Bicara mengenai Ternate, pasti rasanya jauh sekali ya. Ya ternate memang salah satu kota di Maluku Utara. Dulunya sih ibukota provinsi, tapi sekarang sudah dipindah ke Sofifi. Kalau bicara sejarah, Ternate dulunya adalah kerajaan yang kaya akan rempah-rempah yang akhirnya dijajah bertahun-tahun oleh Portugis maupun Belanda. Untuk itu kota ini sangat bersejarah dan sisa peninggalan masa silam masih bisa kamu kunjungi. Sebut saja Benteng Oranje atau Benteng Tolukko di pusat kota Ternate.

Siapa sangka, kota di bagian utara dan timur Indonesia ini juga punya berbagai destinasi wisata alam yang memukau. Salah satunya Danau Laguna Ngade yang panoramanya begitu memesona. Jika dilihat dari atas, terlihat danau berpadu dengan laut dan juga 2 pulau di seberang, yakni Pulau Maitara dan Pulau Tidore. Yuk simak keindahan Laguna Ngade bersama Hipwee Travel.

Ternate, sebuah pulau kecil dengan pusatnya Gunung Gamalama. Pulau ini dikelilingi laut dan punya 3 danau yang indah, salah satunya Danau Ngade atau disebut Danau Laguna Ngade

laguna ngade via www.instagram.com

Advertisement

Pulau Ternate adalah pulau yang sangat kecil. Cuma butuh waktu satu jam saja untuk mengelilingi pulaunya. Meski begitu, pemandangan alamnya banyak sekali. Di pulau Ternate, wisatawan punya banyak spot favorit untuk menikmati pemandangan alam. Ada 3 danau yakni Danau Tolire Besar, Danau Tolire Kecil dan Danau Laguna Ngade. Bagi yang suka pantai ada Pantai Sulamadaha (akan kita bahas di artikel selanjutnya) atau Pantai Jikomalamo. Buat yang suka dengan gunung ada Gunung Gamalama. Banyak ‘kan, terserah wisatawan mau pilih yang mana. Kali ini kita bahas Danau Laguna Ngade yang spotnya paling indah di Ternate.

Kalau kamu lebih teliti, pemandangan dua pulau di depan (Maitara dan Tidore) pasti sering kamu jumpai. Lihat di mana hayo? Yap, uang kertas 1000-an berwarna biru

Akses ke Danau Laguna Ngade ini cukup mudah kok. Tapi sebaiknya jangan berkunjung ke danau di bawah ya. Cara menikmati danau ini ya dari ketinggian. Dari kota Ternate pilihlah jalan yang menanjak dan ikuti jalan ke atas kemudian belok kiri turun terus. Di kiri jalan nanti ada spot ayunan kuning yang bikin ngiler. Pemandangan dari sana keren banget, Gaes. Selain ayunan, ada anjungan/ jembatan yang bisa buat foto-foto juga.

Dua pulau yang berada di seberang Ternate, yakni Maitara dan Tidore ada di gambar uang 1000 rupiah edisi Pattimura. Kalau kamu anak kosan, pasti hapal karena punya banyak duit seribuan. Hehehe. Tapi foto di uang 1000 itu diambil dari tepi pantai, bukan dari anjungan ini. Tapi sejujurnya pemandangan dari atas Laguna ini jauh lebih indah dibandingkan pemandangan dari pantai yang bisa kamu lihat di uang seribuan. Sepakat?

Ayunan ini sudah dipasang sejak 6 bulan lalu. Ternyata, ayunan ini bikin banyak orang pengen pergi ke Ternate nih

ayunan bikin tambah kece via www.instagram.com

Advertisement

Generasi millennial memang suka banget sama spot foto yang instagramable. Salah satu spot yang hits banget di Ternate ya Laguna Ngade. Apalagi setelah ada ayunan warna kuning yang epik banget. Makin banyak deh orang berlibur ke sana. Anak muda dari Jakarta, Bandung maupun Jogja kini sudah banyak yang mengunjungi Laguna Ngade dan berfoto di ayunan ini. Biayanya juga cukup murah kok, cukup bayar 5 ribu rupiah saja per orang. Menarik ‘kan?

Bagaimana cara datang ke Danau Laguna Ngade dari Bandara atau Pelabuhan Ternate?

Eksotisme Maluku Utara Jika kamu hobi baca buku sejarah, pasti sangat ingat dengan pelajaran SMP tentang kerajaan Ternate dan Tidore. Mungkin dulu kamu nggak terlalu paham lokasi kedua kerajaan ini. Daerah yang kaya akan rempah-rempah ini berada di Provinsi Maluku Utara. Lupakan dulu kejayaan sekaligus nestapanya masa lalu ketika rempah rempah dijarah oleh bangsa penjajah. Kini Maluku Utara, salah satunya Ternate, sudah sangat maju. Destinasi Instagramable ala Jawa aja udah ada di sini lho. Dari atas bukit, ada sebuah ayunan yang berlatar belakang Pulau Maitara dan Tidore sekaligus Laguna Ngade. Persis dengan latar belakang uang 1000 rupiah bergambar depan Kapitan Pattimura. Nikmati keeeksotisan kepulauan di Maluku Utara dan gagahnya Gunung Gamalama. Tampaknya tahun ini dan seterusnya, Ternate bakal jadi tujuan wisata populer bagi warga ibukota dan sekitarnya. Ayok ke Ternate. #wonderfulindonesia #exploreternate #passionpassport #instatravel #vscocam #wanderlust #travelguide

A post shared by Sociotraveler Indonesia (@sociotraveler) on

Kalau kamu dari bandara Sultan Baabullah, carilah kendaraan taksi atau ojek. Cari taksi atau ojek jangan di dalam bandara ya, mahal soalnya. Kalau kamu dapat di luar bandara, ojek cukup membayar 40 ribu atau taksi 100 ribu sampai ke Ngade. Jangan lupa ditawar ya. Sekitar 30 menit perjalanan, kamu sudah sampai di Danau Ngade. Kalau dari Pelabuhan lebih dekat, cuma 15 menit sudah sampai. Kalau kamu mau keliling seharian di kota Ternate, sewa motor cuma 100 ribu kok. Akses ke Laguna Ngade cukup mudah, jadi sebenarnya nggak butuh warga lokal. Hehehe. Datangnya kalau bisa pagi atau sore ya, ketika belum berawan. Indah banget deh, nggak nyesel ke sana!

Yuk segera cek kalender, agendakan liburan ke Ternate, Maluku Utara!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya