6 Destinasi Berburu Sunrise di Dieng yang Pemandangannya Paripurna. Pas Banget Mumpung Ada Embun Es!

Destinasi Berburu Sunrise Dieng

Dataran Tinggi Dieng mengalami fenomena embun upas atau embun es kemarin (26/7). Maka tak heran jika cuaca di Dieng lebih dingin dari biasanya. Kamu akan menggigil kedinginan jika berkunjung ke sana karena suhu di Dieng mencapai minus 3,5 derajat Celcius. Meski bagitu, wisatawan pun suka dengan hadirnya embun upas ini. Setiap bulan Juli-Agustus bahkan selalu dinantikan wisatawan yang ingin melihat ‘salju’ di Dieng.

Embun es di Dieng via kumparan.com

Advertisement

Nah, buat kamu yang mau ke Dieng, sudah tau belum destinasi mana saja yang akan kamu tuju jika main ke sana? Hipwee Travel bakal kasih rekomendasi 6 spot berburu sunrise di Dieng. Jadi nggak cuma nyari embun es doang, sunrise sekalian lah ya.

Sunrise Sikunir adalah spot berburu sunrise paling populer di Dieng. Matahari terbit dengan gunung-gunung indah jadi pemandangan yang mengagumkan

bukit sikunir dieng via www.instagram.com

Bukit Sikunir sangat populer bahkan disebut memiliki golden sunrise yang menakjubkan. Tempat ini sangat digemari oleh wisatawan karena pemandangannya yang elok. Meski begitu, saat ini Sikunir sedang menerapkan ujicoba new normal sehingga terjadi pembatasan 25 % pengunjung.

Sunrise Pakuwaja adalah salah sau spot menikmati sunrise yang kurang populer dibanding lainnya, namun keindahannya nggak perlu kamu ragukan lagi

sunrise pakuwaja via www.pakettourdieng.info

Salah satu tempat hunting sunrise di Dieng yang bisa kamu pilih untuk menikmati keindahan mentari pagi adalah Gunung Pakuwaja. Gunung pakuwaja atau Bukit Pakuwaja ini merupakan salah satu puncak tertinggi yang berada di Kawasan Dieng. Di gunung yang memiliki ketinggian 2.410 mdpl ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan Kawah Sikidang, Telaga Warna dan Kompleks Candi Dieng dari sudut yang berbeda.

Puncak Prau punya keindahan hampir mirip dengan Sikunir. Bedanya kamu harus berkemah jika ingin menikmati pemandangan pagi di sana

gunung prau via travel.detik.com

Siapa yang tak mengenal Gunung Prau? Gunung ini adalah favorit pendaki lokal yang keindahannya paripurna. Hal istimewa lainnya dari Gunung Prau adalah hamparan padang bunga Chrysant yang cantik sekaligus savana yang luas. Jangan lupakan golden sunrise di balik Gunung Sumbing dan Sindoro yang megah.

Bukit Savana Pangonan mungkin masih asing di telinga wisatawan. Kamu mesti trekking untuk mendapat pemandangan savana ala New Zealand

Savana Pangonan memang tidak terlalu banyak didatangi wisatawan biasa. Hal ini dikarenakan, treknya lumayan menanjak dan juga nggak banyak orang tahu bahwa di atas bukit terdapat savana seluas ini. Namun percayalah menikmati sunrise sembari camping di sini bakalan seru banget.

Gardu Pandang Tieng jadi tempat yang menyajikan sunrise di tepi jalan menuju Dieng dari Wonosobo. Lokasinya di tepi jalan jadi aksesnya paling mudah ketimbang lokasi lainnya

Advertisement

Bukit Skoter bisa jadi pilihan lain kalau kamu sudah pernah ke Sikunir atau Prau. Pemandangannya juara sih!

bukit scooter via sikidang.com

Bukit Scooter memiliki ketinggian 2.150 mdpl ini memang akan menyajikan sebuah keindahan yang tak kalah dengan lokasi lain. Meskipun nggak secantik Sikunir ataupun Prau namun Bukit Scooter punya pemandangan yang juara. Lebih dekat dari Dieng ketimbang tempat wisata lainnya.

Jadi bingung kan mau ke mana? Ya udah kamu yang mau ke Dieng bulan-bulan ini, bakalan dapat pengalaman seru banget sih karena ada embun es di sana.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE