5 Destinasi Wisata Kebudayaan Bali yang Wajib Kamu Kunjungi. Jangan Cuma ke Pantai Doang!

Wisata kebudayaan Bali

Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan. Setidaknya teradapat 17.504 buah pulau yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Karena negara kita penuh dengan pulau maka Indonesia terkenal memiliki pantai-pantai yang eksotis. Salah satu pulau yang paling terkenal adalah Bali. Pulau Bali adalah tempat wisata yang nggak pernah sepi oleh para wisatawan. Baik itu wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

Advertisement

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang mengunjungi pulau dewata adalah panorama pantainya yang beragam dan lengkap. Selain itu fasilitas wisata di Bali juga sangat menunjang untuk memanjakan para pendatang. Tapi jangan salah, wisata di Bali itu bukan sekedar pantai doang lo. Di pulau ini kamu juga bisa pergi ke destinasi wisata yang jadi tempat belajar kesenian dan kebudayaan asli Bali. Penasaran? yuk simak 5 destinasi wisata kesenian dan kebudayaan bali di bawah ini!

1. Pertama ada Taman Werdhi Budaya Art Centre. Destinasi ini menyimpan berbagai koleksi karya seni khas Bali dari tradisional sampai modern. Di bulan Juni-Juli, taman ini biasanya menggelar Pesta Kesenian Bali

Taman Werdhi Budaya via www.baligetaway.co.id

Destinasi pertama adalah Taman Werdhi Budaya Centre. Taman ini merupakan tempat yang dikhususkan untuk menyimpan beragam kebudayaan khas bali. Kalau kamu masukĀ  te tempat ini, nantinya kamu bisa melihat beragam koleksi karya seni tradisional maupun modern khas Bali. Yang paling menarik, kamu bisa melihat kostum Barong dan Rangda yang populer dan sering digunakan dalam pentas kesenian.

Nah, jika kebetulan kamu datang pada bulan Juni atau Juli, Taman Werdhi Budaya biasanya menggelar acara Pesta Kesenian Bali yang bisa kamu tonton. Dijamin deh kamu bakal puas menonton semua bentuk pertunjukan budaya pulau Dewata. Oiya, Taman ini terletak di kota Denpasar. Lokasinya nggak jauh dari pantai Sanur.

Advertisement

2. Museum Puri Lukisan adalah destinasi wisata yang memiliki koleksi lukisan-lukisan zaman dahulu. Ada lukisan dari tahun 1930-an sampai 1960-an

Puri Lukisan via id.wikipedia.org

Salah satu hal yang menarik dari pulau Bali adalah kesetiaan masyrakatnya dalam melestarikan warisan kebudayaan aslinya. Masyarakat Bali dengan ketat menjaga barang-barang berharga yang dibuat pada zaman dahulu. Salah satu tempat yang bisa membuatmu tahu karya seni zaman dulu adalah Museum Puri Lukisan.

Museum ini memiliki koleksi karya seni dari perkumpulan Pelukis Bali bernama Pita Maha yang telah berdiri sejak 1936. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat lukisan karya I Gusti Nyoman Lempad dan pelukis-pelukis lain dari generasi 1960-an. Lokasi destinasi iniada di daerah Ubud. Tertarik buat mengunjungi?

3. Melihat peninggalan sejarah perang puputan dari kota terakhir yang bertahan dari kolonialisme Belanda. Tempat tersebut bernama Puri Agung Klungkung

Advertisement

Masih ingat dengan sejarah perang puputan yang diajarkan waktu sekolah dasar? Nah kamu bisa melihat peninggalan bekas perang tersebut kalau mengunjungi Puri Agung Klungkung yang terletak di kota Klungkung. Diceritakan kota ini adalah kota terakhir yang bertahan melawan pasukan kolonial Belanda pada tahun 1908. Di tempat ini banyak puri yang hancur akibat perang atau dimakan usia, namun ada juga bangunan yang masih berdiri kokoh.

Di sini kamu juga bisa melihat pengadilan kerajaan Klungkung yang disebut Kerta Gosa serta Bale Kembang yang berdiri di atas ukiran patung kura-kura.

4. Pura Panataran Sasih atau Temple of The Moon adalah lokasi dimana terdapat Gong perunggu terbesar di dunia yang telah berumur 2000 tahun

Pura Penataran Sasih via kebudayaan.kemdikbud.go.id

Selanjutnya adalah destinasi yang menyimpan artefak-artefak kuno di sekitar Bali. Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi tempat demikian, maka kamu bisa datang ke Pura Panataran Sasih yang terletak di desa Pajeng, Ubud. Pura yang punya nama lain Temple of The Moon ini merupakan tempat disimpannya Bulan Pejeng atau gong perunggu terbesar di dunia. Tercatat gong ini telah berumur lebih dari 2000 tahun.

5. Melihat dan merasakan kehidupan dari suku tertua Bali di Desa Tenganan. Bisa dibilang seluruh desa ini merupakan museum hidup yang penuh dengan pelajaran kebudayaan

Desa Tenganan via www.sensa.id

Terakhir kamu bisa mengunjungi Desa Tenganan. Desa ini merupakan tempat dari suku asli dan suku tertua di Bali yang bernama Bali Aga. Desa ini terletak di Kabupaten Karangasem. Nah desa ini dapat dikatakan merupakan museum hidup, kamu bisa melihat dan merasakan bagaimana masyarakat tradisional disana hidup. Di desa ini banyak orang yang menguasai keterampilan seperti menulis aksara di daun lontar, menenun keranjang dari kayu anggur. Desa ini juga merupakan tempat diproduksinya kain Gringsing khas Bali.

Nah itu dia 5 destinasi wisata yang sekaligus bisa jadi tempat edukasi menarik tentang kebudayaan Bali. Pokoknya kalau ke Bali, jangan lupa deh mengunjungi tempat-tempat ini~

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE