Jangan patah semangat jika kamu ingin keliling dunia tapi budget yang kamu miliki terbatas, karena ternyata ada caranya biar kamu bisa keliling dunia tanpa keluar duit banyak, bahkan dengan beberapa cara di bawah ini kamu bisa menambah pundi – pundi tabunganmu selama perjalananmu menjelajahi dunia!

Wah asik banget, keliling dunia tanpa harus keluar dana banyak, bisa malah dibayar lagi! Gimana caranya? Eiiits, sabar dulu donk, cek 11 cara cerdik ini yuk?!

1. Jadi Tour Guide

Jadi pemandu wisata via ekowisata.org

Jika kamu memang senang berpetualang ke segala penjuru dunia, maka karir menjadi seorang tour guide dan bekerja di salah satu penyelenggara tour patut kamu perhitungkan. Kapan lagi kamu bisa keliling dunia (mungkin Indonesia dulu sih) tanpa berdarah – darah ngumpulin duit dulu?!

Menjadi seorang tour guide selain membawamu jalan – jalan ke berbagai obyek wisata, juga akan memberimu berbagai pengalaman, mulai dari menjelaskan obyek wisata kepada rombonganmu, menjawab berbagai pertanyaan anggota rombongan atau memberikan tips selama perjalanan, tapi yang jelas dengan menjadi tour guide kamu bisa menjelajahi berbagai tempat asik yang ada dalam impianmu.

2. Ikut Gabung Dalam WWOOF

Advertisement

Siapa bilang bertani itu enggak fun? via 2.bp.blogspot.com

Baru denger tentang WWOOF?

Oke, WWOOF itu adalah singkatan dari Worldwide Opportunities on Organic Farms, jadi ini adalah kegiatan yang memberimu kesempatan untuk keliling dunia sambil belajar bagaimana bertani dengan cara organik. Beberapa negara yang tergabung dalam program ini adalah Inggris, Norwegia, Hawaii, Korea, Indonesia dan banyak lagi negara – negara lainnya. Info lebih lengkap bisa kamu temukan di sini atau like di fanpage Facebook.

Nah, siapa bilang bertani itu kuno dan nggak asik?! Ini acara yang keren dan bermanfaat banget yang musti kamu coba, apalagi buat di Indonesia yang (katanya) merupakan negeri agraris ini. Siapa tahu pulang dari acara ini kamu bisa jadi pengusaha Agribisnis! Untuk tahu bagaimana rasanya ikut acara ini, kamu bisa baca di sini.

3. Jadi Guru Bahasa Indonesia

Guru bahasa Indonesia via stat.ks.kidsklik.com

Jangan remehin bahasa Indonesia guys, ternyata bahasa kebanggan kita ini bisa bikin kita keliling dunia lho!

Menurut Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud ternyata bahasa Indonesia berpotensi untuk jadi bahasa Internasional, dan hingga kini telah ada 45 negara yang mengajarkan bahasa Indonesia seperti Amerika, Australia, Kanada, Vietnam, Belanda hingga Jepang.

Perlu bukti lagi kalau ternyata bahasa Indonesia itu udah dipertimbangin di kancah internasional? Coba cek website resmi dari klub sepakbola favoritmu deh. Beberapa kllub sepakbola seperti Chelsea, Intermilan, Liverpool dan Manchester City telah melengkapi website resmi mereka dengan Bahasa Indonesia.

Jadi bisa bangga sedikit donk dengan Bahasa Indonesia?! Hehehehe…

4. Jadi Pilot

Keren, pekerjaan yang menantang yang bisa membawamu keliling dunia tanpa harus keluar duit, malah dibayar gede lagi! Ya, karir yang jadi favorit kedua selain dokter saat kamu masih anak – anak ini enggak cuman keren tapi juga bikin kamu terbang tinggi keliling dunia dan menawarkan karir yang pasti lebih dari cukup.

5. Jadi Flight Attendant

Flight Attendant via sekolahpramugariglobal.com

Menjadi seorang flight attendant menawarkan beberapa keuntungan yang hampir mirip dengan pilot, perbedaannya tentu saja pada pendapatan dan tanggung jawab yang diemban kedua profesi ini.

Namun jika kamu adalah seorang cowok/cewek dengan tinggi badan yang cukup ditunjang dengan penampilan menarik dan ingin menjelajahi kota – kota di dunia, menjadi flight attendant adalah salah satu opsi yang bisa kamu ambil.

6. Kerja di Kapal Pesiar

kapal pesiar via carnival-news.com

Buat kamu yang enggak minat jadi flight attendant gara – gara enggak suka ketinggian, kamu bisa coba bergabung menjadi awak kapal pesiar. Dengan menjadi awak kapal pesiar ini kamu bisa nikmati sunset dan sunrise yang indah di berbagai perairan yang ada di dunia, mengunjungi beberapa benua atau pulau – pulau eksotis dan tetap mendapat pundi – pundi dolar di tabunganmu.

7. Jadi Penulis Buku Panduan Wisata

buku panduan wisata via www.destination360.com

Profesi satu ini memang belum banyak di Indonesia karena buku panduan wisata sering dianggap tidak begitu menguntungkan oleh para penerbit lokal. Namun jika kamu memang berniat ingin menjelajah dan mengabadikannya dalam bentuk tulisan kamu bisa mencoba bergabung dengan Loneny Planet dengan mengajukan proposal ide untuk buku panduan wisatamu.

8. Membuat Travel Blog

Travel blog via template.vn

Jika jadi penulis dan membuat buku panduan wisata terasa terlalu berat dan ribet untuk kamu lakukan, kamu bisa mencoba untuk membuat travel blog-mu sendiri. Memang pada awalnya kamu harus berjuang keras agar kamu bisa mendapat pundi – pundi rupiah dari blog-mu ini.

Kamu harus mulai bisa menjadi penulis, fotografer, editor, dan sekaligus juga menjadi marketing blog-mu agar blog travel-mu ini menarik dan tidak membosankan dan bisa memberikan keuntungan kecil – kecilan untukmu.

9. Jadi Jurnalis

Jika kamu ingin keliling dunia sambil mengetahui apa saja yang ada di dunia menjadi jurnalis bisa menjadi salah satu pilihan. Enggak heran donk ya, kenapa profesi ini nge-hit banget beberapa saat belakangan?! Kapan lagi bisa dapat suasana kerja yang dinamis serta kesempatan untuk menjelajah dunis dan tahu perkembangan informasi?!

10. Jadi Fotografer

wedding photographer via www.cosmos.it

Buat kamu yang selama ini cuman menjadikan kamera kesayanganmu itu sebagai pelampiasan hobi semata, kini saatnya kamu melangkah ke tahap yang lebih serius. Upgrade semua skill dan gear yang kamu miliki kemudian jadilah seorang fotografer profesional.

Kamu bisa memilih menjadi seorang fotografer wildlife yang akrab dengan hewan dan alam liar yang eksotis, menjadi fotografer landscape yang membuatmu menjelajahi tempat – tempat luar biasa menakjubkan yang ada di bumi, atau menjadi seorang fotografer wedding yang mengharuskanmu berpetualangan memilih tempat – tempat romantis nan artisitik untuk klienmu.

11. Mengikuti Pertukaran Pelajar

ikut pertukaran pelajar via www.aktiflab.com

Nah buat kamu yang masih studi, langkah terkahir ini tentu adalah cara yang paling ideal untukmu. Mengikuti pertukaran pelajar ata mencari beasiswa pendidikan ke luar negeri adalah pilihan yang bisa kamu ambil untuk keliling dunia tanpa harus bikin tabunganmu jebol.

So guys, itu dia 11 cara yang bisa bikin kamu keliling dunia tanpa harus bikik tabunganmu jebol! Ada yang ingin coba cara-cara di atas?