5 Wisata Tematik Kopi di Indonesia, Destinasi Wajib Para Pecinta Kopi Nusantara

Wisata Tematik Kopi

Kalau diamati dengan saksama, orang-orang sekarang nggak lagi berwisata hanya sekadar untuk melakukan perjalanan. Lebih daripada itu, orang-orang kini ingin mendapatkan pengalaman atau bahkan pengetahuan baru dari komunitas tempat wisata yang dikunjungi.

Advertisement

Maka tak heran kalau wisata tematik menjadi begitu populer dalam dua tahun terakhir. Buat yang belum tahu, wisata tematik sebagaimana namanya mengusung satu tema yang potensial atau sesuatu menjadi ciri khas dari sebuah tempat untuk dirangkaikan dengan daya tarik budaya dan wisata.

Nah, di Indonesia sendiri sudah ada sejumlah daerah yang menerapkan dan mengembangkan wisata tematik, salah satunya kopi. Buat kamu pecinta kopi khas Nusantara, ini dia 5 destinasi wisata tematik kopi yang tawarkan pengalaman baru.

1. Desa Wisata Catur, Bali

Advertisement

Pecinta kopi khas Nusantara pasti sudah nggak asing dengan kopi Kintamani kebanggaan Pulau Dewata. Nah, sentra perkebunan kopi arabika Desa Wisata Catur yang berlokasi di Kintamani, Bangli, Bali ini merupakan salah satu daerah penghasil kopi Kintamani terbaik loh.

Selain tentunya bisa menikmati kopi Kintami dari tangan petaninya langsung, di Desa Wisata Catur kamu juga bisa menikmati panorama keindahan alam pedesaan yang sangat asri. Bahkan di sini kamu juga bisa ikut membudidayakan tanaman kopi hingga terlibat dalam proses panennya. Terdengar seru, bukan?

2. Bali Pulina, Bali

Advertisement

Masih di Pulau Dewata, Bali Pulina ini berada sekitar tujuh kilometer sebelah utara Ubud, tepatnya di Desa Pujung Kelod, Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Destinasi wajib bagi pecinta kopi ini terletak di ketinggian 700 mdpl, dengan suhu rata-rata mencapai 24 derajat Celsius.

Apa yang bisa kamu nikmati di Bali Pulina salah satnya adalah secangkir kopi luwak berkualitas premium. Selain itu, kamu bisa menjelajahi kebun kopi yang menghampar, mempelajari proses pembuatan kopi luwak secara tradisional hingga mengulik cara menghasilkan cita rasa kopi terbaik. Menarik!

3. Doesoen Kopi Sirap, Jawa Tengah

Lompat ke Pulau Jawa, ada Doesoen Kopi Sirap yang menawarkan dua jenis kopi unggulan untuk kamu cicipi, yakni arabika dan robusta. Berlokasi di Dusun Sirap, Semarang, Jawa Tengah, desa tematik satu ini menawarkan pengalaman ngopi yang berbeda kepada pengunjung lewat tema ā€˜Ngopi di Tengah Kebun Kopiā€™.

Sama seperti dua destinasi sebelumnya, di Doesoen Kopi Sirap pengalaman menyesap secangkir kopi akan dilengkapi indahnya pemandangan kebun di hadapan Gunung Kelir. Kamu juga bisa mengikuti wisata edukasi kopi, seperti menyaksikan langsung proses pengolahan biji kopi sejak dipetik hingga siap disruput.

4. Mesastila Magelang, Jawa Tengah

Masih di Jawa Tengah, Mesastila Magelang yang berlokasi di Desa Losari, Grabag, Magelang ini berada di dataran tinggi yang dikelilingi Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing dan Telemoyo. Sudah terbayang seperti apa pengalaman yang akan kamu dapatkan di destinasi ini?

Sebanyak 90 persen kebun kopi yang dimiliki Mesastila Magelang ini ditumbuhi oleh kopi robusta. Buat kamu yang selama ini akrabnya sama kopi arabika doang, tempat ini wajib banget dikunjungi. Di sini kamu juga bisa mengintip proses pengolahan kopi hingga jadi minuman yang enak disantap bersama pisang atau singkong rebus.

5. Kebun Kopi Malabar, Jawa Barat

Bergeser ke Jawa Barat, di ketinggian 1.400-1.800 mdpl terhampar Kebun Kopi Malabar yang juga bisa kamu sambangi untuk melengkapi pengalaman baru menikmati kopi. Apa yang akan kamu dapatkan di sini akan berbeda dari empat tempat sebelumnya.

Seperti diketahui, Kopi Arabika Malabar Java Preanger mengandalkan proses yang cukup spesial, lantaran menerapkan standar operasional produksi dengan pengawasan tenaga ahli profesional. Cita rasa yang dimiliki kopi ini juga cukup unik. Sama seperti empat wisata tematik kopi sebelumnya, di sini kamu juga dapat berkeliling dan ikut memetik kopi khas Malabar.

Nah, itu dia lima destinasi wisata tematik kopi di Indonesia yang bisa kamu sambangi ketika kondisi benar-benar telah memungkinkan.Ā Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno seperti dikutip dari Kompas.com berharap wisata tematik kopi ini dapat menjadiĀ trademarkĀ wisata nasional. Karena seperti telah dijelaskan, wisatawan nggak hanya bisa menikmati kopi langsung, tetapi juga bisa menikmati suasana pegunungan, kebun kopi, aktivitas panen, me-roastingĀ hingga mempelajari sejarah dan budaya daerah tersebut.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE