Bukan Banjarnegara ataupun Banjarmasin, tapi  Banjar yang ini merupakan kota otonom Jawa Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap. Kota yang mungkin jarang terdengar namanya, tapi ternyata kamu bisa menemukan beberapa tempat wisata yang tak kalah menarik. Secara kamu sendiri tahu kota-kota atau kabupaten di Jawa Barat selalu punya khas untuk tempat wisatanya, seperti curug atau situ, bahkan taman-tamannya juga.

Nah, kira-kira apa aja yang bisa kamu temui di kota yang disebut Banjar Patroman. Semoga aja kamu langsung penasaran, dan pengen main ke sana. Yuk simak!

1. Situ Mustika dengan jembatan gantungnya, wisata alam yang sederhana tapi mempesona

jembatan gantung situ mustika via www.instagram.com

Situ Mustika satu ini beda dari situ-situ lainnya yang cuma menawarkan wisata air pada umumnya. Sebab di tengan situ ada sebuah pulau kecil dan bagusnya lagi perairannya dikelilingi hutan jati rimbun. Tapi nggak hanya itu, situ yang terletak di desa Karang Panimbal, kecamatan Purwaharja atau terletak di kaki gunung Pemancar (Babakan) ini punya jembatan gantung yang instagramable.

Jembatan gantung yang membuat pemandangan sederhana situ menjadi lebih mempesona. Apalagi untuk masuk ke kawasan wisata situ ini terbilang sangat murah, sekitar Rp. 5 ribu. Di tambah kamu juga bisa menyewa perahu gowes untuk berkeliling situ, atau bagi pecinta alam saat akhir pekan kalian bisa lho kemping di situ ini.

2. Meski tak bernama, kolam di daerah Mandalare ini menyajikan pemandangan keren yang tak terkira

Advertisement

Tak bernama dengan batu cadasnya via www.instagram.com

Perairan ini memang tak cukup besar, tapi batu cadas yang menjulak bak tebing ini membuat kolam yang tak bernama ini punya daya tarik tersendiri. Nggak heran kalau banyak juga orang yang berwisata di sana, dan mengabadikan pemandangannya. Malahan ada juga yang menjadikan kolam yang terletak di daerah Mandalare ini sebagai lokasi foto untuk prawedding. Secara warna batu cadasnya sendiri membaur banget sama air kolam yang masih jernih.

Kalau kamu penasaran, udah langsung aja pergi ke desa Mandalare, sebuah desa di kecamatan Pataruman yang sebagian besar wilayahnya didominasi hutan dan perbukitan yang merupakan rangkaian dari Gunung Sawal. Kamu juga nggak perlu memikirkan tiket masuknya, nimati saja pemandangannya dan jangan lupa untuk terus menjaga keasriannya.

3. Taman Kota Lapang Bakti, ruang publik cantik untuk olahraga sekaligus nongkrong

wall climbing di Lapang Bakti via www.wisatakotabanjar.com

Seperti taman kota lainnya, Taman Kota Lapang Bakti Banjar pun gratis untuk dikunjungi oleh siapa aja. Sama-sama bisa jadi tempat nongkrong bareng teman atau keluarga. Tapi taman Lapang Bakti ini juga bisa untuk dijadikan tempat untuk berolahraga, di sana kamu akan menemukan lapangan volley, tenis, basket, sampai wall climbing yang soal keamananya udah pasti terjaga. Seru kan ya, nongkrong sekaligus olahraga, sehat fisik sehat juga pikiran. Hehehe

4. Banjar juga punya “dinding hijau” yang instagramable lho, namanya Dinding Hits Sumanding

sumanding via travelingyuk.com

Tembok yang ditumbuhi tanaman rambat hijau memang bukan sesuatu yang baru. Tapi tetap saja di kota yang kecil dan jarang terekspos ini kamu bisa lho nemuin “tembok hijau” yang instagramable. Tembok yang bisa kamu temui di lingkungan Sumanding, kelurahan Mekarsari, kecamatan Banjar, Kota Banjar, makanya tembok hijau ini biasanya disebut sebagai “Dinding Hist Sumanding” oleh para traveler yang sudah pernah ke sana. Yakin nggak mau coba lihat langsung? Yuk jalan-jalan!

5. Taman Cinta tempat nongkrong anak muda, kalau mau pacaran di sini juga bisa

Taman cinta katanya via www.harapanrakyat.com

Dari taman yang sporty dan fun, sekarang beranjak ke Taman Cinta yang katanya tempat nongrong favorit sekaligus destinasi pacaran untuk anak muda. Meski sayangnya, taman dengan pemandangan asri dan fasilitas cukup lengkap ini kondisinya kian hari seperti tak terawat. Banyak warga yang melihat aksi anak muda yang nggak cuma nongkrong tapi juga melakukan aksi corat-coret tembok dan perusakan lainnya. Padahal harusnya Taman Cinta bisa jadi salah satu aset warga Banjar yang merindukan ruang publik nyaman dan terawat.

6. Buat kamu yang nyalinya gede wijib nih main ke Situ leutik, katanya di sana kental sama “bau-bau” mistik. Hiiiii

situ leutik yang mistik via www.harapanrakyat.com

Meski masih dalam proses pembangunan untu wisata, Situ Leutik juga bisa kamu kunjungi sekarang. Kamu di sana bisa nongkrong sekaligus memancing langsung di situ, tapi jangan lupa untuk mematuhi peraturan yang ada untuk tak berbicara kata-kata kotor. Soalnya situ ini terkenal angker dan punya cerita-cerita mistis, salah satunya seperti kisah hantu cantik Jaenah. Buat kamu yang ngaku nyalinya gede, kayaknya wajib banget nih main ke Situ Leutik yang terletak di Dusun Pasirnagara dan Dusun Babakanpace, Desa Cibeureum, Kecamatan, Kota Banjar.

7. Masih yang berbau angker, ada Terowongan Binangun peninggalan Belanda yang dibangun di atas pemakanan cina

Peninggalan-peninggalan Belanda yang ada di Indonesia memang selalu menarik mata para pelancong, seperti halnya Terowongan Binangun yang terletak di sebelah selatan Kota Banjar, wilayah Desa Sukamukti, kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Terowongan dengan panjang 183 meter ini awalnya jalur lintasan kereta dari trayek Banjar-Cijulang, tapi kini sudah tak lagi terpakai dan terawat. Membuat terowongan yang punya nama lain sentiong karena katanya berdiri di atas pemakaman Cina ini jadi lebih angker.

Lagi-lagi cocok buat kamu yang suka penasaran sama hal-hal mistis wajib melancong ke terowongan ini. Kalau perlu nggak cuma melihat-lihat sisi luarnya, tapi menyusuri sisi dalamnya juga. Merasakan kegelapan di dalamnya, siapa tahu ada yang mau ngajak kenalan. Hehehe

8. Nah, kalau kamu nyari rest area yang bisa jadi tempat rekreasi juga, ada rest area Banjar atas

nongkrong dulu di rest area via wanawisatakita.wordpress.com

Buat kamu yang sedang melakukan perjalanan lewat gerbang utama jalur lintas selatan baik ke dan dari Jawa Tengah, Timur, Barat atau Banten perlu banget tahu bahkan mampir ke Rest Area Banjar Atas. Sebab tempat istirahat yang terletak di sisi Jalan Brigjen M. Iasya ini nggak cuma jadi tempat pelepas lelah, lapar dan dahaga, tapi tempat ini biasanya juga jadi tempat nongrong anak muda di hari biasa, sedangkan saat liburan tempat ini pun bisa ramai dadakan.

Rest Area Banjar Atas yang rimbun pepohonan serta warung-warung yang rapi berjajar ini jadi daya tarik utama orang untuk memutuskan beristirahat di sana. Terlibih lagi, warung-warung itu menjajakan kuliner khas Banjar. Hmmm kebayakankan istirahat ditempat seperti itu, bisa-bisa pengen balik lagi ke sana.

Bagaimana, tertarik buat jalan-jalan ke Banjar Patroman? Udah tenang aja suasana kota ini juga cukup sejuk kok buat refreshing secara jauh dari kota besar juga.