Kalau ditanya negara yang paling adidaya di dunia mungkin kamu semua akan berpikir Amerika Serikat atau China yang kini perlahan menguasai ekonomi dunia. Namun jika ditanya negara yang paling kuat hubungan diplomatiknya di dunia, tak lain jawabannya adalah Singapura. Pasalnya, paspor Singapura merupakan paspor terkuat di dunia. Wow, kok bisa ya negara sekecil Singapura punya paspor yang paling kuat di dunia?

Passport Index merilis ranking paspor terkuat di dunia dan secara mengejutkan bukan negara Eropa atau Amerika yang punya paspor terkuat. Untuk pertama kalinya, negara Asia yang bahkan penduduknya cuma 3,5 juta yang berpaspor, Singapura, kini bebas visa ke sebagian besar negara di dunia.

Passport Index mengeluarkan daftar terbarunya. Singapura menjadi negara dengan paspor terkuat di dunia. Apa sih keuntungannya?

paspor singapura via www.asiaone.com

Advertisement

Singapura menjadi negara dengan paspor terkuat dunia setelah Paraguay memberlakukan bebas visa kepada warga berpaspor Singapura. Hal ini berarti sudah ada 159 negara di dunia yang bisa didatangi tanpa mengurus visa maupun mengeluarkan biaya untuk masuk ke sana. Ini adalah bukti bahwa kebijakan politik luar negeri Singapura sangat bagus dan hubungan diplomatik negara ini ke luar cukup inklusif. Pantas saja paspor Singapura sering banget dicuri, hampir 7000 paspor dicuri tahun 2014 lalu. Saking kuatnya jadi bisa digunakan untuk kriminal.

Kabar baik tentunya buat traveler dari Singapura, mereka bisa bebas visa ke 159 negara di dunia lho. Repotnya ngurus visa dan bayar visa kaya traveler Indonesia nggak mereka rasakan. Mereka bisa traveling dengan nyaman ke berbagai negara. Tinggal datang saja, nunjukin paspornya dan masuk dengan leluasa. Bandingkan dengan kita yang masuk Singapura yang bebas visa saja harus masuk ruang investigasi karena kena random check. Apalagi ke negara yang nggak bebas visa. Dideportasi bukan hal baru deh bagi traveler Indonesia.

Di peringkat selanjutnya ada Jerman yang mempunyai bebas visa ke 158 negara. Amerika malah jeblok!

paspor amerika jeblok via cdn.yukepo.com

Berturut-turut di belakang Jerman ada Swedia dan Korea Selatan yang punya bebas visa ke 157 negara. Di peringkat ke empat ada banyak negara seperti Denmark, Finlandia, Italia, UK, Prancis, Spanyol, Norwegia, Jepang dengan bebas visa ke 156 negara. Sementara Amerika Serikat nyungsep ke peringkat 6 setelah beberapa negara menutup akses bebas visa bagi pemegang paspor AS seperti Turki dan Afrika Tengah. Hal ini terjadi sejak Donald Trump menjadi Presiden Amerika. Amerika sejajar dengan Kanada, Irlandia dan Malaysia. Bayangkan Malaysia saja bisa dapat bebas visa di 154 negara, sama seperti Amerika.

Bagaimana dengan Indonesia, berapa negara yang bisa diakses dengan paspor biru kebanggaan kita ini?

paspor indonesia via 2runaways.files.wordpress.com

Advertisement

Paspor Indonesia memang tidak sebanding dengan paspor Singapura. Kita cuma bisa masuk ke 63 negara dengan bebas visa. Selain 63 negara itu, kita harus  mengurus visa dan membayar dengan harga yang tidak murah. Jadi jangan heran kalau orang Indonesia lebih suka liburan ke ASEAN saja, karena semua negara ASEAN bisa didatangi tanpa mengurus visa. Tentu banyak traveler yang iri dengan paspor Malaysia (154 negara) atau Singapura (159 negara). Ya kita berharap saja semoga kekuatan paspor kita bisa setidaknya menguat menjadi bebas visa ke 100 negara. Kalau bagian ini sih kita percayakan kepada para pemimpin dan diplomat kita aja sih ya.

Selamat kepada Singapura yang punya paspor terkuat, tapi kita tetap bangga dengan paspor Indonesia. Bukan begitu, travelers?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya