6 Destinasi Seru dan Keren yang Harus Kamu Kunjungi Kalau Berwisata ke Turki, Jembatan Asia dan Eropa!

Destinasi Wisata di Turki

Turki, negara yang menjadi jembatan untuk benua Asia dan Eropa ini memang sudah terkenal sebagai salah satu destinasi travel impian banyak orang. Selain memiliki banyak situ peninggalan sejarah yang terpengaruh dengan budaya Eropa dan Asia, Turki juga terkenal dengan pemandangan alam yang indah. Jika kamu ingin menikmati liburan yang indah dan berkesan, Turki bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Advertisement

Meskipun sempat menutup perbatasannya karena pandemi COVID-19, tetapi untuk saat ini Turki sudah membuka kembali perbatasannya untuk wisatawan dari seluruh dunia. Meskipun sudah dibebaskan, jika kalian memutuskan untuk pergi ke Turki pada masa pandemi ini, tetap terapkan protokol kesehatan sesai prosedur dan selalu jaga kebersihan ya! Nah ini kira-kira 6 spot yang harus kamu kunjungin kalau ke Turki!

Naik balon udara sambil melihat keindahan alam Cappadocia saat matahari terbit atau sebelum matahari terbenam

Balom udara di atas Cappadocia | Credit: Trudi90 via pixabay.com

Ini adalah destinasi paling instagramable di Turki, namanya ada Cappadocia. Di Cappadocia ada dua kegiatan menarik yang harus SoHip lakukan. Yang pertama adalah naik balon udara untuk menikmati pemandangan dataran tinggi ini. Kamu akan dibawa melintasi lanskap Cappadocia yang berbatu dan diselingi dengan tumbuhan hijau bersanding indah di sini.

Selain itu kamu juga harus mencoba untuk menginap pada hotel yang diukir di dalam bebatuan. Kamu bakal merasakan sensai unik tinggal di gua-gua batu dan tentunya hotel-hotel batu ini memiliki desain yang nggak kalah instagramablenya sama pemandangan Cappadocia. Menikmati langit Cappadocia yang penuh balon udara dari atap hotel sembari bersantai juga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan lho!

Advertisement

Mandi air panas di kolam alami berbentuk terasering yang terbuat dari pengendapan mineral alami di Pamukkale

Meskipun kelihatannya seperti air es dan salju, tetapi itu adalah kolam air panas alami di Pamukkale | Credit: LoggaWiggler via pixabay.com

Tujuan wisata utama daerah ini adalah kolam air panas, pasalnya di sini terdapat kolam air panas alami yang bentuknya berundak seperti terasering sawah dan berwarna putih seperti kapas. Bentuk dan warna kolam air panas ini disebabkan oleh pengendapan mineral yang terbawa oleh air panas di sini. Selain tempatnya indah, karena mengandung mineral alami, maka mandi air panas di Pamukkale juga diyakini baik untuk perawatan kulit dan tubuh.

Selain pemandian air panas, daerah yang ada di Turki bagian Selatan ini juga menyimpan  reruntuhan kota kuno. Kamu bisa melihat banyak bangunan peninggalan zaman Romawi di Pamukkale, mulai dari reruntuhan kota lama, sisa bangunan, makam kuno, hingga amphiteater yang dulunya berfungsi sebagai tempat hiburan.

Mengunjungi Grand Bazar di Istanbul, salah satu pasar tertutup yang paling besar dan paling tua di dunia

Suasana di Grand Bazar pada sore hari menjelang tutup | Credit: POLAT DÖVER via pixabay.com

Grand Bazar adalah salah satu pasar tertutup yang paling besar dan tua di dunia. Granz Bazar yang terletak di Istanbul ini mencakup area seluas 30.700 m persegi lho SoHip! Sejak dibangun tahun 1455, pasar ini sudah menjadi salah satu urat nadi perdagangan di Istanbul dan menjadi pusat pertukaran budaya juga! Kamu bebas belanja barang dan cindera mata berbagai bentuk dan rupa dari 4000 toko yang ada di sini.

Kini pengunjung nggak cuma datang untuk berbelanja aja, kamu juga bisa kok mengagumi arsitektur Grand Bazar yang hanya mengalami sedikit perubahan dan restorasi sejak pertama kali di bangun. Oh iya, sekilas info, untuk SoHip yang pernah nonton film James Bond, si agen rahasia Inggris itu pernah melakukan adegan kejar-kejaran dan perkelahian di atap Grand Bazar lho! Coba tebak ada di film yang manakah adegan tersebut?

Pergi ke Hagia Sophia, bangunan yang jadi saksi bisu tarik menarik sejarah dan budaya di Turki

Bagian dalam bangunan Hagia Sophia | Credit: Abdullah Öğük via unsplash.com

Hagia Sophia adalah saksi sejarah tarik menarik budaya di Turki. Bangunan tua ini sempat beberapa kali beralih fungsi. Bangunan ini awalnya didirikan sebagai gereja pusat untuk kota Konstantinopel. Tetapi setelah Konstantinopel jatuh ke tangan Kesultanan Ottoman, gedung ini dialih fungsikan sebagai masjid. Meskipun pernah juga difungsikan sebagai museum, kini gedung ini kembali difungsikan sebagai masjid oleh pemerintah Turki.

Di dalam Hagia Sophia tepatnya di dinding, pilar serta atapnya banyak terdapat kaligrafi-kaligrafi yang dibuat pada zaman Kesultanan Ottoman, kerennya di beberapa bagian kaligrafi yang terkelupas, kita juga bisa melihat sisa-sisa gambar dan lukisan saat tempat ini masih difungsikan sebagai gereja.

Topkapi Palace Museum, dulunya berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan tempat tinggal para Sultan Ottoman

Salah satu sudut Istana Topkapi yang dibalut keramik putih dan biru | Credit: Jorge Láscar via commons.wikimedia.org

Satu lagi tempat bersejarah di Turki adalah Istana Topkapi atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Topkapi Palace. Istana yang dibangun tahun 1459 ini menjadi rumah para sultan Ottoman selama 40 tahun. Selain itu bangunan yang kini telah dijadikan museum ini juga menjadi pusat pemerintahan pada zamannya.

Kamu bisa menikmati taman-taman indah yang tersedia di sini, mengunjungi ruangan-ruangan yang dulunya digunakan oleh para Sultan dan pejabat istana, hingga masuk ke sebuah bangunan mirip pabrik, yang ternyata adalah dapur. Dapur istana super besar ini tadinya digunakan untuk memasak guna memenuhi kebutuhan 4000 orang yang mendiami tempat ini.

Bersantai di Jembatan Galata, kamu bisa melihat-lihat pemandangan sambil menikmati kuliner Turki di cafe dan resto sepanjang jembatan ini

Kabut menyelimuti restoran jembatan Galata, SoHip masih bisa melihat beberapa pemancing di atas dan restoran di bagian bawah jembatan | Credit: Max Nayman via unsplash.com

Nah kalau ini cocok buat SoHip yang ingin duduk santai di cafe atau restoran sambil menikmati sajian asli Turki. Jembatan yang membentang membelah teluk Golden Horn di Istanbul ini terdiri dari dua rangkaian. Bagian atas untuk dilalui oleh lalu lintas kendaraan, sedangkan bagian bawahnya dipenuhi oleh rumah makan, restora dan cafe untuk nongkrong.

Kamu bisa menemukan banyak hidangan khas Turki di tempat ini, terutama hidangan-hidangan yang berhubungan dengan seafood dan ikan-ikanan. Makan sambil ditemani pemandangan kapal-kapal uang melintas dan gedung-gedung tua di sepanjang sisinya menjadikan pemandangan di sini keren banget. Oh iya kalau kamu hobby memancing, kamu juga bisa ikutan perkumpulan bapak-bapak yang biasa memancig di bagian atas jembatan ini.

Nah SoHip itulah beberapa tempat wisata yang direkomendasikan dan populer untuk dikunjungi jika kamu mengunjungi Turki. Selain itu kamu bisa datang ke tempat-tempat tersebut kapan saja, baik di musim panas atau misum dingin. Nah kira-kira SoHip ingin berkunjung ke lokasi yang mana nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE