Pada zaman sekolah SD dulu, kita diminta menghafal jumlah pulau di Indonesia. Kira-kira bunyinya seperti ini…

Indonesia adalah negara kepulauan. Diapit dua benua, Asia dan Australia dan dua samudra, Hindia dan Pasifik. Indonesia mempunyai 13.446 pulau tersebar dari Sabang dan Merauke.

Lupa ya? Padahal kamu dulu pas kecil hafal lho. Hehehe. Nah, kabar baiknya, kamu nggak perlu menghafal kalimat tadi. Karena jumlah pulau di Indonesia secara ajaib bertambah sebanyak 1.126 pulau! Wow, banyak banget. Coba deh kamu sebutkan negara apa yang punya pulau sebanyak itu? Indonesia kaya banget ‘kan. Tahu nggak kenapa kok bisa bertambah? Hipwee Travel bakal kasih penjelasan buat kamu semua.

Bukan, pulau sebanyak ini bukan hasil dari menjajah lho. Tapi memang sebelumnya belum terhitung dan terverifikasi. Setelah pemerintah menertibkan dan memverifikasi. pada tahun 2015 dan 2016 secara total mendapatkan 1.126 pulau yang belum terdata…

Pulau Mentawai. via www.dronestagr.am

Pemerintah pusat sedang getol menata ulang kondisi geografis Indonesia secara mendetail. Sepanjang 2016, pulau yang berhasil ditertibkan dan diverifikasi jumlahnya mencapai 14.572 pulau. Berbeda dengan catatan sebelumnya di mana pulau di Indonesia berjumlah 13.446 saja. Pada tahun 2015 sebanyak 537 pulau dan 749 pulau pada 2016 sudah didata. Seluruhnya kemudian dibakukan sebagai wilayah kepulauan Indonesia. Tambah banyak bukan?

Setelah didata secara mendetail, daftar 14.572 pulau ini akan didaftarkan ke PBB. Hal ini dilakukan demi menjaga kedaulatan negara dari klaim negara lain akan wilayah Indonesia

Advertisement

kenalan dulu, ini namanya Kepulauan Togean via togean.net

Masih ingat kasus Pulau Sipadan dan Ligitan yang dulu diklaim Malaysia? Indonesia kehilangan dua pulau yang jadi sengketa dengan Malaysia. Kini, pemerintah tak ingin kecolongan lagi. Tambahan pulau ini akan didaftarkan ke PBB pada bulan Agustus nanti. Didaftarkannya 14.572 pulau tadi bertujuan untuk menjaga kedaulatan negara.

“Kita ingin pulau-pulau yang ada, termasuk pulau kecil dan terdepan, bisa terdata resmi sebagai bagian dari Indonesia. Ini juga menjaga agar tidak ada Negara lain yang memberi pengakuan terhadap pulau-pulau tersebut,” jelas Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Bryahmantya Satyamurti Poerwadi seperti dikutip dari situs lingkungan Mongabay.

Pulau baru yang sudah teridentifikasi belum punya nama. Pemerintah seyogyanya melibatkan masyarakat sekitar untuk manamai pulau-pulau tersebut…

Pulau Ora, Maldives ala Indonesia via www.backpackerindonesia.com

Sementara itu pulau-pulau terdepan sekarang bertambah dari 92 pulau menjadi 111. Sebagai pulau di perbatasan, pulau-pulau ini harus segera diberi nama dan dilegalisasi. Tahun 2017 ini akan digunakan untuk mengelola pulau terdepan karena posisi di perbatasan penting bagi Indonesia. Juga pulau-pulau yang baru tadi, seyogyanya segera diberi nama dengan mengajak peran serta masyarakat sekitar pulau.

Kabar baik buat Indonesia tentunya. Tapi dari 14.572 pulau yang sudah terdata, berapa pulau yang sudah kamu singgahi? Hehehe…

Pasir putih dan gugusan pulau-pulau kecil Raja Ampat via www.indonesia.travel

Hal ini tentu jadi kabar menggembirakan untuk Indonesia. Dengan kekayaan 14.572 pulau, hal ini semakin menahbiskankan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Tidak ada satupun negara di dunia yang mampu menyaingi jumlah sebesar ini. Nah, dengan kekayaan alam sehebat ini, pertanyaan pentingnya adalah, sudah berapa pulau yang sudah kamu injak tanahnya? Jangan-jangan cuma 2, Jawa (sebagai tempat tinggal) dan Bali (karena study tour saat SMA). Hehe.

Kelilinglah ke berbagai pulau di Indonesia. Nggak cuma Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua aja lho. Ada juga Belitung, Weh, Sebesi, Alor, Padar, Gili Trawangan, Seram, Bawean ataupun Nusa Penida. Apalah artinya kebanggaan sebagai bangsa yang tinggal di khatulistiwa sebagai negara kepulauan, tapi nggak pernah beranjak dari tanah berpijaknya selama ini.

Dengan 14.572 pulau yang ada di Indonesia, jika setidaknya satu hari berkunjung ke satu pulau maka dibutuhkan waktu 40 tahun tanpa jeda untuk mengelilingi semua pulau. Luar biasa!

Hipwee Travel

Semoga kabar baik ini membahagiakan buat kita semua ya. Yuk keliling pulau-pulau di Indonesia. Ya, 10 pulau per tahun bisa lah ya…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya