6 Wisata Kopi Terbaik di Indonesia, Nikmati Sensasi Ngopi di Kebun Kopi!

wisata kopi

Saat ini banyak sekali kedai-kedai kopi yang menyajikan variasi kopi nusantara. Tren kopi nusantara terus melejit dengan berbagai inovasi branding dan penyajian yang digemari konsumen. Hal ini membuat para pecinta kopi nusantara penasaran dengan daerah asal kopi yang mereka nikmati. Sehingga, mulai banyak bermunculan wisata kopi yang dicari oleh wisatawan.

Advertisement

Nggak seperti destinasi wisata pada umumnya, wisata kopi punya penawaran menarik untuk menambah pengalaman perjalanan wisatamu. Biasanya kamu akan diajak berkeliling kebun, merawat pohon kopi, memanen, hingga diajak untuk melihat langsung proses pengolahan kopi dari hulu hingga ke hilir. Lebih seru lagi, beberapa destinasi juga menawarkan pengalaman menikmati kopi di kebun kopi. Penasaran, dengan keseruan wisata kopi? Yuk, Hipwee Travel mau ajak kamu menilik rekomendasi wisata-wisata terbaiknya di Indonesia!

1. Kopi Kintamani, Bali. Menawarkan perjalanan wisata kopi di desa yang dijuluki “Banjar Kopi”, sebuah pusat Kopi Arabika di Bali

Tidak hanya terkenal dengan wisata alam dan budayanya saja, Kintamani juga menawarkan perjalanan wisata bagi pencinta kopi nusantara. Terletak di daerah Pegunungan Batur dengan ketinggian 1100 mdpl, membuat Kintamani sangat cocok dijadikan perkebunan Kopi Arabika. Di sini memiliki sistem agrikultur yang baik dengan standar pengolahan ‘Fair Trade‘, sehingga industri Kopi Kintamani masuk jajaran kopi nusantara terbaik dan berhasil menjadi pemasok industri di Australia.

Advertisement

Selain terkenal dengan kedai kopi di lereng gunung, Kintamani juga menawarkan perjalanan yang disebut ‘Journey of Bali Coffee‘. Kamu akan diajak berpetualang di kebun kopi, memanen kopi, mengupas kopi, hingga mengolahnya sampai bisa kamu nikmati sendiri. Ini akan menjadi pengalaman seru yang wajib banget kamu coba!

2. Kopi Gayo, Aceh. Terkenal dengan Kopi Arabika dan Robusta terbaik di Indonesia, Gayo menawarkan wisata kopi dengan pemandangan Danau Lut Tawar

wisata kopi terbaik di Indonesia

| Photo by Bongo the Cat

Kenikmatan Kopi Gayo memang tidak perlu diragukan lagi. Selain terkenal di kalangan penikmat kopi nusantara, Kopi Gayo juga sudah terkenal hingga mancanegara. Berada di ketinggian 1100 mdpl, daerah Gayo memang menjadi sentra perkebunan kopi baik Arabika maupun Robusta.

Ketika berkunjung ke perkebunan kopi di gayo, kamu akan diajak memanen kopi dan mengolahnya secara tradisional. Kamu juga bisa menikmati sensi ngopi langsung di kebun kopi sembari menikmati panorama Danau Lut Tawar yang indah.

Advertisement

3. Perkebunan Liwa, Lampung. Banyak kedai-kedai kopi kecil di Liwa karena jadi salah satu lokasi shooting Filosofi Kopi

Perkebunan kopi | Photo by Young_n via Pixabay.com

Lampung adalah salah satu penghasil Kopi Robusta terbesar di Indonesia, salah satunya berpusat di Liwa. Jumlah produksinya mencapai 100 ribu ton setiap tahunnya, Perkebunan Liwa sangat luas dan memiliki ciri khas aroma kopi yang menguar di beberapa titik. Hal ini karena banyaknya kedai-kedai kopi di sekitar kebun. Saat mampir ke kedai kopi di sini, kamu bisa menikmati secangkir kopi dengan pemandangan kebun kopi yang sangat luas.

4. Perkebunan Sulotco, Toraja. Sentra penghasil Kopi Arabika di Toraja sejak masa penjajahan Belanda

perkebunan sulotco | Photo by Wojoan via Pixabay.com

Daerah Toraja adalah salah satu penghasil Kopi Arabika yang cukup terkenal di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Salah satu kebun kopi yang terkenal di Toraja adalah Sulotco yang luasnya mencapai 800 hektar dan sudah ada sejak zaman Belanda. Kalau berkunjung ke wisata kopi Sulotco, jangan lewatkan kegiatan memanen kopi bersama petani lokal dan kamu juga bisa melihat langsung proses pengolahannya.

5. Wisata Kopi Kledung, Temanggung. Menikmati hangatnya kopi dengan panorama alam pegunungan Sindoro dan Sumbing

Selain terkenal dengan tembakaunya, Temanggung juga punya Kopi Arabika yang cukup diminati oleh pecinta kopi nusantara. Berkunjunglah ke desa wisata di daerah Kledung, tepatnya di Jalan Raya Parakan-Wonosobo, di sini kamu akan menemukan beberapa kedai kopi yang menewarkan sensasi ngopi dengan suguhan panorama Gunung Sindoro atau Gunung Sumbing. Obyek wisata terdekat di daerah Kledung adalah wisata alam Posong, di sini kamu juga bisa menikmati Kopi Arabika khas Temanggung.

6. Kebun kopi Banaran, Semarang. Kampung wisata keluarga yang menawarkan petualangan di kebun kopi

kampung kopi banaran | Credit by Alinea.id

Kopi Banaran memang terkenal dengan wisata keluarga, yang dijuluki dengan Kampoeng Kopi Banaran. Di sini punya program one stop agro and education service. Jadi kamu bisa memilih berbagai aktivitas menarik seputar perkebunan dan edukasi seperti menjelajah kebun kopi dengan menunggangi ATV, kemudian memanen kopi, dan mengolahnya hingga bisa kamu nikmati. Di sini juga ada Museum Kopi Banaran, yang menyimpan kopi-kopi bersejarah di seluruh nusantara. Cocok banget buat kamu yang ingin liburan bersama keluarga ke kebun kopi.

Itu dia enam destinasi wisata kopi terbaik yang bisa kamu kunjungi. Makin penasaran nggak sih, buat coba sendiri sensasi wisata kopi nusantara? Pasti seru banyak pengalamannya!

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE