Buat kamu yang gak tinggal di wilayah ibukota atau belum pernah ke Jakarta, mungkin kamu jarang banget atau justru sama sekali belum pernah melihat skyscraper alias gedung pencakar langit. Tapi bukan berarti Indonesia gak punya lho.

Pengen tahu kan gedung-gedung mana aja yang mencakar langit Indonesia? Baca ini dulu yuk.

#15. The Plaza Tower, Plaza Indonesia

The Plaza (kiri) via www.beca.com

Pencakar langit yang terletak di Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat ini berdiri setinggi 205 meter dan terdiri dari 46 lantai yang digunakan sebagai perkantoran, hotel, dan bioskop. Gedung ini dibangun selama tiga tahun dan selesai tahun 2009.

#14. The City Center @Batavia City

The City Center via www.skyscrapercity.com

Advertisement

The City Center @Batavia City adalah gedung perkantoran setinggi 208 meter yang terletak di Jl. K.H. Mas Mansyur. Gedung yang dibangun oleh PT Greenwood Sejahtera Tbk  (GWS) ini terdiri dari 47 lantai dan rampung dibangun tahun 2012.

#13. Keraton At The Plaza

Keraton (kanan) via www.genewscenter.com

Keraton At The Plaza merupakan bangunan hotel setinggi 48 lantai (210 m) dari Grand Hyatt yang terletak bersebelahan dengan The Plaza Tower di Jl. M.H. Thamrin.

#12. Ritz-Carlton Jakarta Tower A & B

Ritz-Carlton Jakarta Tower via skyscraper-en.wikidot.com

Ritz-Carlton Jakarta Tower merupakan menara kembar yang terletak di Mega Kuningan. Hotel yang dibuka sejak 2005 ini memiliki tinggi keseluruhan mencapai 212 m yang terdiri dari 48 lantai.

#11. Sudirman Place

Sudirman Place (The Pinnacle) via fx-jakarta.harrishotels.com

Dikenal juga dengan nama The Pinnacle, pembangunan menara setinggi 213 m yang terdiri dari 52 lantai ini selesai tahun 2006 dan kini dimanfaatkan sebagai gedung hunian.

#10. Bakrie Tower, Rasuna Epicentrum Superblock

Bakrie Tower via www.bakrieland.com

Pembangunan menara pencakar langit yang menjadi bagian dari kompleks Rasuna Epicentrum Superblock ini memerlukan waktu tiga tahun, dari 2006-2009. Bakrie Tower digunakan sebagai pusat perkantoran dengan jumlah lantai sebanyak 50 lantai dan tinggi mencapai 214 m.

#9. Kempinski Residences, Grand Indonesia

Kempinski Residence via propertyinside.wordpress.com

Bangunan setinggi 58 lantai atau 215 m ini selesai dibangun pada 2008. Kempinski Residences yang terletak di Jl. MH Thamrin ini merupakan bangunan  hunian yang terdiri dari 190 unit apartemen.

#8. The Energy Tower

Graha Energi/The Energy via www.cladding.com

Terletak di komplek Graha Niaga, The Energy atau Graha Energi selesai dibangun pada 2008. Menara yang terdiri dari 40 lantai dengan tinggi mencapai 217 m ini dimanfaatkan sebagai pusat perkantoran dan restoran.

#7. Denpasar Residences 1 & 2, Kuningan City

Denpasar Residences via www.skyscrapercity.com

Gedung kembar yang terletak di Jl. Prof. Dr. Satrio, Kuningan ini merupakan kompleks apartemen yang terdiri dari 58 lantai. Tingginya mencapai 218 m dan selesai dibangun tahun 2012.

#6. The Peak

The Peak merupakan menara kembar bergaya arsitektur postmodern yang masing-masin memiliki tinggi 219 m yang terdiri dari 55 lantai. Gedung apartemen ini terletak di Jl. Setiabudi Raya dan dibangun oleh pengembang Agung Podomoro Group.

#5. Equity Tower

Equity Tower (kiri) via pambudiyoga.com

Bangunan perkantoran yang mulai digunakan tahun 2010 ini diarsiteki oleh DP Architects Pte Ltd dan PT. Airmas Asri. Tinggi bangunan ini mencapai 220 m dengan 44 lantai.

#4. BCA Tower

Menara BCA dan Bunderan HI via www.panoramio.com

Menara BCA merupakan bangunan kantor setinggi 56 lantai atau 230 m yang selesai dibangun oleh pengembang PT Grand Indonesia pada 2007. Selain kantor, gedung ini juga menyediakan fasilitas restoran dan pusat kebugaran.

#3. Pakubuwono Signature

Pakubuwono Signature via www.skyscrapercity.com

Pakubuwono Signature difungsikan sebagai bangunan hunian berupa apartemen dan hotel yang terdiri dari 50 lantai. Jika dihitung sampai ke titik tertinggi, bangunan ini tingginya mencapai 250 m.

#2. Ciputra World Tower

Ciputra World Tower via www.skyscrapercity.com

Ciputra World Tower merupakan bagian dari kompleks serba ada Ciputra World yang terdiri dari apartemen, hotel, mal, dan pusat perkantoran. Menara ini memiliki 49 lantai dengan tinggi 256 m dan akan selesai dibangun oleh pengembang Ciputra pada 2014.

#1. Wisma 46

Wisma 46 merupakan bangunan tertinggi di Indonesia saat ini, dengan tinggi mencapa 262 m (puncak tertinggi) dan terdiri dari 50 lantai plus 2 lantai basement. Bangunan milik BNI ini telah menjadi juara bertahan gedung tertinggi di Indonesia sejak selesai dibangun pada tahun 1996 dan menjadi Bangunan tertinggi nomor 4 di belahan bumi selatan.

Gedung perkantoran yang dibangun di tanah seluas 15 ha ini memiliki luas lantai 140.028 m² dan dilengkapi 24 elevator berkecepatan tinggi.

Gak salah jika jakarta menjadi hutan beton pencakar langitnya Indonesia. Selain bangunan-bangunan yang disebutkan di atas, masih banyak bangunan pencakar langit lain yang masih dalam proses konstruksi. Apa mereka bisa melampaui tinggi bangunan pencakar langit yang ada saat ini? Kita lihat aja.