Merasa bumi tidak indah lagi? Eits, pikir lagi deh! Di bawah ini terdapat 26 tempat yang pasti akan membuatmu berpikir dua kali.

1. Taman Geologi Bentang Alam Zhangye Danxia di Gansu, China

Panorama alam Zhangye Danxia via s3-ec.buzzfed.com

Ini bukan lukisan lho! via www.thebookoftravel.com

Beberapa pengunjung yang mencoba menikmati Zhangye Danxia via www.123inspiration.com

Tahu tidak warna warni yang tercipta di antara bebatuan itu terbentuk karena adanya kandungan mineral dan bebatuan pasir yg tersimpan sejak 24 tahun lalu loh. Terus, angin dan hujan mengikis bukit – bukit itu hingga terbentuk celah – celah. Seperti lukisan crayon ya?!

2. Ayunan Ujung Dunia, Baños, Equador, Amerika Selatan

Advertisement

Swing via .com

Suguhan pemandangan yang menguji adrenalin via www.flickr.com

Inilah pemandangan dari ayunan ini! via followgram.me

Ujung dunia telah ditetapkan berada di Baños, Equador. Kenapa di sana? Ternyata di Baños ini terdapat sebuah rumah pohon (La Casa Del Arbol) yang memiliki ayunan, dan terkenal dengan sebutan Ayunan Ujung Dunia.

Dari ayunan ini bisa terlihat gunung berapi dan juga jurang yang sangat dalam, bisa membuat kaki merinding! Hii..soalnya ayunan ini dibuat di ketinggian 2600meter dan hanya sepotong kayu kecil sebagai tempat duduknya. WOW!

3. Great Blue Hole di Belize, Amerika Tengah

The Great Hole yang terlihat seperti bola mata dari ketinggian via s3-ec.buzzfed.com

Salah satu spot diving favorit via s3-ec.buzzfed.com

Keindahan bawah laut di The Great Hole via www.flickr.com

Great Blue Hole ini telah diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1997 adalah surganya bagi mereka yang suka diving, kedalaman sekitar 145 meter dengan diameter sepanjang 400 meter.

Dulunya, The Great Blue Hole merupakan sebuah gua purba dengan stalaktit dan stalagmit raksasa. Ketika zaman es berakhir, permukaan laut naik hingga menutupi permukaan guanya.

4. Gua Hang Son Doong di Provinsi Quang Binh, Vietnam

Hang Song Doong, gua termuda dan terbesar di dunia via s3-ec.buzzfed.com

Inilah keadaan di dalam gua via s3-ec.buzzfed.com

Saking besarnya New York City mampu masuk dalam gua ini via s3-ec.buzzfed.com

Gua ini ditemukan oleh penjelajah gua yang berkebangsaan Inggris via www.sondoongcave.org

Gua Hang Son Doong sendiri tercipta sekitar 2 hingga 5 juta tahun yang lalu dan memiliki lebih dari 150 jaringan gua dan sempat dipakai sebagai tempat persembunyian perang Vietnam.

Ruangan gua memiliki lebar mencapai 90 meter dan tinggi hampir 240 meter dan memiliki panjang gua mencapai 5.5 mil atau sepanjang 8.9 km. Saking luasnya seluruh blok New York City dengan gedung setinggi 40 lantai dapat masuk ke gua ini! Sulit dibayangkan!

5. Gua Es Mendenhall, Alaska, Amerika Serikat

Cahaya membuat dinding gua bersinar kebiruan via s3-ec.buzzfed.com

Gua ini mulai dipasarkan menjadi pusat pariwisata Alaska via s3-ec.buzzfed.com

Dinding – dinding gua yang tertimpa cahaya via s3-ec.buzzfed.com

Gua es ini terletak 19 km dari kota Juneau, Alaska dan memiliki panjang 22 km. Terbentuk karena gletser yang sangat besar dan terbentuk di permukaan tanah dalam jangka waktu yang sangat lama. Dinding – dinding es ini akan memantukan cahaya biru indah saat tertimpa cahaya. Mau mencoba merasakan dinginnya gua ini?

6. Glowworm Caves, Waitamo, New Zealand

Ini keadaan gua Glowworm Caves di Waitomo via farm8.staticflickr.com

Berperahu di dalam gua Waitomo via www.waitomo.com

Apa yang terpikirkan ketika melihat gambar di atas? Luar angkasa? Gambar – gambar hasil Photoshop? Aurora dari Kutub Utara? Gambar – gambar di atas adalah gambar dari sebuah gua ajaib yang terletak di di luar Waitomo, North Island, Selandia Baru.Gua ini bernama Glowworm Waitomo.

Sesuai dengan namanya, “bintang – bintang” adalah cacing Arachnocampa Luminosa yang menggantung di langit-langit gua dan memancarkan cahaya hijau atau biru yang berkilauan.

Bagi yang ingin melihat bintang tanpa harus menuggu malam, bisa mencoba berpetualang berperahu menyusuri gua ini sepertinya, bagai memasuki dunia lain!

7. Sea of Stars, Vaadhoo Island, Maldives

Pendaran Dinoflagelatta yang ada di pesisir pantai Maldives via DOUGPERRINE

Senja di Pulau Vaadhoo via s3-ec.buzzfed.com

Pantai yang terletak di Pulau Vaadhoo ini memang mampu menyihir tiap orang dengan keindahan  pantainya yang seolah mampu merefleksikan bintang – bintang yang ada di atas langit.

Cahaya kebiruan tersebut berasal dari dinoflagelata, yakni sejenis plankton yang mengeluarkan cahaya biru terang sebagai respon terhadap sinyal elektrik serta cahaya. Wah, wah yang jelas jangan sampai gak bisa bedakan mana langit mana pantai ya?!

8. Tunnel of Love, Klavan, Ukraina

Tunnel of Love di pagi hari via mihai.tamasila

Terowongan ini masih digunakan hingga sekarang via AlexanderIshchenko

Tempat ajaib berikutnya adalah tempat yang menjadi salah satu tempat paling romantis di dunia, tempat ini biasa di sebut dengan Tunnel of Love (Terowongan Cinta).

Kata masyarakat setempat, jika pasangan memiliki keinginan yang tulus dan datang ke tempat ini, kengininannya akan segera terwujudloh. Mau coba romansa di terowongan ini?

9. Salar de Uyuni, Bolivia

Salar de Uyuni di Bolivia, Amerika Selatan via upload.wikimedia.org

Tempat dimana Anda dapat membuat eksperimen foto tanpa photoshop! via upload.wikimedia.org

Foto – foto seperti ini lho! via upload.wikimedia.org

Salar de Uyuni telah tercipta lebih dari 40.000 tahun yang lalu dan merupakan dataran garam terluas yang ada di dunia yakni sekitar 10.582 km2, letaknya sendiri berada di 3650 m di atas permukaan laut.

Saat danau ini mengering, terciptalah dua danau yakni Danau Poopo dan Danau Uru – Uru, serta dua gurun garam terbesar yakni Salar de Coipasa serta Salar de Uyuni.

Saat yang paling asyik untuk mengunjungi Salar de Uyuni ini sekitar bulan Maret dan April karena adanya genangan air yang dapat memantulkan langit secara sempurna dan meleburkan batas antara langit dan daratan. Sehingga jika ada yang ingin mencoba foto di atas awan dan tanpa bantuan Photoshop bisa langsung mencoba berfoto di Salar de Uyuni ini.

10. Gunung Tianzi, China

Gunung Tianzi yang mirip dengan Planet Pandora via latimesphoto.files.wordpress.com

Di gunung inilah raja Cina dulu melihat pemandangan via whitelion.wpengine.netdna-cdn.com

Pihak pengelola menambahkan patung Na’vi untuk menarik turis mancanegara via elviajero.elpais.com

Tempat inilah yang menginspirasi James Cameron untuk membuat film Avatar. Gunung Tianzi ini sendiri memiliki ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut yang membuatnya seolah terlihat melayang. Tempat yang sudah masuk dalam daftar UNESCO ini ternyata dulunya adalah tempat favorit raja Cina untuk melihat pemandangan! Yuk foto sama Na’vi!

12. Para Penjaga Arktik

Para penjaga dari kutub utara via www.ouestbateaux.com

Penjaga – penjaga ini sebenarnya adalah pohon – pohon yang tertutup oleh es via photogrist.com

Suhu yang ada di tempat ini kira – kira adalah -40 hingga -15 derajat via photogrist.com

Para penjaga kutub utara via whenonearth.net

Para penjaga dari Kutub Utara ini sebenarnya adalah pepohonan yang tertutub dengan salju dengan suhu berkisar -40 hingga -15 derajat. Bentuknya menjulang membuatnya terlihat seperti para penjaga yang sedang siap siaga. Unik ya?!

13. Gua Reed Flute, Guilin, China

Gua ini telah terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu via snarkecards.net

Lampu – lampu ditambahkan untuk menambah daya tarik gua via www.shedexpedition.com

Oleh penduduk setempat gua ini dijuluki dengan Istana Seni Alam via raredelights.com

Setiap bagian dari gua ini asli terbentuk oleh alam via www.topguilintravel.com

Gua Reed Flute merupakan gua dengan panjang 240 meter yang penuh dengan stalaktit dan stalagmit alami yang sangat indah. Di dalam gua ini ternyata ada lebih dari 70 prasasti yang ditulis dengan tinta dan dibuat sekitar tahun 618-907 masehi saat Dinasti Tang berkuasa. Makan malam atau bulan madu di sini asik kali ya?!

14. Antelope Canyon, Arizona, Amerika Serikat

Kontur bergelombang yang terbentuk secara alami via tambahinfo.files.wordpress.com

Dinding vertikal canyon ini mampu untuk warna mengubah sinar matahari via verbaliststravel.files.wordpress.com

Antelope Canyon terbentuk karena air yang mengalir deras melalui celah-celah sempit dalam waktu yang sangat lama. Dinding – dinding canyon ini mampu mengubah warna pantulan sinar matahari, menjadi warna oranye atau warna merah. Keren!

15. Air Terjun Bigar, Rumania

Air terjun tercantik di dunia via nexttriptourism.com

Saking cantiknya, air terjun ini sering disebut dengan air terjun negeri dongeng via d5rqih8onvnu8.cloudfront.net

Aliran airnya bagaikan bercahaya! via nexttriptourism.com

Air terjun Bigar pada dasarnya adalah sebuah tebing yang dialiri mata air, namun uniknya adalah tebing tersebut menjorok ke luar. Air terjun ini sendiri berada di dalam kawasan cagar alam Izvorul Bigar di Bozovici, bagian sebelah barat Rumania.

Tebing ini terlihat seperti melayang, sedangkan arus air dan alirannya terlihat seperti jubah dan bercahaya menambah kecantikan dari air terjun ini. Saking cantiknya, situs The Huffington Post menyebutnya sebagai air terjun di Negeri Dongeng. Nah, yang ingin jalan – jalan ke Negeri Dongeng bisa ke sini nih!

16. Sumber Air Panas Grand Prismatic

Sumber air panas Grand Prismatic via photography.nationalgeographic.com

Merupakan sumber air panas terbesar ketiga di dunia via home.comcast.net

Sumber air panas ini terletak di Taman Nasional Yellowpark via p1.pichost.me

Sumber air panas Grand Prismatic ini mempunyai luas sekitar 75 meter x 91 meter dengan kedalaman kurang lebih 49 meter dan bersuhu 71 derajat celsius. Ganggang dan pigmen bakteri yang bertambah besar sekitar pinggir air menyebabkan warna air yang berubah – ubah mulai dari hijau, merah cemerlang hingga jingga pada sumber air panas terbesar ketiga di dunia ini. Dari jauh seperti lukisan matahari warna biru ya?!

17. Deadvlei, Namibia

Ini bukan lukisan realis lho!

Deadvlei, Namibia via dellabella.ch

Deadvlei di Namibia ini adalah jajaran pohon – pohon yang telah mati. Pohon – pohon ini awalnya adalah hutan namun perubahan iklim telah membunuh semua vegetasi dan kehidupan yang ada di sini. Ajaib!

18. Socotra, Yaman

Pemandangan aneh yang ada di pulau Socotra via media.npr.org

Karena keunikannya, pulau ini berstatus dilindungi via nexttriptourism.com

Tumbuh – tumbuhan yang ada di sini hanya dapat ditemukan di pulau ini via frantisekzvardon.com

Pulau Socotra bisa jadi adalah pulau yang paling unik di bumi. Karena terisolasi sekian lama tumbuh – tumbuhan yang ada di pulau ini tidak akan bisa ditemukan di tempat lain. Jumlah tumbuhan dan hewan endemik yang ada di pulau ini tercatat ada sebanyak 700 spesies. Seperti bukan di bumi deh!

19. Danau Hilier, Australia

Ganggang dan bakteri telah mengubah warna danau ini menjadi pink via snarkecards.net

Danau Hilier, Australia via exotic-place.com

Danau ini menjadi unik karena warna air yang ada di danau ini. Warna pink cerah yang terbentuk di danau Hilier ini berasal dari ganggang serta bakteri yang di sekitar danau ini.

20. Sumber Air Panas Pamukkale, Turki

Sumber air panas Pamukkale via scetizwisata.files.wordpress.com

Saat musin dingin, air panas di sini tidak membeku via p.twimg.com

Pamukkale terbentuk akibat gempa bumi besar yang terjadi di Turki ribuan tahun silam yang membuatnya menjadi sumber air panas. Sumber air panas ini dilapisi dengan batu kapur. Yang mau berendam di kolam air panas nan unik, bisa mampir nih ke sini.

21. Sungai Cano Cristale, Colombia

Sungai Cano Crystales, Colombia

Karena kaya flora dan fauna sungai ini terlihat berwarna – warni via i.imgur.com

Sungai Cano Crystales di Columbia ini adalah sungai yang paling indah di dunia. Sungai ini terlihat berwarna – warni yang disebabkan oleh banyaknya flora serta fauna yang ada di sungai ini, dan bertambah unik lagi setelah diketahui bahwa bebatuan yang ada di sungai ini telah berusia 1,2 juta tahun! Wow!

22. Gua Patagonia Marble, Chile

Gua Patagonia Marble, Chile via i.imgur.com

Gua yang terbentuk selama ribuan tahun yang lalu ini bermula dari ombak yang menabrak bebatuan kapur. Dinding – dinding gua ini membentuk pola yang mencerminkan arus saat pembentukannya.

24. Fly Gleyser, Nevada

Fly Gleyser, Nevada via i.imgur.com

Fly Gleyser di Nevada ini terbentuk secara tidak sengaja karena adanya pengeboran sumur. Namun, ternyata mineral dan gangang mulai membentuk gundukan yang berbentuk seperti alien ini. Bagusnyaa!

25. Air Terjun Bawah Laut, Pulau Mauritius

Air Terjun Bawah Laut via i.imgur.com

Arus air laut yang kuat telah menyapu butir – butir pasir di pulau Mauritania dan membuatnya terlihat seperti air terjun yang berada di bawah permukaan laut. Mengagumkan!

26. Danau Kelimutu, Indonesia

Kebanggaan kita! via www.travelonfoto.com

Sunrise di Kelimutu via pierdiaz.files.wordpress.com

Kawah – kawah kelimutu via www.travelonfoto.com

Ada lagi tempat ajaib di Negara kita sendiri. Mari kita menuju ke Indonesia bagian timur, tepatnya di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Ketiga danau ini memiliki luas sebesar 1.051.000 m2 dan bervolume 1.292 juta meter kubik.

Danau yang berwarna biru (Tiwu Nuwa Muri Koo Fai) dianggap sebagai tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi.Danau yang berwarna merah (Tiwu Ata Polo) dianggap sebagai tempat berkumpulnya jiwa – jiwa jahat. Danau yang berwarna putih (Tiwu Ata Mbupu) merupakan tempat berkumpulnya jiwa orang – orang tua.

Mitosnya perubahan warna pada Danau Kelimutu, berarti akan terjadi peristiwa besar. Hal seperti ini sempat terjadi pada tahun 1992, pada saat itu warna danau Kelimutu berubah dan terjadi gempa bumi yang menelan ribuan korban.

Mitos, percaya enggak percaya ya, tapi Danau Kelimutu tetaplah membanggakan. Mengapa? Karena dimana lagi kita bisa melihat tiga danau yang saling berdekatan dan memiliki warna yang berbeda dan mampu berubah – ubah?