9 Jenis Penginapan yang Namanya Masih Cukup Asing. Ada Guesthouse, Resort, Cottage, dan Lain-lain

Jenis penginapan

Saat liburan ke luar kota maupun staycation, biasanya kita membutuhkan tempat untuk menginap. Ada berbagai jenis penginapan yang bisa dipilih sesuai bujet dan kebutuhan. Yang paling sering digunakan adalah hotel dan hostel. Tetapi, apa kamu tahu jenis-jenis penginapan lain yang namanya masih cukup asing di telinga? Mungkin kamu belum mengenalnya dan belum pernah mencobanya sampai sekarang. Padahal bisa dijadikan tempat menginap yang asyik lo!

Advertisement

Yuk simak berbagai jenis penginapan yang bisa kamu pilih. Ada yang murah karena menyediakan fasilitas standar, ada juga yang relatif mahal karena fasilitasnya lebih lengkap. Berikut ini perbandingannya~

1. Guesthouse menawarkan suasana kekeluargaan karena kamu bisa tinggal bersama pemiliknya. Jadi bisa merasakan hidup ala warga lokal

Guesthouse yang nyaman via www.misteraladin.com

Biasanya guesthouse dijalankan secara kekeluargaan dan lebih tradisional. Kamu bakal tinggal dengan pemiliknya sehingga bisa merasakan gaya hidup ala warga lokal. Desain kamar tidur dan sarapan di guesthouse juga terkesan lebih homey.

2. Sesuai namanya, Bed & Breakfast menyediakan tempat menginap sekaligus sarapan. Tempatnya relatif sederhana

Bed & Breakfast yang praktis via www.agoda.com

Biasanya Bed & Breakfast bertempat di sebuah rumah yang ditata dengan apik. Jadi suasananya hangat dan nyaman. Berbeda dengan guesthouse, Bed & Breakfast menyediakan pelayanan yang lebih profesional. Tempat tidur dan sarapannya menggunakan konsep hotel sehingga kamu bisa merasa lebih dimanjakan di sini.

Advertisement

3. Resort mempunyai standar layaknya hotel, tetapi fasilitas rekreasinya lebih lengkap. Jadi terasa liburan banget nih!

Kemewahan resort via www.booking.com

Biasanya resort dibangun di lokasi wisata seperti pantai atau pegunungan. Standar penginapannya kurang lebih sama seperti hotel. Yang membedakan, resort mempunyai fasilitas rekreasi yang sangat banyak dan lengkap. Kemewahan itu membuat harga resort lebih mahal dari hotel.

4. Mau liburan ramai-ramai bersama keluarga atau teman? Villa adalah pilihan yang tepat karena kamu bisa menyewa satu rumah sekaligus

Villa di pegunungan via thevillas100.com

Biasanya jenis penginapan ini terletak di pegunungan atau pantai. Bedanya dengan resort, villa bersifat lebih privat dan jauh dari keramaian. Villa berbentuk rumah dengan satu kamar tidur atau lebih, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, bahkan kolam renang. Cocok banget nih untuk menginap bersama keluarga atau rombongan teman!

5. Kalau memilih cottage, kita bisa merasakan sensasi menginap di pondok kecil. Suasananya juga tenang dan nyaman

Cottage yang unik via www.booking.com

Cottage biasanya berbentuk pondok-pondok kecil yang dibangun secara terpisah. Jadi kamu dan teman liburanmu bisa menempati satu pondok sendiri. Biasanya cottage dibangun di kawasan yang indah dan sepi sehingga pengunjung bisa liburan dengan tenang. Nggak heran kalau bujet untuk menginap di cottage lebih tinggi dibandingkan hotel.

Advertisement

6. Bungalow mempunyai konsep yang mirip dengan cottage. Perbedaannya terletak pada bagian dalam bangunan

Bungalow sederhana via www.booking.com

Jenis penginapan ini mempunyai konsep yang sederhana dan tradisional. Lalu apa bedanya dengan cottage? Biasanya bungalow terdiri dari bangunan tunggal tanpa sekat di dalamnya. Tersedia area teras yang cukup luas untuk beristirahat dan berbincang-bincang. Sedangkan harga sewanya nggak berbeda jauh dengan cottage.

7. Mau menginap dengan dana terbatas? Kamu bisa memilih budget hotel yang menawarkan harga lebih murah

Budget hotel yang standar via www.makemytrip.com

Berbeda dengan hotel pada umumnya, budget hotel hanya menyediakan layanan mendasar. Kamarnya bisa hanya terdiri dari tempat tidur dan kamar mandi, bahkan terkadang tanpa AC maupun TV. Sedangkan fasilitas yang cukup mewah seperti mini bar dan safe deposit box sudah tentu nggak ada. Karena itulah budget hotel menawarkan harga yang rendah.

8. Boutique hotel menawarkan tema dan desain yang unik. Bisa jadi latar belakang foto yang menarik nih

Boutique hotel bertema tumbuh-tumbuhan via www.agoda.com

Boutique hotel bukanlah hotel yang mempunyai butik di dalamnya. Tetapi, boutique hotel adalah jenis hotel yang mempunyai desain out of the box. Misalnya hotel bertema ramah lingkungan yang dipenuhi tanaman. Ada pula berbagai fasilitas seperti kolam renang, spa, kelas yoga, dan kelas seni yang bisa dieksplorasi oleh para tamu.

9. Berbeda dengan apartemen biasa, aparthotel mempunyai standar pelayanan seperti di hotel. Jadi kamu bakal dimanjakan di sini

Fasilitas di aparthotel via all.accor.com

Aparthotel menggabungkan konsep apartemen dan hotel. Ada bagian resepsionis layaknya hotel biasa. Barang-barang milik tamu bisa diantar petugas, kamarnya dibersihkan oleh cleaning service, dan pengunjung bakal disediakan sarapan. Selain dipilih traveler, jenis penginapan ini juga dipilih oleh para pebisnis untuk ditinggali dalam jangka waktu lama.

Itulah berbagai jenis penginapan yang namanya masih cukup asing didengar. Supaya nggak salah pilih, pastikan kamu memahami perbedaannya ya. Sesuaikan aja pilihanmu dengan bujet dan fasilitas yang dibutuhkan~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE