Well, banyak orang punya mimpi pengen bisa keliling dunia tapi nggak tau harus gimana dan mulai dari mana. Nah, daripada bingung, mungkin kamu bisa mulai dari keliling Asia Tenggara dulu.

Pasalnya, buat keliling Asia Tenggara kamu nggak akan terlalu ribet soal transportasi. Letak negaranya yang berdekatan atau dalam satu pulau sangat memungkinkan buat naik mobil pribadi atau transportasi umum. Mau tau kamu bisa kemana aja?

1. Malaysia

Bukit Bintang – Kuala Lumpur

bukit bintang, kuala lumpur via www.xcelhotelrajachulan.com

Yup, perjalanan di Malaysia bisa dimulai dari kota yang biasa disebut KL (Kuala Lumpur). Ibu kota negara Malaysia ini emang populer banget di kalangan wisatawan. Di Kuala Lumpur, modernitas berpadu apik dengan nilai-nilai tradisional. Kamu juga bisa ketemu turis dari berbagai negara, mulai dari Indonesia, Cina, Arab, sampai  Inggris dan Amerika ada di sini.

Cameron Highland – Pahang

liburan santai di cameron highland via www.kiwicollection.com

Advertisement

Bosen dengan hiburan ala kota besar, kamu bisa bersiap menikmati udara dingin khas pegunungan di Cameron Highland, Pahang. Bukit berkelok-kelok, resort mewah, kebun teh dan stroberi cocok banget buat kamu yang pengen liburan santai dan jauh dari hiruk-pikuk kota besar.

2. Thailand

Khao San Road – Bangkok

khao san road, bangkok via www.travelandescape.ca

Sedikit berbeda dengan Malaysia, Thailand emang punya sensasi eksotis yang luar biasa. Selain alamnya yang indah banget, detel tradisional dari negara ini juga sayang banget kalau nggak di eksplore. Tapi, bosen nggak sih sama Bangkok?

Pai Town

kota pai di thailand via www.bohemiantravelers.com

Cobain deh traveling ke kota Pai yang letaknya di bagian Utara Thailand dan deket banget sama Myanmar ini. Asal tau aja nih, kota Pai ternyata masih lumayan sepi pengunjung. Jadi, bukan hal mustahil kamu bakal nemu hotel atau restoran yang murah meriah.

Similan Island

similan island via www.similan.net

Kalau yang ini namanya Similan Island. Letaknya di wilayah Laut Andaman dan cocok banget buat kamu penyuka wisata air. Di sini, kamu nggak boleh melewatkan kesempatan buat diving dan melihat keindahan bawah lautnya Thailand lho!

Krabi

krabi punya laut dan pantai yang luar biasa via www.hoteltrip.com

Nah, kalau udah bosen sama Similan Island, bisa juga pindah ke pantai-pantai lainnya di wilayah Utara Thailand, mungkin Khao Lak atau Krabi bisa jadi pilihan kamu. Mau ketemu gajah, rafting, belanja di pasar tradisional, atau mancing, bisa banget guys!

3. Laos

Luang Prabang

luang prabang, laos via www.mensjournal.com

Traveling ke negara ini, maka kamu akan merasakan sensasi unik, seperti menikmati warna-warni khas Laos. Luang Prabang misalnya, adalah tempat dimana kamu bisa bertemu para biksu, mengagumi keindahan arsitektur kuil-kuil Budha lengkap dengan aroma dupa dijamin bikin kamu terpesona.

Phon Savan

plain of jars di phon savan via refractoryroad.com

Laos juga punya Phon Savan (bukit surga), sebuah area pedesan dengan sedikit penduduk di provinsi Xiangkhoang. Di sini kamu bisa liat bukit-bukit hijau dan hutan cemara. Buat yang tertarik jadi arkeolog, bisa menikmati peninggalan zaman Megalitikum yang punya nama Plain of Jars.

Pha That Luang

pha that luang, vientiane via ellidaoflaira.blogspot.com

Vientiane, kota paling luas sekaligus ibu kota Laos ini berada di garis batas dan deket banget sama Thailand. Jika punya kesempatan traveling ke Vientiane, kamu bisa mengunjungi Buddha Park, landmark Pha That Luang, dan musem Ho Pra Keo.

Vang Vieng

vang vieng, laos via www.bestourism.com

Vang Vieng jadi salah satu kota wajib buat para turis. Lokasinya sekitar 4 jam perjalanan dengan bus dari pusat kota. Di sini kamu bisa liat keindahan sungai Nam Song yang dihiasi gugusan bukit. Vang Vieng bisa dibilang surganya para backpacker, guys! Berenang di sungai, kayak, atau keliling naik balon udara, bisa banget di sini!

4. Kamboja

Angkor Wat

angkor wat di kamboja via slimpaley.com

Yup, Angkor Wat udah pasti jadi tujuan pertama ketika liburan ke Kamboja. Peninggalan bersejarah ini dahulu ternyata adalah kuil Hindu yang kemudian berubah fungsi jadi kuil Budha. Cocok banget buat kamu yang tertarik sama wisata religi dan suka arsitektur kuno.

Central Market – Phnom Penh

phnom penh central market via www10.aeccafe.com

Tau nggak kalau jalanan di Phnom Penh, ibukota Kamboja itu nggak pakai nama tapi angka? Jadi, jangan heran ya kalau kamu traveling ke Phnom Penh dan liat banyak angka-angka di sana. Nah, buat yang mau beli oleh-oleh bisa langsung aja ke Central Market yang punya arsitektur bergaya kolonial dan jadi pusat belanja terbesar di Asia ini.

5. Myanmar

Putao – Kachin State

ada salju di putao, myanmar via www.luxuryprivatetravel.com

Doyan trekking dan pengen liat salju? Putao di Kachin State bisa jadi tujuan kamu, guys! Beberapa wilayah pegunungan di Putao bahkan tertutup salju hampir sepanjang tahun. Uniknya, Putao punya tumbuhan yang khas, yaitu anggrek hitam yang tumbuh alami.

Pantai Ngapali

ngapali beach in myanmar via www.myanmarleisuretravels.com

Untuk wisata pantainya, Myanmar punya Pantai Ngapali. Pantai ini termasuk yang masih alami dan belum banyak dikunjungi turis. Kamu pengen sepedaan atau berjemur di pantai? Boleh banget datang ke sini antara bulan Oktober sampai Mei.

6. Vietnam

Kota Tua Hoi An

kota tua hoi an, vietnam via www.vietnamtravelblog.org

Salah satu destinasi wisata di Vietnam yang wajib kamu kunjungi adalah Kota Tua Hoi An. Beberapa area di kota ini emang melarang sepeda dan motor, jadi dijamin bakal seru banget jalan kaki menjelajah Hoi An. Kamu bisa menikmati bangunan-bangunan kuno dengan arsitektur khas China. Yang pasti, jangan lupa bawa kamera deh!

Ha Long Bay

ha long bay, vietnam via exotic-place.com

Pengen menikmati wisata alam Vietnam, Halong Bay di wilayah Utara dan berbatasan dengan Cina nggak bakal mengecewakan. Sekitar 170km dari pusat kota Hanoi, kamu bisa naik mobil atau bus untuk sampai di teluk yang punya bukit-bukti karang ini.

Gimana, udah siap traveling keliling Asia Tenggara? Check tabunganmu sekarang, guys!