Pengen mencicipi citarasa asli Jogja? Gudeg adalah makanan yang wajib dicoba. Terbuat dari buah nangka muda yang dimasak bersama santan, gudeg terkenal karena rasa manisnya yang legit. Biasanya gudeg dimakan bersama sambal krecek yang terbuat dari potongan kulit sapi. Supaya makin lengkap, bisa juga ditambah lauk-pauk seperti telur dan daging ayam.

Namun tahukah kamu, sebetulnya ada berbagai jenis gudeg di Yogyakarta. Bukan cuma gudeg manis yang selama ini banyak dikenal, ada berbagai macam gudeg lain yang memiliki beragama cita rasa. Dari gudeg yang gurih, pedas membara, sampai unik banget, semua ada lo. Nah, supaya kamu nggak bingung, berikut ini Hipwee Travel menyajikan sejumlah tempat makan gudeg beserta alamat, harga, dan informasi lainnya.

1. Sensasi gudeg kering yang lezat sanggup menggoyang lidah. Bisa awet lebih lama dan cocok banget untuk jadi oleh-oleh

Gudeg kering di Yogyakarta via www.hipwee.com

Advertisement

Sesuai namanya, gudeg kering disajikan dalam keadaan kering tanpa kuah areh. Rasanya lebih manis karena dimasak berjam-jam sampai kuahnya surut dan bumbunya meresap. Gudeg ini bisa dijadikan oleh-oleh karena tahan 24 jam tanpa dimasukkan kulkas. Berikut ini adalah beberapa tempat makan gudeg kering paling legendaris di Yogyakarta:

GUDEG YU DJUM
Inilah salah satu warung makan gudeg paling populer di Jogja! Selain dimakan langsung, bisa juga dibungkus dalam kemasan besek (wadah dari anyaman bambu) dan kendil (periuk). Saat ini sudah ada sejumlah cabang di Jalan Kaliurang, Jalan Adisucipto, Wates, Wonosari, dan lain-lain.

– Alamat warung pusat: Karangasem mBarek CT III/22, Jalan Kaliurang km. 4,5 Yogyakarta
– Jam buka: 05.00 – 19.00 WIB
– Harga per porsi: Rp11.000 – Rp45.000

Advertisement

GUDEG YU NARNI
Rasa gudeg Yu Narni nggak terlalu manis dan sedikit asin. Dengan tambahan berbagai bumbu, gudeg kering ini awet seharian dalam suhu ruangan. Saat ini sudah ada beberapa cabang yaitu di Jl. Kaliurang, Jl. Monjali, di sebelah utara Tugu Jogja, dan di Jl. Magelang Km 11.

– Alamat: Jalan Kaliurang Km 4,5 Karang Asem CT III / 19 (Utara Gedung Pusat UGM)
– Jam buka: 05.30 – 19.30 WIB
– Harga per porsi: Rp10.000 – Rp30.000

GUDEG MBAREK BU HJ. AMAD
Buka sejak pagi hari, Gudeg Bu Hj. Amad bisa menjadi tempat sarapan yang enak. Hanya dengan belasan ribu, kamu bisa menikmati sepiring nasi hangat lengkap dengan gudeg nangka, sambal krecek dan tempe, serta berbagai lauk seperti telur dan daging ayam. Nikmat!

– Alamat: Jalan Kaliurang Km 5 (Utara Gedung Pusat UGM) Yogyakarta
– Jam buka: 05.30 – 22.00 WIB
– Harga per porsi: Rp13.000 – Rp43.000

2. Dengan tambahan kuah, gudeg basah jadi semakin nikmat. Rasa manisnya pun berkurang dan bisa lebih diterima orang-orang dari luar Yogyakarta

Gudeg basah di Yogyakarta via www.hipwee.com

Gudeg basah adalah jenis gudeg yang paling populer dan gampang dijumpai di Yogyakarta. Dengan tambahan kuah areh atau santan yang kental, sepiring gudeg jadi terasa makin nikmat. Bahkan bisa dimakan bersama bubur untuk sarapan! Berikut ini adalah beberapa tempat terkenal yang menjual gudeg basah di Yogyakarta:

GUDEG SAGAN
Bosan makan gudeg pakai nasi? Di Gudeg Sagan, kamu bisa mengganti nasi dengan bubur. Sensasinya jadi berbeda, tapi tetap nikmat. Enak banget deh saat kuah gudeg yang gurih bercampur dengan bubur yang lembut di lidah.

– Alamat: Jl. Prof. Herman Yohanes, Caturtunggal, Depok, Sleman
– Jam buka: 09.00 – 00.00 WIB
– Harga per porsi: Rp9.000 – Rp16.000

GUDEG PAWON
Pengen menikmati suasana malam Jogja? Di Rumah Makan Gudeg Pawon, kamu bisa melakukannya sambil makan sepiring gudeg yang enak. Lokasi tempat ini memang agak terpencil dan sempit, tapi gudeg basahnya adalah salah satu yang paling legendaris di kota ini.

– Alamat: Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta
– Jam buka: 21.30 – 00.00 WIB
– Harga per porsi: Rp11.000 – Rp24.000

GUDEG PERMATA
Kalau kamu suka gudeg basah, cobalah makan di Gudeg Permata Bu Pujo. Biasanya penjual di sana bakal menuangkan kuah areh dalam jumlah banyak. Dengan paduan berbagai lauk seperti telur dan tempe bacem, jadi makin asyik untuk kulineran malam di Jogja.

– Alamat: Jalan Gajah Mada, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta
– Jam buka: 21.00 – 02.00 WIB
– Harga per porsi: belasan ribu sampai 20 ribuan

3. Gudeg mercon yang ditambahi cabai rawit cocok untukmu yang suka makanan pedas. Dijamin puas dan keringatan saat menyantapnya

Gudeg mercon di Yogyakarta via www.hipwee.com

Siapa bilang gudeg harus manis? Gudeg mercon cocok untuk orang-orang yang suka rasa pedas menggigit. Dengan taburan banyak cabai rawit, gudeg ini bisa membuatmu kepedasan sekaligus ketagihan. Nikmat banget! Berikut ini adalah tempat yang menjual gudeg mercon:

GUDEG MERCON BU TINAH
Kalau kamu sering kelaparan malam-malam, Gudeg Mercon Bu Tinah bisa jadi solusi yang sedap dan mengenyangkan. Warung lesehan ini menyediakan sepiring gudeg pedas dengan berbagai lauk seperti ceker goreng tepung, sate ayam, dan masih banyak lagi.

– Alamat: Jalan Asem Gede No. 8, Cokrodiningratan, Jetis
– Jam buka: 21.00 – 01.00 WIB
– Harga per porsi: Rp15.000 – Rp25.000

GUDEG MERCON YU YAM
Sepiring gudeg mercon yang pedas bisa kamu nikmati malam-malam di tempat ini. Ada juga berbagai olahan oseng mercon seperti mercon usus, mercon kikil, dan masih banyak lagi. Warung ini juga menjual bubur yang cocok untuk sarapan di pagi buta.

– Alamat: Jalan Magelang No. 120, Kutu Asem, Sinduadi, Mlati, Sleman
– Jam buka: 23.00 – 04.00 WIB
– Harga per porsi: belasan ribu sampai 20 ribuan

4. Mau gudeg yang tahan lama untuk dikirim ke luar kota? Beli aja gudeg kaleng, bisa tahan sampai 1 tahun!

Gudeg kaleng di Yogyakarta via www.hipwee.com

Dikemas dalam bentuk kaleng berdesain modern, jenis gudeg ini cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh. Rasanya memang nggak sesegar gudeg biasa, tetapi gudeg kaleng bisa tahan sampai 1 tahun lo! Berikut ini adalah tempat-tempat yang menjual gudeg kaleng:

GUDEG BU TJITRO
Selain menjual gudeg segar yang biasa, Gudeg Bu Tjitro juga menjualnya dalam bentuk kalengan. Satu kaleng seberat 265 gram bisa dibagi menjadi 2-3 porsi. Rasanya hampir sama seperti gudeg yang biasa. Cukup dipanaskan selama 5 menit sebelum dimakan.

– Alamat: Jalan Janti No.330, Modalan, Banguntapan, Bantul
– Jam buka: 08.00 – 22.00 WIB
– Harga per kaleng: Rp29.000 – Rp32.000 (265 gram)

GUDEG BU LIES
Terletak di sentral gudeg Wijilan, tempat ini menjual gudeg biasa sekaligus gudeg kalengan. Untuk gudeg kaleng, menunya adalah gudeg kaleng telur tahu, gudeg oseng-oseng mercon, gudeg vegetarian, dan masih banyak lagi. Cocok deh buat oleh-oleh!

– Alamat: Jalan Wijilan No. 5, Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta
– Jam buka: 05.00 – 22.00 WIB
– Harga per kaleng: Rp30.000 – Rp 40.000

5. Bosan dengan jenis gudeg yang biasa? Coba deh yang lebih unik seperti gudeg manggar, gudeg nyemek, dan gudeg koyor

Gudeg unik di Yogyakarta via www.hipwee.com

Ternyata gudeg nggak hanya terbuat dari buah nangka muda. Ada berbagai variasi lain yang lezat lo! Contohnya adalah gudeg manggar, gudeg koyor, gudeg nyemek (berkuah dan teksturnya lembek), gudeg ceker, gudeg pecel, dan lain-lain. Berikut ini adalah tempat makan yang menjual gudeg unik nan lezat:

GUDEG MANGGAR BU JUMILAN
Terbuat dari bunga kelapa, tekstur gudeg manggar lebih kasar daripada gudeg biasa. Gudeg ini aman bagi penderita maag karena nggak mengandung gas, rasanya pun nggak terlalu manis. Gudeg Manggar Bu Jumilan juga gampang dicari karena terletak di sebelah pasar.

– Alamat: Jalan Srandakan Km. 8 Mangiran, Trimurti, Srandakan, Bantul
– Jam buka: 05.00 – 14.00 WIB
– Harga per porsi: Rp8.000 sampai 20 ribuan

GUDEG CEKER DAN KOYOR BU SUM
Tempat ini menjual dua jenis gudeg yang unik, yaitu gudeg ceker dan gudeg koyor. Sesuai namanya, gudeg ceker ditambahi lauk kaki ayam yang kenyal. Sedangkan gudeg koyor ditambahi urat daging sapi yang gurih. Bikin ketagihan deh!

– Alamat: Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta
– Jam buka: 18.30 – 01.00 WIB
– Harga per porsi: Rp15.000 – Rp20.000

Itulah deretan tempat makan di Yogyakarta yang menjual gudeg. Ternyata menu dan harganya bervariasi banget ya! Tinggal pilih yang sesuai dengan keinginanmu. Ingat, kamu belum sah tinggal atau liburan di Jogja kalau belum mencicipi gudeg~

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya