3 Kawasan Pecinan di Jabodetabek yang Jadi Surganya Kuliner. Wajib Banget Cobain!

Kawasan pecinan Jabodetabek

Kawasan pecinan memang selalu berhasil menarik perhatian para pegiat wisata karena biasanya kawasan ini memiliki beragam ornamen berwarna merah yang khas dengan budaya Tionghoa. Saat ini, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Singkawang untuk melihat kampung Cina karena di daerah Jabodetabek juga terdapat beberapa kawasan pecinan yang jadi surga kuliner. Bahkan ada yang sudah berjualan sebelum Indonesia merdeka lo! Sangat legendaris, bukan? Nah, daripada penasaran, yuk langsung aja simak ulasan Hipwee Travel berikut ini~

Pertama, kamu bisa mengunjungi kawasan pecinan di daerah Glodok, Jakarta Barat yang memiliki kedai kopi legendaris

Advertisement

Nama Glodok sepertinya sudah nggak asing di telinga kita karena kawasan ini sangat lekat dengan budaya khas Tionghoa. Kawasan pecinan ini terletak di Jalan Kemenangan Raya No.40, Glodok, Jakarta Barat. Kawasan ini nggak hanya terkenal karena bangunan yang punya arsitektur khas Cina saja lo, tapi juga menyimpan segudang kuliner legendaris yang patut kamu coba. Pecinan Glodok terbagi menjadi beberapa spot mulai dari Pasar Petak Sembilan, Gang Tian Liong, dan Gang Gloria.

Tenang, di sini, semua tetap bisa icip-icip karena kulinernya terdiri dari makanan halal dan non halal. Kamu bisa coba beragam kuliner seperti Bakmi Amoy yang punya beragam isian, Siomay Lim Asiung yang besar-besar, Soto Betawi Afung, Nasi Ulam Khas Betawi H. Nana, hingga Rujak Shanghai. Setelah kenyang mencicipi aneka makanan, saatnya beralih ke minuman yang nggak kalah legendaris.

Advertisement

Kamu bisa mengunjungi kedai Kopi Es Tak Kie yang sangat terkenal dan legendaris. Selain itu, kamu juga bisa membeli kue keranjang, camilan, serta aneka kue dan permen di dalam Pasar Petak Sembilan. Paket lengkap, bukan?

Selanjutnya, kamu bisa berkeliling di kawasan Pasar Lama Tangerang untuk menjajal beragam kuliner kaki lima

Advertisement

Kawasan pecinan di daerah Tangerang ini terletak di Jalan Kisamaun, Pasar Lama, Tangerang, Banten. Surga kuliner yang satu ini biasanya ramai mulai sore hingga malam hari. Kalau kamu sedang berada di daerah Tangerang, kamu bisa mencoba beberapa kuliner yang menggiurkan seperti dari Sate ayam H. Ishak yang sangat terkenal, Serabi hijau dengan pilihan saus pandan dan duren, Bubur Ayam Ko Iyo yang sudah ada sejak tahun 1966, dan Bubur & Bakmi Kepiting Hokie.

Setelah puas mencicipi makanan, kamu bisa mencoba beberapa minuman yang menyegarkan sepeti Es Podeng Varia dan Kopi Kong Djie yang sudah ada sejak tahun 1943. Selain makanan dan minuman di atas, kamu juga bisa mencoba beragam jajanan ringan seperti siomay, dimsum, dan masih banyak lagi.

Melipir dari Jakarta, kamu juga bisa mengunjungi Jalan Suryakencana di Kota Bogor yang menjadi kawasan pecinan

Kawasan pecinan di Kota Bogor ini biasanya akan dipadati pengunjung saat perayaan Cap Go Meh. Banyak sekali pertunjukan khas budaya Tionghoa seperti Barong Sai. Bangunan ruko dan pertokoan di sepanjang Jalan Suryakencana juga masih kental dengan nuansa Cina. Selain terkenal dengan nuansa Tionghoa, jalan ini juga terkenal dengan beragam kulinernya.

Kamu bisa coba Martabak Encek yang dimasak menggunakan arang, lalu ada Lumpia Basah Gang Aut yang isiannya beragam, Bakso Kikil Pak Jaka, Jagung Bakar Pak Subur, dan juga Nasi Goreng Guan Tjo. Mencicipi makanan rasanya akan kurang lengkap kalau nggak diimbangi dengan beberapa minuman yang menyegarkan. Kamu bisa coba Es Pala Pak Ujang dan Bir Kotjok Abah yang sudah ada sejak tahun 1965. Wah, legendaris semua, ya?

Nah itu dia SoHip beberapa kuliner yang bisa kamu coba kalau sedang berada di kawasan pecinan di Jabodetabek. Karena saat ini masih pandemi, kamu juga harus tetap memerhatikan protokol kesehatan ya! Kira-kira kamu mau kulineran di tempat yang mana, nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE