Grojogan Watu Purbo, Wisata Alam Terbaru di Jogja yang Begitu Memesona. Bagai Air Terjun Bertingkat!

Grojogan Watu Purbo Sleman

Jogja nggak pernah berhenti menawarkan destinasi wisata baru buat wisatawan yang datang ke sana. Selalu saja tiap bulan ada tempat wisata baru yang ngehits. Duh, nggak bakal habis deh eksplore Jogja dan sekitarnya. Hal ini tentu jadi alasan buat kamu buat bolak-balik liburan ke Jogja kan? Selain murah, penduduknya ramah, dan tempat wisata selalu bertambah.

Advertisement

Destinasi terbaru di Jogja yang bisa kamu datangi adalah Grojogan Watu Purbo yang berada di Tempel, Sleman. Berasal dari aliran air yang mengalir di dam dam bertingkat, jadilah seperti air terjun (grojokan) yang cantik banget. Pengen tau keindahannya seperti apa? Yuk simak ulasan Hipwee Travel aja.

Terletak di Desa Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Grojogan Watu Purbo merupakan aliran sungai Krasak yang dibendung dengan dam

grojogan watu purbo via www.instagram.com

Grojogan Watu Purbo di Bangunharjo lagi viral di media sosial. Banyak yang mengunggah foto dengan latar belakang air terjun 7 tingkat. Memangnya ada air terjun 7 tingkat di Jogja? Bukan sih, sebenarnya grojogan ini terbuat dari aliran Kali Krasak yang dibendung dengan dam. Kali Krasak adalah sungai yang jadi aliran material Gunung Merapi jadi dibangunlah dam bertingkat-tingkat di sini.

grojogan watu purbo via www.instagram.com

Dam atau bendungan yang bertingkat-tingkat itulah yang bikin aliran sungai menjadi bak air terjun bertingkat. Indah banget memang!

pemandangannya cantik via www.instagram.com

Pemandangan alam di Grojogan Watu Purbo ini sangatlah cantik dan memesona. Aliran sungai besar yang terbentuk dari 6 dam yang berurutan, sehingga terciptalah air terjun yang terlihat sangat tinggi dan luas. Pada setiap dam memiliki ketinggian sekitar 3 meter sampai 7 meter. Jika musim hujan tiba, alirannya menjadi begitu deras dan indah banget. Apalagi akan muncul seperti uap air yang menyegarkan.

Advertisement

grojogan watu purbo via www.instagram.com

Tiket masuknya pun seikhlasnya lho. Memang tempat wisata ini masih baru dan masih alami.

grojogan watu purbo via www.instagram.com

Untuk sementara tiket masih seikhlasnya, namun bisa jadi dalam waktu dekat ada tarif masuk. Memang belum banyak fasilitas yang disediakan karena memang masih relatif baru. Tapi seiring banyaknya pengunjung dan pesepeda yang datang ke sana, bisa jadi fasilitas wisata akan segera dilengkapi di sana.

Yok ke Jogja lagi, pasti belum pernah ke sini kan? Hehehe.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE