9 Hutan di Indonesia yang Terkenal Angker dengan Beragam Kisah Misteri. Berani Masuk Nggak Nih?

Hutan Angker di Indonesia

Sebagai paru-paru bumi, hutan selalu bisa menyajikan keasrian dan kesejukan yang menenangkan. Makanya vakansi ke hutan bisa jadi pilihan baik untuk mengurai stres kehidupan modern. Di Indonesia sendiri banyak hutan yang asri buat dikunjungi. Seperti misal Babakan Siliwangi yang teduh dan instagramable di tengah kota Bandung.

Advertisement

Tapi selain dikenal asri, beberapa hutan di Indonesia juga banyak yang terkenal karena menyimpan misteri. Kebanyakan misteri tersebut diketahui dari sejarah, cerita yang dikisahkan pengunjung, hingga sesuatu hal yang pernah terjadi di hutan tersebut. Dari pada penasaran, berikut Hipwee Travel rangkum 9 hutan Indonesia yang terkenal karena keangkerannya. Simak ulasannya ya.

1. Alas Roban yang dipercaya tempat tinggal Wewe Gombel

Alas Roban via m.mediaindonesia.com

Untuk yang suka plesiran pakai angkutan darat, kalau mau ke Jawa Tengah biasanya akan melewati jalan yang membelah kawasan Hutan Roban. Banyak banget cerita seram yang dikisahkan tentang hutan ini di masa lalu. Warga sekitar percaya kalau hutan tersebut merupakan tempat tinggal Wewe Gombel dan Buto Ijo. Cerita misteri Hutan Roban nggak muncul baru-baru ini loh. Melainkan sudah sejak jaman Belanda. Nah, yang bikin kawasan Hutan Roban makin seram adalah ia merupakan salah satu lokasi pembuangan mayat korban penembakan misterius pada masa Orde Baru.

2. Alas Purwo yang katanya pernah jadi tempat bersemedi mendiang Presiden Soekarno

Alas Purwo via blog.misteraladin.com

Bergeser ke Jawa Timur, tepatnya di Banyuwangi ada Alas Purwo yang nggak kalah angker. Hutan tersebut sejatinya sangat asri dan menyenangkan kalau nggak ada kisah misteri yang berkembang. Konon katanya, pada jaman dulu siapa pun yang masuk hutan tersebut bakalan menghilang tanpa jejak. Pun ada yang berhasil pulang, biasanya bakal tertimpa kemalangan. Hutan ini juga dijadikan tempat mencari wangsit bagi masyarakat pada malam 1 Suro. Bahkan dulu katanya mendiang Presiden Soekarno pernah bersemedi di salah satu gua Alas Purwo. Kamu bisa baca ulasan lengkap Alas Purwo di sini.

Advertisement

3. Hutan Sungai Bening yang sempat “menghilangkan” warga selama lima hari

(Gambar: Salah satu hutan di Kalimantan Barat) via commons.m.wikimedia.org

Terletak di Sambas, Kalimantan Barat, nama Hutan Sungai Bening beberapa waktu lalu sempat heboh. Pasalnya ada seorang warga yang menghilang selama lima hari. Setelah dilaporkan hilang oleh keluarga, pencarian pun dilakukan di kawasan hutan tersebut. Sayangnya pencarian berbuah nihil, sampai satu waktu korban hilang tersebut pulang ke rumah. Ia menceritakan kisahnya selama menghilang di belantara hutan Kalimantan tersebut. Menurut pengakuannya, ia melihat orang-orang yang mencari tapi nggak satu pun menyadari keberadaannya.

4. Hutan Halimun Salak. Lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi tahun 2012 lalu

Hutan Halimun Salak via wisatahalimun.co.id

Hutan yang berada di antara wilayah Gunung Halimun dan Gunung Salak ini memiliki banyak bangunan pura untuk menghormati Prabu Siliwangi. Masyarakat sekitar percaya kalau hutan tersebut masih dihuni oleh makhluk gaib bekas prajurit kerajaan Padjajaran. Yang bikin kawasan ini makin seram, sudah ada tujuh kecelakaan pesawat yang terjadi di wilayah hutan. Yang terakhir adalah kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 pada tahun 2012. Nah, seperti Hipwee Travel pernah tulis di sini, salah satu kejadian mistis sempat pula dialami serombongan pendaki yang bertemu pedagang bakso berwajah rata di kawasan Hutan Halimun Salak.

5. Hutan Gunung Semeru yang punya sejuta misteri selain keindahan

Hutan Gunung Semeru via www.tribunnews.com

Siapa yang nggak terpikat sama keindahan Gunung Semeru. Membayangkan membangun tenda di sisi Ranu Kumbolo saja sudah terasa indahnya. Tapi selain punya keindahan yang jadi idaman para pendaki, Gunung Semeru menyimpan banyak misteri. Hutan yang kamu jajal untuk mencapai puncak Mahameru menurut cerita para pendaki dihuni oleh pelbagai hantu mulai dari pocong hingga sosok perempuan. Kawasan hutan Semeru juga punya titik bernama Arcopodo. Di sana katanya terdapat patung kembar yang dibuat oleh prajurit Majapahit. Yang bikin seram, ceritanya patung ini hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu. Meski seram, titik tersebut sudah ditutup dikarenakan longsor.

Advertisement

6. Hutan Bukit Barisan dengan Orang Bunian yang sering “menyesatkan”

Hutan Bukit Barisan via vacationsumatera.wordpress.com

Hutan Bukit Barisan sejatinya adalah bukit yang berjajar dan membentang dari ujung utara Aceh hingga ujung selatan Lampung. Puncak puncak tertinggi rangkaian Bukit Barisan yakni Gunung Kerinci. Sejak jaman dulu sudah banyak kisah misteri yang berkembang. Yang paling terkenal adalah keberadaan Orang Bunian, yang suka menyesatkan manusia di dalam hutan. Kejadian yang paling baru di Bukit Barisan adalah tersesatnya 21 orang rombongan DPRD Kota Solok setelah melakukan napak tilas tahun 2013 silam. Di dunia penerbangan kawasan Bukit Barisan juga dianggap berbahaya karena pernah terjadi dua kali kecelakaan. Kecelakaan terakhir adalah pesawat CASA 212-200 milik NBA pada 2011.

7. Hutan Leuweung Sancang, kawasan keramat kerajaan gaib Prabu Siliwangi

Leuweung Sancang via sokocon.wordpress.com

Konon katanya, Hutan Leuweung Sancang di Garut ini adalah tempat menghilangnya Prabu Siliwangi. Berdasar dari cerita tersebut, warga setempat mengkeramatkan hutan tersebut dan enggan memasuki kawasan yang dianggap kerajaan gaib sang Prabu. Banyak kisah misteri beredar tentang hutan tersebut, yang paling sering adalah warga disesatkan oleh makhluk halus karena nggak meninggalkan hutan saat hari mulai gelap.

8. Taman Hutan Raya Bukit Soeharto yang punya cerita hantu Romusha

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto via www.instagram.com

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto ini berada di calon Ibu Kota Baru, Kutai Kertanegara. Jika berkunjung ke sana kamu akan mendapati keasrian dari beberapa jenis pohon seperti akasia, sengon, johar, sungkai dan mahoni. Nah, di antara pepohonan itu cerita misteri berkembang. Katanya, di sana bersemayam hantu romusha. Menurut cerita, hantu romusha tersebut sempat menampakkan diri ke pengunjung. Keberadaan hantu romusha itu ditengarai karena kawasan tersebut dulunya adalah kamp penyiksaan romusha oleh Jepang.

9. Hutan Paloh yang membuka gerbang kerajaan gaib menjelang malam

Hutan Paloh via www.instagram.com

Oleh sebagian masyarakat Kalimantan, kawasan Hutan Paloh sering disebut sebagai salah satu kerajaan gaib. Sebagian mereka percaya kalau tiap malam gerbang kerajaan tersebut terbuka untuk mengajak manusia masuk. Sudah tahu lah ya, apa yang bakal terjadi kalau kita berani masuk? Yup, kamu mungkin nggak bisa lagi keluar setelah masuk ke sana. Salah satu cerita terkenal tentang Hutan Paloh adalah jatuhnya pesawat TNI pada tahun 70’an, yang nggak pernah ditemukan bangkai pesawatnya.

Nah itu dia 9 hutan Indonesia, yang selain asri juga menyimpang segudang misteri. Berani untuk berkunjung nggak nih? Atau di antara kamu sudah ada yang pernah ke sana?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE