Jawa Timur dikenal dengan provinsi yang memiliki kota dan kabupaten terbanyak di Indonesia. Kerennya lagi, ada banyak tempat wisata alam juga di sana. Tak hanya Malang yang terkenal dengan gugus pegunungan Tengger atau Pulai Sempu-nya. Blitar yang berbatasan di sebalah timur Malang pun juga punya tepat wisata yang nggak kalah menarik.

Jangan cuma tahu makam Presiden pertama RI, Ir. Soekarno saja kalau membicarakan tempat wisata di Blitar. Kamu perlu tahu Wisata Alam Rambut Monte yang cukup populer di Kabupaten Blitar. Wisata alam yang didominasi oleh telaga ini jangan disamakan dengan telaga-telaga lainnya. Hal ini disebabkan Wisata Rambut Monte ini punya keunikan yang cukup menarik untuk kamu telusuri.

Perpaduan keindahan alam dengan suasana mistis di sana bisa membuatmu terkesima. Biar rasa penasaranmu semakin membesar, Hipwee Travel akan memberi ulasan tentang Wisata Rambut Monte. Siapa tahu ini buat kamu nggak sabaran buat main ke sana. Yuk, simak!

Asal usul nama Rambut Monte dilihat dari fenomena alam, mistis sampai legendanya yang bisa bikin kamu terkesima

Sejarah Wisata Rambut Monte, Blitar via wisataterbaru.com

Kamu pasti setuju kalau nama tempat wisata yang terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur ini tergolong unik. Memancing pertanyaan, kira-kira asal usul nama Rambut Monte ini dari mana ya? Jadi wisata alam yang buka sejak tahun 1976 ini punya beberapa versi asal usul namanya.

Advertisement

Dari segi fenomena alam nama Rambut Monte disematkan karena katanya, dulu keluarnya sumber air dalam telaga ini berupa gelembung-gelembung udara yang panjang menyerupai monte. Sedangkan dari sisi mistis dan legendanya, Rambut Monte diambil dari nama Mbah Monte seorang keturunan Majapahit yang berkelahi dengan Rahwana dan seekor naga di lokasi wisata ini. Wah seru dong ya pastinya!

Ada juga Candi Rambut Monte jejak peninggalan Kerajaan Majapahit jelmaan dari Rahwana dan Naga yang dikutuk Mbah Monte

Candi Rambut Monte via www.matajatim.com

Selain telaga, di tempat wisata ini ada sebuah candi kecil yang menarik. Asal usulnya sih dari legenda Mbah Monte yang berkelahi dengan Rahwana dan naga. Mbah Monte yang berhasil memenangkan pertarungan, akhirnya pun mengutuk kedua lawannya menjadi candi dengan bentuk monyet dan naga. Meski sebenarnya belum ada literatur yang sangat jelas mengenai Candi Rambut Monte yang menjadi salah satu peninggalan Kerjaan Majapahit. Tapi yang pasti di samping Candi Rambut Monte juga terdapat artefak lingga dan yoni yang merupakan lambang kesuburan, sekaligus tanda candi ini salah satu tempat ibadah umat Hindu pada zaman Kerajaan Majapahit.

Telaga yang punya gradasi apik antara biru dan hijau tosca enak untuk dipandang, tapi tak boleh untuk berenang!

Gradasi yang bikin matamu segar dan jiwa tenang via www.instagram.com

Sedangkan spot utama dari wisata ini ada di telaga yang airnya jernih sekali. Sampai-sampai sumber air yang berada di tengah telaga memunculkan gradasi apik antara biru dan hijau tosca. Dengan udara yang sejuk karena teduhan dari pohon-pohon di sekitar telaga, kamu bisa berlama-lama menikmati gemericik air sambil memandanginya. Kelihatannya pun menyegarkan sekali, tapi sayang kamu tak boleh berenang di area sumber air ini. Sebab di telaga ini ada ikan yang dikeramatkan oleh warga.

Ikan unik yang fisiologinya perpaduan antara lele dan hiu.

Ikan Sengkaring, ikan purba yang dikeramatkan. Katanya ikan ini pun jelmaan dari murid Mbah Monte

Ikan sengkaring di Telaga Rambut Monte via www.instagram.com

Warga menyebutnya Ikan Sengkaring. Ikan asli Indonesia yang sudah langka, karena itu ikan yang juga disebut ikan dewa oleh warga ini termasuk jenis purba. Selain kelangkaannya, Ikan Sengkaring di telaga pun disebut-sebut jelmaan dari murid Mbah Monte yang dimintai menjaga lokasi Candi Rambut Monte. Dari sana akhirnya warga percaya, Ikan Sengkaring ini tak boleh seenaknya ditangkap dan dikonsumsi.

Tapi selepas dari legenda yang ada, Wisata Alam Rambut Monte ini salah satu tempat yang perlu dijaga kelestariannya. Mulai dari kejernihan sumber mata air, eksistensi Ikan Sengkaring sampai Candi Rambut Monte. Ikan ini tak boleh ditangkap seenaknya, supaya tak ada tangan jahil yang merusak habitatnya. Juga ada larangan untuk tak berenang di telaga. Toh di dekat telaga sendiri sudah di sediakan kolam khusus untuk pemandian para pelancong. Memang sih, tak jauh dari Telaga Rambut Monte ini pun terdapat bendungan kecil bernama Sumber Dandang. Airnya tak kalah jernih dari Telaga Rambut Monte.

Sedangkan rute perjalanan ke Telaga Rambut Monte, kamu bisa ambil arah ke Kecamatan Wilingi. Lalu lanjutkan ke arah Desa Semen dan Tulungrejo-Krisik. Nah dari situlah kamu akan menemui papan penunjuk arah menuju Wisata Rambut Monte. Sudah dimasukkan ke dalam list liburan kamu ‘kan? Selamat menikmati perjalanan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya