kamu bisa sewa mobil, harganya sekitar Rp. 900,000 dengan sopir. Jangan berpikir bisa nyetir sendiri di Flores. Jalanan di Flores aduhai dengan tikungan dan kelokan yang luar biasa. Alternatif lain naik travel sekitar Rp. 50,000. Kalau pilih naik travel, keluar dulu dari bandara, naik ojek ke pangkalan travel. Untuk harga travel, biasanya kita tawar-menawar. Kadang emang ada yang suka naikin harga seenaknya.

Menginap semalam di Moni sebelum naik ke Kelimutu. Di Moni juga banyak tempat makan untuk traveller.

Tempat makan di Moni via www.dinilint.com

Di Moni banyak penginapan murah. Harganya mulai dari 100 ribuan udah termasuk sarapan. Penginapan di Moni bisa dipesan lewat travel agent online. Tempat makan juga lumayan banyak. Berhubung yang datang menginap ke Moni lebih banyak turis mancanegara daripada turis domestik, makanannya juga cenderung makanan barat.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kelimutu adalah saat matahari terbit. Berangkatlah jam 4 pagi dari desa Moni.

Sunrise di Kelimutu via www.dinilint.com

Advertisement

Kelimutu paling bagus dinikmati pagi-pagi, saat matahari terbit. Kamu harus berangkat sekitar jam 4 pagi dari penginapan di Moni. Bisa sewa mobil, atau naik motor. Kamu bisa sewa motor atau naik ojek. Tanya aja ke orang penginapan di Moni tentang transportasi yang kamu butuhkan, mereka pasti membantu dengan senang hati.

Ingat untuk bawa jaket tebal, sarung tangan, kaos kaki, dan topi. Baik Moni dan Kelimutu dingin banget.

Kelimutu dingin banget via www.dinilint.com

Udara di Moni dingin banget. Sebaiknya kamu siapin jaket tebal, sarung tangan, kaos kaki, dan topi. Siapin juga stamina dan semangat untuk mendaki ke puncak Kelimutu. Ayo semangat trekking!

Bangun super pagi, kedinginan, masih ditambah jalan kaki, worth it nggak sih? Sangat!

Dua di antara 3 danau di Kelimutu via www.dinilint.com

Upaya kamu bangun pagi, kedinginan ditambah mesti lanjut jalan kaki ke puncak sekitar 1 jam akan terbayar dengan keindahan Danau Kelimutu. Tunggu aja matahari terbit, kabut perlahan-lahan menghilang, dan kamu bisa melihat warna Danau Kelimutu yang selalu berganti-ganti tiap saat.

Nikmati sarapan dengan memandang Kelimutu di puncak. Meskipun cuma mi instan dan kopi, tapi enak sekali.

Breakfast with a view via www.dinilint.com

Di puncak Kelimutu, biasanya ada orang jualan. Makan mi instan sambil minum kopi Flores dengan pemandangan Kelimutu jadi pengalaman luar biasa dan tak terlupakan.

Selain Danau Kelimutu, Moni juga punya destinasi wisata lain. Ada Air Terjun Murundao dan sumber mata air panas yang bisa dibuat mandi di dekat air terjun. Lokasinya juga gampang dijangkau, nggak jauh dari jalan raya. Jadi, kapan main ke Kelimutu, Flores?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya