β€œJi, kok betah masih jomblo sampai sekarang?”
β€œSoalnya daripada buang waktu buat pacaran, lebih asyik jalan-jalan”

Adalah suatu dilema bagi anak-anak muda zaman sekarang kala harus memilih antara menikmati masa pacaran atau fokus menikmati hidup dengan jalan-jalan. Tapi kalau boleh berkata jujur, daripada membuang waktumu yang berharga demi menjalin hubungan yang kamu sendiri tak yakin bakal bertahan hingga naik pelaminan, bukankah lebih seru dan lebih bermanfaat jika waktu luangmu digunakan untuk jalan-jalan?

Gak percaya? Alasan-alasan berikut ini akan meyakinkanmu bahwa jalan-jalan itu lebih seru daripada membuang waktumu hanya untuk menjalin hubungan yang semu~

Berbeda dengan pacaran yang mengekang sebelum waktunya, kalau memilih jalan-jalan, kamu bebas untuk mengekspresikan diri lewat traveling ke berbagai tempat

Tempatnya keren~ via blog.bucketlistly.com

Lihat deh teman-temanmu yang pacaran. Mereka tak bisa leluasa bermain dan jalan-jalan kemana-mana. Saat ada ajakan untuk traveling, mereka pasti turut memikirkan bagaimana perasaan kekasihnya sebelum mereka berani mengiyakan atau menolak ajakan jalan. Berbeda jauh kan dengan mereka yang lebih mengutamakan traveling daripada pacaran. Mereka bisa bebas mengekspresikan diri dengan jalan-jalan ke berbagai tempat tanpa khawatir soal perasaan pasangan.

Memilih untuk traveling daripada pacaran juga membantumu menjadi mandiri. Tanpa pacar pun kamu tetap bisa memotivasi diri

Advertisement

Kamu jadi lebih mandiri via vredig.tumblr.com

Mereka yang memilih untuk menghabiskan waktu luang dengan pacaran sering kali menjadi pribadi yang merasa tergantung dengan pasangan. Apapun perkaranya, mereka jadi lambat mengambil keputusan karena ada distraksi dari pacarnya. Menyebalkan memang. Padahal kalau mereka lebih memilih traveling, mereka bakal dilatih untuk menjadi pribadi yang mandiri. Tak hanya melatih fisik, traveling juga terbukti melatih ketahanan mental, loh.

Tak perlu khawatir ada yang marah kalau kamu memilih jalan-jalan daripada pacaran. Kamu tak perlu izin kepada pacar yang lagaknya seperti satpam itu

Bebas kemana saja via www.huffingtonpost.com

Saat kamu memilih untuk mengisi waktu luangmu dengan jalan-jalan, kamu tak perlu direpotkan oleh peliknya memahami pasangan. Tak perlu izin kepada selain orangtua saat ingin jalan-jalan, tak perlu menyiapkan bekal dobel karena memikirkan bagaimana pasanganmu juga, hingga tak perlu repot-repot mengurusi pacarmu saat kalian jalan berdua. Waktumu bakal jauh lebih membuatmu bahagia daripada harus pacaran dan mengurusi tetek-bengek hubungan yang bahkan kamu tak tau bakal sampai pelaminan atau tidak itu!

Kalau pacaran bisa menimbulkan beban pada pikiran, traveling justru menghilangkan penat dan stres!

Obat stres mah ini via www.techinsider.io

Orang-orang sering membayangkan bahwa pacaran itu semuanya selalu enak. Tidak! Itu sudut pandang yang keliru. Alih-alih bahagia, mereka yang memilih untuk pacaran daripada jalan-jalan bahkan cenderung memiliki beban pikiran. Selalu ada saja rasa khawatir yang berhubungan dengan pacarnya. Padahal kalau mereka memilih untuk tidak pacaran dan fokus jalan-jalan, yang ada malah stres karena rutinitas bakal segera sirna~

Kamu bisa belajar memahami dirimu sendiri kalau kamu lebih memilih traveling. Bukan malah diatur oleh orang dengan dalih karena kalian terikat pacaran

Bisa nenangin pikiran dan membantumu memahami diri sendiri via undividedtravel.com

Hal lain yang membuat travelin harusnya jadi pilihan utamamu dalam mengisi waktu adalah karena traveling bisa membantumu memahami dirimu sendiri. Saat jalan-jalan, kamu sendiri yang harus menentukan pilihan soal kemana kamu akan jalan, sama siapa aja, barang bawaanmu apa saja hingga berapa budget maksimalnya. Dari situ kamu bakal tau karakter pribadimu dan yang sebenarnya kamu inginkan. Beda jauh dengan kalau kamu memilih pacaran yang isinya hanya hidupmu bakal diatur orang.
Gimana? Masih lebih menguntungkan traveling kan daripada menghabiskan waktu luang dengan pacaran? Tapi ini bukan berarti menyuruh kamu yang udah pacaran untuk segera putus, tapi paling nggak setelah membaca poin diatas, kamu jadi paham bahwa waktu pribadi untuk traveling itu perlu. Selamat membuat rencana travelingmu, ya. πŸ˜€