Intip Keseruan Wisata Keluarga di Gembira Loka Zoo. Banyak Atraksi Satwa juga, lo!

Gembira Loka Zoo

Yogyakarta identik dengan wisata budaya, kuliner, dan wisata alamnya yang super lengkap. Mulai dari wisata sejarah candi, museum, kraton, pantai, desa wisata, sampai pegunungan, Yogyakarta punya semua. Bahkan mau melancong sendiri, bareng keluarga, rombongan sekolah atau company gathering pun Kota Pelajar ini punya tempat yang cocok untuk semua tipe traveller. Omong-omong wisata yang lengkap, liburan Yogyakata belum lengkap kalau belum main ke Gembira Loka Zoo, lo!

Advertisement

Yap, Gembira Loka Zoo adalah kebun binatang di Yogyakarta dan jadi salah satu kebun binatang di Indonesia yang punya koleksi satwa super lengkap. Dengan luasnya yang mencapai 20 hektar, Gembira Loka Zoo juga punya kebun raya, pembibitan angrek, danau, taman bermain anak dan berbagai wahana rekreasi. Tenang, nggak cuma cocok untuk wisata keluarga, Gembira Loka Zoo juga cocok banget buat kegiatan outbound atau sekadar jalan-jalan menikmati taman hijau. Biar nggak makin penasaran, Hipwee Travel mau ajak kamu berpetualang di Gembira Loka Zoo, yuk!

Gembira Loka Zoo jadi salah satu tempat bersejarah peninggalan Perang Dunia II, sebagai hadiah dari pemerinta pusat untuk masyarakat Yogyakarta

Kura-kura, salah satu hewan purba yang sekarang masih bisa kita jumpai, salah satunya di Gembira Loka Zoo |Credit photo via instagram @glzoojogja2021 via www.instagram.com

Ide awalnya tercetus oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII yang ingin membangun kebun raya pada tahun 1933. Ide tersebut baru bisa direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan dinamakan Kebun Rojo. Namun karena terkendala Perang Dunia II, pembangunan Kebun Rojo Berhenti. Nah, setelah proses pemindahan ibukota negara dari Yogyakarta kembali ke Jakarta, tercetuslah ide memberikan kenang-kenangan taman hiburan dari pemerintah pusat untuk masyarakat Yogyakarta. Pada tahun 1953, berdirilah Yayasan Gembira Loka dan pembangunan terus berlanjut hingga tahun 1959, Gembira Loka resmi dibuka.

Gembira Loka Zoo cocok banget untuk wisata keluarga dan wisata edukasi. Nggak cuma anak TK ya, Gembira Loka juga sering dijadikan tempat penelitian satwa dan konservasi lingkungan

Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa | Credit photo via instagram @glzoojogja2021 via www.instagram.com

Hal pertama yang akan kamu temukan begitu memasuki Gembira Loka Zoo adalah suasana yang adem, sejuk dan rindang karena banyak pepohonan besar yang membuat suasana makin asri. Maklum ya, Gembira Loka emang punya konsep yang menggabungkan kebun binatang dan kebun raya, jadi jangan heran kalau kamu akan menemui banyak tumbuhan-tumbuhan langka atau pas lagi ada kegiatan konservasi lingkungan.

Advertisement

Untuk wisata edukasinya cukup lengkap ya, karena pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa dan ada juga fasilitas Presentasi dan Edukasi Satwa (PES) yang memungkinkan pengunjung mendapat edukasi tentang satwa dengan pendampingan ahlinya.

Banyak banget koleksi satwa mulai dari yang endemik Indonesia hingga Pinguin Jackass dan Lesser Flaminggo

Koleksi satwa cukup lengkap dari banyak satwa endemik nusantara hingga dari berbagai belahan dunia | Credit photo via instagram @glzoojogja2021 via www.instagram.com

Di Gembira Loka Zoo, kita bisa mengunjungi taman-taman satwa yang lokasinya saling terpisah, karena harus disesuaikan dengan habitan asli tiap satwa. Ada Taman Malia dengan koleksi satwa super lengkap dari Sabang sampai Merauke. Misalnya Orang Utan Leuser, Owa Kalimantan, Macan Tutul Jawa, Rusa Timor bahkan Tapir Brazil juga ada, lo! Nah, di Taman Reptil, pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan beberapa jenis ular dan biawak. Sekadar pegang, elus-elus, gendong sambi diajak foto boleh kok.

Advertisement

Jangan lewatkan Taman Burung ya, Gembira Loka Zoo jadi salah satu kebun binatang di Indonesia yang punya Taman Burung denga kolesi super lengkap. Mulai dari Burung Hantu, Kakatua Tanimbar, Angsa Hitam dan Lesser Flaminggo juga ada. Bahkan Gembira Loka Zoo berkerjasama dengan Singapore Zoo untuk turut mengoleksi Pinguin Jackass. Ini sih yang paling wajib banget kamu kunjungi kalau ke Taman Burung di Gembira Loka Zoo. Selain koleksi mamalia, reptil, dan aves, satu-satunya kebun binatang di Yogyakarta ini juga punya kolesi amfibi dan pisces. Nggak nanggung-nanggung, di sini punya Arapaima dan Piranha, lo.

Banyak atraksi satwa yang bisa kamu saksikan. Kalau mau ikut atraksi juga boleh kok~

Selain interaksi reptil dan PES tadi, kamu juga bisa menyaksikkan Bird Show yang menampilkan perilaku burung terbang di alam liar dan beberapa perilaku unik burung yang sudah terlatih. Atraksi ini menampilkan Elang Jawa, Elang Laut, Kangkareng, dan Kakatua Jambul Kuning. Untuk waktu pertunjukkannya setiap hari pukul 10.30 dan 13.30 WIB. Nah, atraksi satwa yang nggak kalah seru adalah Feeding Time. Yak, atraksi memberi makan satwa oleh petugas. Atraksi ini menampilan cara satwa mencari makan dan proses mereka makan seperti di alam liar, Feeding Time menampilkan beberapa satwa seperti Arapaima, Harimau, Simpanse dan yang paling menarik adalah Pinguin. Jadwal atraksi ini, bisa kamu cek di sini ya.

Lelah berkeliling, kamu bis coba berbagai wahana rekreasi seru mulai dari menunggangi gajah hingga main speed boat

Kalau ingin main air juga, coba deh awahan speed boat ini | Credit photo via instagram @glzoojogja2021 via www.instagram.com

Yuhuu, nggak cuma satwa ya, Gembira Loka Zoo juga punya wahana rekreasi darat, air dan udara (nggak deng). Wahana darat dan air aja udah lengkap banget kok, karena Gembira Loka Zoo ini juga punya danau buatan yang cukup luas. Kamu bisa coba main speed boat, bumper boat, skuter air, perahu kayuh, terapi ikan, kolam sentuh, ninebot, naik gajah, terapi ikan. Kalau capek jalan kaki kamu juga bisa naik Taring (Transportasi Keliling), Katamara (perahu di danau), main ATV atau naik Zoo Express.

Harga tiketnya cukup terjangkau dengan fasilitas dan koleksi satwa yang super lengkap

Cukup dengan membayar 60 ribu (Senin-Kamis) dan 70 ribu (Sabtu-Minggu dan hari libur nasional) kamu sudah bisa liburan berkualitas di Gembira Loka Zoo. Oya, hari Jumat libur ya! Harga tiket tersebut sudah termasuk Taring dan Katamara. Untuk jam bukanya, Senin-Kamis pukul 09.00 – 15.00 WIB dan Sabtu-Minggu/ hari libur nasional pukul 08.30-16.00.

Fasilitasnya super lengkap juga ya, ada sental servis atau pusat pelayanan dan informasi pengunjung, stroler bayi, Wifi, food court, kursi roda, gelang anak, mushola dan masjid, dan berbagai spot pendopo atau aula dengan berbagai ukuran. Cocok banget buat kamu yang mau mengadakan kegiatan di sini.

Alamat dan informasi reservasi

Alamat: Jl. Kebun Raya, No. 2, Yogyakarta 55171

Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota kok, dekat Bandara Adi Sucipto, Stasiun Lempuyangan, dan Malioboro. Nah, kalau kamu mau reservasi untuk mengadakan kegiatan atau rombongan besar, kamu bisa menghubungi 0274-373861.

Jadi giman, tertarik merencanakan liburan ke Gembira Loka Zoo? Pokoknya akan lebihseru kalau kamu datang dan saksikan sendiri ya. Ehm tenang, di situasi pandemi ini Gembira Loka Zoo menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat kok. Pengunjung harus selalu memakai masker, banyak banget spot cuci tangan dan himbauan untuk jaga jarak. Selain itu pengelola menerapkan sistem searah untuk jalur keliling kebun binatang, membatasi jumlah pengunjung, hanya membuka satu pintu gerbang, dan seluruh makanan atau souvenir dijual dengan tertutup. So, jangan khawatir berkunjung ke Gembira Loka Zoo di situasi pandemi, ya!

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE