7 Destinasi Wisata untuk Pencinta Buku di Yogyakarta dengan Berbagai Suasana

Ada coffee shop yang punya banyak koleksi buku hingga perpustakaan legendaris

Yogyakarta di kenal sebagai kota wisata yang cukup lengkap dan ramah dijadikan destinasi liburan bagi semua kalangan yang super lengkap. Mulai dari museum, pegunungan, pantai, candi, goa, semua ada. Nah, bagi kamu pencinta buku, Yogyakarta juga punya banyak pilihan tempat yang bisa kamu kunjungi, lo.

Advertisement

Destinasi wisata pecinta buku di Yogyakarta terbilang cukup lengkap. Mulai dari perpustakaan, taman bacaan, pasar buku murah, hingga toko dan tempat tongkrongan yang penuh buku dan instagramable. Di sini, kamu bisa baca buku gratis, nongkrong, belanja, bahkan sekadar foto-foto pun bisa.

Jika kamu mengunjungi semua destinasi wisata pecinta buku di Yogyakarta ini, dijamin betah dan nggak akan kelar dalam sehari. Penasaran di mana saja tempatnya? Yuk simak ulasan Hipwee Travel berikut!

1. Grhatama Pustaka. Perpustakan terbesar se-Asia Tenggara

destinsai wisata pencinta buku

Gedung Grhatama Pustaka / Credit by @balayanpus.dpadiy on Instagram

Bagi kamu pecinta buku yang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan mampir ke Grhatama Pustaka yang terletak di Jalan Raya Janti, Wonocatur, Banguntapan, Bantul Yogyakarta. Grhatama Pustaka merupakan perpustakan terbesar se-Asia Tenggara yang memiliki luas 2,4 hektar. Di sini kamu bisa menemukan berbagai koleksi buku yang sangat lengkap, memiliki ruang meeting, musola, kantin, ruang bermain, bahkan mini bioskop juga ada, lo.

Advertisement

2. Jogja Library Center (JLC). Perpustakaan peninggalan kolonial Belanda di pusat kota

JLC di Jalan Malioboro | Credit by Ya, saya inBaliTimur on Flickr

Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, bisa dipastikan mampir ke Malioboro, kan? Nah, di sini ada perpustakaan kuno dari zaman Belanda yang masih beroperasi. Bangunan ini dulunya merupakan Perpustakaan Negara yang pertama kali ditempati pada tahun 1952.

Maka jangan heran jika masuk ke JLC, nuansa tempo dulu sangat terasa. Bagi kamu yang membutuhkan arisip-arsip surat kabar lawas, JLC jadi pilihan tepat untuk kamu kunjungi.

3. Dongeng Kopi. Tempat tongkrongan unik yang memadukan kafe kopi, perpustakaan dan wisata ramah keluarga

destinsai wisata pencinta buku

Dongeng Kopi / Credit by @dongengkopi on Instgram

Advertisement

Bagi kamu pencinta buku yang merindukan suasana pedesaan, datanglah ke Dongeng Kopi yang beralamat di Jalan Grogolan, Puntuk II, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Di sini kamu akan disuguhkan berbagai jenis buku bacaan yang boleh dibaca gratis di tempat, sambil menikmati kopi-kopi nusantara.

Bahkan, di sini kamu juga bisa mencoba membuat kopi sendiri, lo. Selain kafe dan perpustakaan, di sini juga sering diadakan pertunjukan dongeng untuk anak-anak setempat.

4. Luk Coffee & Book. Tempat tongkrongan super cozy yang memadukan kafe, perpustakaan dan toko buku

destinsai wisata pencinta buku

Suasana di Luk Coffee & Book / Credit by @lukcoffeandbook on Instagram

Bagi kamu yang butuh ruang baca sambil ngopi-ngopi di daerah perkotaan, coba kunjungi Luk Coffee & Book di Jalan Cendrawasih, Pringwulung, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta. Di sini kamu akan disuguhkan berbagai menu kopi, koleksi buku yang lengkap bak perpustakaan dan tempat yang cozy untuk sekadar nongkrong dan membaca buku dengan santai.

Selain bisa membaca buku di tempat secara gratis, kamu juga bisa membeli buku yang ingin kamu bawa pulang. Kadang, Luk Coffee & Book juga mengadakan promo bundle buku dan kopi, lo. Cocok buat kamu pecinta buku plus kopi~

5. Berdikari. Sebuah toko buku yang memiliki ruang baca, kafe sekaligus perpustakaan yang super homey

destinsai wisata pencinta buku

Suasana homey di Berdikari Book / Credit by @berdikaribook on Instagram

Sebenarnya, Berdikari merupakan toko buku indie, tapi memiliki konsep yang cukup unik yakni gabungan antara ruang baca atau ruang belajar, kafe, perpustakaan dan toko. Jika berkunjung ke sini, kamu nggak harus beli buku, kok. Boleh sekadar nongkrong sambil baca buku secara gratis.

Berdikari beralamat di Jalan Elang Jawa, Karangari, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Suasana yang diwarkan cukup unik karena bangunanya seperti rumah, jadi sangat nyaman untuk ngopi sambil baca buku.

6. Kompleks kios buku Terban. Tempat beli buku andalan para mahasiswa di Yogyakarta

Kios buku Terban | Credit by Dalu Listyandaru on Flickr

Kompleks kios buku Terban terletak di Jalan Kahar Muzakir, utara Gramedia Jalan Sudirman.  Di sepanjang jalan ini, kamu akan menjumpai kios-kios buku kecil di atas trotoar. Meski hanya berupa kios-kios kecil, tapi koleksinya sangat lengkap dan harganya cukup terjangkap.

Bahkan, jika kamu mencari buku-buku kuliah yang sulit ditemukan di toko-toko buku bergengsi karena sudah tidak terbit lagi, kamu bisa saja menemukannya di sini. Ada juga buku-buku fiksi seperti dongeng dan novel pun sangat banyak, mulai dari terbitan dalam negeri hingga terjemahan.

7. Shopping Book Center. Kompleks pertokoan yang semuanya menjual berbagai jenis buku

Shooping Book Center | Credit by Alexyh on Flickr

Selain Terban, Shopping Book Center juga menjadi tempat andalan para mahasiwa mencari buku-buku kuliah. Lokasinya dekat sekali dengan Jalan Malioboro, yakni di kompleks Taman Budaya Yogyakarta atau sebelah Taman Pintar.

Di sini terdapat banyak toko-toko  yang menjajakan berbagai jenis buku mulai dari seni, pengetahuan, keagamaan, sejarak psikologi, aneka buku fiksi dan sebagainya. Ketika belanja buku di Shopping Book Center, bukumu akan diberi sampul plastik secara gratis. Cocok banget untuk kamu yang suka baca buku.

Nah, itulah rekomendasi wisata untuk pencinta buku di Yogyakarta. Selain bisa melepas penat sambil berwisata, kamu juga bisa menambah koleksi bacaan, atau sekadar nongkrong sambil baca buku gratis. Bahkan kamu bisa memilih berbagai suasana yang pastinya super nyaman dan instragramable. Dari ketujuh rekomendasi di atas, mana nih yang paling ingin kamu kunjungi?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE