Indonesia Kembali Dinobatkan Sebagai Negara Paling Dermawan di Dunia 2021, Ini Penjelasannya

Indonesia Negara Paling Dermawan

Warganet Indonesia yang sempat meradang karena hasil riset Microsoft tentang tingkat kesopanan pada tahun 2020 lalu, di tahun 2021 ini tampaknya boleh berbangga diri. Pasalnya, di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, Charities Aid Foundation (CAF) menobatkan Indonesia sebagai Negara Paling Dermawan di Dunia 2021.

Advertisement

Pengakuan ini merupakan yang kedua kalinya bagi Indonesia. Sebelumnya pada tahun 2018 lalu, organisasi amal asal Inggris tersebut juga menyematkan predikat yang sama. Bagaimana CAF bisa menobatkan sebuah negara sebagai yang paling dermawan di dunia? Melansir Kumparan berikut penjelasannya.

Predikat Negara Paling Dermawan di Dunia 2021 didasarkan pada World Giving Index 2021 yang disusun berdasarkan wawancara kepada 1,6 juta orang di berbagai negara

Pemberian predikat Negara Paling Dermawan di Dunia 2021 didasarkan pada World Giving Index (WGI) tahun 2021. Dalam laporan tahunan yang secara lengkap bisa kamu unduh di laman resmi CAF, skor Indonesia mencapai 69 persen. Jika dibandingkan pada tahun 2018 lalu, skor tersebut naik 10 persen.

Dalam laporan WGI terdapat tiga kategori atau indikator untuk menentukan skor tiap negara, yaitu menyumbang pada orang asing, berdonasi, dan kegiatan kerelawanan atau volunteer. Nah, dari tiga kategori tersebut Indonesia memperoleh poin 65 untuk kategori menyumbang pada orang asing, 83 untuk donasi, dan 60 untuk kegiatan kerelawanan.

Advertisement

Disebutkan kalau laporan WGI 2021 tersebut disusun dengan melibatkan wawancara kepada sebanyak 1,6 juta orang di berbagai negara. Dalam temuannya CAF sempat mengungkap kalau 8 dari 10 orang Indonesia melakukan donasi pada tahun 2021 ini. Tingkat kesukarelawanan di Indonesia juga disebutkan lebih tinggi dari negara lain, sekitar tiga kali lipat dari rata-rata global.

Zakat yang dipraktikkan secara luas oleh hampir seluruh penduduk Indonesia jadi salah satu pendorong pencapaian skor Indonesia

Ilustrasi berdonasi | Photo by Bayu Prayuda on Unsplash

Laporan WGI 2021 dan predikat Negara Paling Dermawan di Dunia 2021 menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Karena seperti kita ketahui, nggak sedikit masyarakat Indonesia yang mengalami krisis ekonomi selama pandemi ini. Adapun salah satu pendorong pencapaian predikat ini adalah zakat yang dipraktikkan secara luas oleh hampir seluruh penduduk Indonesia.

Advertisement

Sementara negara-negara lain yang sebelumnya berada pada posisi terbaik dalam indeks, tahun ini merosot diperkirakan karena pembatasan wilayah dan pemberlakuan lockdown. Amerika Serikat yang dalam laporan WGI tahun-tahun sebelumnya konsisten sebagai top 5, kali ini berada di posisi 19 dunia. Inggris yang sebelumnya berada di urutan ke-5, tahun ini meluncur ke posisi 26 dunia. Disusul Singapura yang sebelumnya di posisi 6 kini berada di posisi 22.

Menyusul Indonesia, posisi kedua Negara Paling Dermawan di Dunia 2021 dalam laporan WGI 2021 ditempati oleh Kenya dengan 58 poin, Nigeria 52 poin, Myanmar 51 poin, dan Australia 49 poin. Sementara urutan pertama negara dengan skor kedermawanan terendah dalam laporan WGI 2021 adalah Jepang dengan 12 poin, Portugal 20 poin, Belgia 21 poin, Italia 22 poin, dan Korea Selatan 22 poin.

Itu dia penjelasan mengenai predikat Negara Paling Dermawan di Dunia 2021 yang dikeluarkan oleh Charities Aid Foundation.

Saatnya ambil bagian dalam mewujudkan umat mandiri dan berdaya melalui zakat yang kamu tunaikan. Yang muda yang berzakat bareng Hipwee.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE