Nggak Melulu Pantai, Ini 7 Destinasi Alam Bali yang Bisa Jadi Pilihan Wisata Kalau Kondisi Sudah Membaik

Destinasi alam Bali

Sejauh lingkungan nggak dirusak dan pembangunan nggak kebablasan, Indonesia akan terus dikenal sebagai negeri yang kaya dan indah alamnya. Pulau Bali merupakan salah satu tempat di mana sedikit keindahan tersebut dititipkan. Sejauh kaki melangkah di pulau yang terbilang kecil ini, kita akan terus mendapati keindahan.

Advertisement

Kendati demikian, destinasi yang begitu tersohor di Bali adalah pantai-pantai dengan ombak dambaan peselancar. Padahal kalau mau melipir dari riuhnya destinasi populer turis tersebut, kamu bisa melihat lebih banyak kekayaan alam Bali. Untuk itu, mari kita melipir melihat 7 destinasi alam Pulau Dewata yang bisa jadi pilihan wisata kalau nanti kondisi sudah membaik.

1. Air Terjun Kanto Lampo yang mengalir lewati tebing batu berundak. Damai dan menenangkan

Tenang dan damai adalah kata yang tepat untuk menggambarkan Air Terjun Kanto Lampo. Nggak seperti air terjun pada umumnya, di sini kamu akan menemukan ketenangan alih-alih gemuruh air karena Kanto Lampo mengalir melewati tebing batu berundak. Berjarak hanya tiga kilometer dari pusat kota Gianyar, di kawasan Kanto Lampo kamu juga bisa menemukan sebuah goa, yang konon dulunya merupakan tempat berdiskusi para penjajah.

Advertisement

2. Treking dan mengunjungi tujuh air terjun sekaligus di Secret Garden of Sambangan

Mengunjungi Secret Garden of Sambangan sama artinya mengunjungi tujuh air terjun dalam sekali perjalanan. Menarik bukan? Yup, di sini terdapat tujuh air terjun dengan ketinggian dan keindahan tersendiri. Untuk bisa melihat semua air terjun tersebut, kamu harus melakukan treking sekitar tiga jam. Tapi tenang, keindahan sudah dimulai sejak treking dimulai karena pemandangan sekitar yang begitu asri.

3. Angel’s Billabong Nusa Penida, infinity pool alami dengan jernih air berkilau zamrud

Advertisement

Kamu pernah berenang di infinity pool yang ada di resort mewah, nggak? Percaya deh, pengalaman tersebut akan kalah seketika kamu berkunjung ke Angel’s Billabong Nusa Penida, semacam infinity pool tapi alami. Di sini kamu akan mendapati air kolam alami yang sangat jernih, yang membebaskan pandang mata ke dasar kolam. Hijau zamrud dasar kolam dan debur ombak di kejauhan niscaya bikin gairah nyebur bergelora.

4. Keasrian Danau Tamblingan dan Danau Buyan yang bisa dilihat sekaligus dari puncak bukit

Bali ternyata juga punya danau yang indah lo. Kembar malahan! Namanya Danau Tamblingan dan Danau Buyan. Disebut danau kembar karena lokasi keduanya berdekatan, hanya dipisah bentangan hutan sejauh satu kilometer. Danau indah ini masih sangat asri, dibuktikan dengan masyarakat setempat yang hanya menggunakan perahu-perahu kecil tanpa motor untuk memancing. Selain itu, kawasan ini juga merupakan rumah bagi beragam satwa. Kalau ingin melihat kedua danau vulkanik ini sekaligus, spot terbaik adalah puncak bukit di Desa Asah Gobleg.

5. Bukit Mende Kintamani tawarkan panorama indah dari segala penjuru mata angin

Masih relatif sepi turis, Bukit Mende Kintamani bisa jadi alternatif destinasi buat yang udah kangen treking di medan yang cenderung mudah dijajal. Puncak bukit ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan sejauh mata memandang. Kamu bisa melihat wilayah pesisir Tejakula Buleleng dan Karangasem. Pertanian terasering adalah di sebelah timur. Sementara di arah barat, ada bentangan bukit hijau. Nikmat mana lagi yang harus disembunyikan?

6.Berkemah di ketinggian Bukit Asah dengan pemandangan laut Bali yang indah

View this post on Instagram

A post shared by @krstlmnt

Berkemah di sebuah tempat di ketinggian yang menyuguhkan pemandangan laut adalah gagasan yang menarik. Kabar baiknya, gagasan tersebut bisa kamu wujudkan di Bukit Asah Desa Bugbug, Karangasem. Dari atas bukit ini kamu bisa melihat indahnya panorama laut bali sepuasnya, selain juga batu-batu karang dan pulau-pulau kecil. Selain itu, pemandangan matahari terbit dari atas bukit ini juga ciamik lo. Cocok jadi tempat liburan bersama teman atau pasangan, nih.

7. Jalan-jalan tanpa swafoto kurang lengkap. Tukad Melangit sediakan spot menantang dengan latar panorama alam

View this post on Instagram

A post shared by Fahrul (@fahrulllllll)

Di era media sosial saat ini, mengabadikan keindahan alam nggak cukup hanya dengan lensa alami manusia yakni mata. Nah, kalau kamu ingin mendedikasikan perjalanan untuk swafoto dengan tetap mengedepankan unsur alam, maka Tukad Melangit, Antugan adalah jawabannya. Di sini kamu bisa menyaksikan panorama alam perbukitan sekaligus berfoto di spot yang sudah disediakan pengelola, yaitu semacam rumah panggung dari bambu dengan landasan memanjang sekitar lima meter dari bibir tebing berketinggian 300 meter. Siapkan keberanian, dan tetap hati-hati, ya!

Nah, itu dia 7 destinasi alam Bali yang nggak melulu pantai nan ramai turis. Siap liburan ke Bali kalau kondisi pandemi sudah terkendali?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE