Hadirkan Virtual Traveling yang Lebih Seru, Korea Tourism Organization Luncurkan Kampanye Global Melalui Platform Metaverse

Kampanye Come Play with Korea, K-VIBE Festa

Sektor pariwisata menjadi salah satu yang pertama terdampak pandemi. Ini karena hampir semua negara harus menutup akses penerbangan internasional sebagai gerbang kedatangan wisatawan, demi meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Kondisi ini pun memaksa pelaku industri pariwisata beradaptasi dengan kebiasaan baru untuk dapat tetap bertahan. Salah satu bentuk adaptasi tersebut adalah hadirnya virtual tour.

Advertisement

Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea merupakan salah satu pihak yang gencar menggelar virtual tour agar wisatawan dari berbagai dunia tetap bisa merasakan sensasi berlibur ke Korea dari tempat masing-masing. Terbaru, mereka menggandeng Korea Tourism Organization (KTO) untuk meluncurkan kampanye bertajuk “Come Play with Korea, K-VIBE Festa” melalui platform metaverse.

Kampanye “Come Play with Korea, K-VIBE Festa” hadirkan pengalaman liburan virtual yang baru

| dok. KTO

Kampanye ‘Come Play with Korea, K-VIBE Festa’ dirancang dan diluncurkan menggunakan platform metaverse pada extended reality (XR) untuk memberikan pengalaman berlibur yang baru. Kampanye ini diluncurkan juga untuk memperkenalkan fitur dan pesona unik dari setiap wilayah kepada pengunjung di seluruh dunia. Sebelumnya, Korea telah mendapatkan lebih banyak perhatian sejak peluncuran seri “Feel the Rhythm of Korea” pada tahun lalu.

Direktur Tim Pemasaran Merek KTO Choongsub Oh mengatakan kampanye ini bisa menjadi ekosistem baru untuk memberikan kesempatan kepada para pengunjung di dunia merasakan pengalaman mengunjungi Korea. Choongsub juga menilai peluncuran kampanye ini sekaligus menjadi kesempatan bagi Korea untuk menunjukkan diri sebagai pemimpin di pasar metaverse.

Advertisement

“Metaverse adalah ekosistem baru yang dapat mendobrak batas negara dan mewujudkan impian dan pengalaman semua orang. Melalui kampanye metaverse ini, kami dapat memberikan kesempatan kepada orang-orang di seluruh dunia untuk tenggelam dalam pengalaman baru perjalanan Korea dan impian mengunjungi Korea,” ujar Choongsub dalam keterangan tertulis, Rabu (24/11).

Teknologi extended reality (XR) menawarkan pengalaman traveling yang nyata kepada para pengunjung

Program virtual traveling yang bisa dipilih pengunjung | dok. KTO

Dalam kampanye kali ini, KTO platform metaverse dan teknologi extended reality (XR) menawarkan pengalaman traveling yang nyata kepada para pengunjung. Adapun pengalaman traveling baru ini dibagi menjadi beberapa program mulai dari K-Travelog, K-VIBE in ZEPETO, K-VIBE Concert dan juga K-Random Box.

Advertisement

Pada program K-Travelog, KTO akan memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk merasakan pengalaman menonton atraksi Korea yang dapat dipersonalisasi mulai dari wilayah Busan, Andong, Gyeongju, Daegu, Yangyang, Seoul, dan masih banyak lagi. Program ini telah dibuka sejak tanggal 16 November 2021 melalui situs resmi kvibefesta.com.

Menariknya, dalam kampanye ini pihak KTO juga akan menggunakan gambar pengunjung untuk membuat video perjalanan yang nantinya akan diberikan sebagai hadiah.

Dalam program K-VIBE in ZEPETO pengunjung diajak merasakan suasana kota Gyeongju yang menjadi wisata sejarah Kerajaan Silla. Di sini pengunjung dapat melihat atraksi populer seperti Jalan Hwangridan-gil dan Gyochon Hanok Village, atraksi bersejarah seperti Observatorium Cheomseongdae, Makam Cheonmachong, dan Paviliun Poseokjeong. Selain itu, spot populer seperti Hwangnam Bakery dan Yangji Dabang juga akan ditampilkan untuk mendukung pemilik usaha kecil dan memicu keingintahuan pengunjung.

Tak hanya itu, kampanye ‘Come Play with Korea, K-VIBE Festa’ juga akan menyelenggarakan konser K-VIBE yang diharapkan bisa menggambarkan keindahan Korea kepada seluruh pengunjung dari berbagai belahan dunia. Konser ini akan diadakan pada bulan Desember dan disiarkan secara  langsung dari studio real-time selama kurang lebih 80 menit. Disebutkan kalau konser K-VIBE ini akan menampilkan artis K-pop serta atraksi di sekitar Korea termasuk Lotte Tower, Insa-dong, dan Pantai Yangyang Surfyy.

Seakan ingin terus menghadirkan keseruan, para pengunjung dalam kampanye ‘Come Play with Korea, K-VIBE Festa’ juga berkesempatan menerima ‘K-Random Box’ yang berisi suvenir bertema budaya Korea dan artis K-pop edisi terbatas. Di halaman kampanye juga terdapat fitur ‘Acara Surat Penggemar’ yang dapat pengunjung gunakan untuk memilih artis favorit dan lokasi yang ingin dikunjungi di Korea.

Bagaimana, menarik banget kan acaranya? Bagi kamu yang ingin bergabung dengan keseruan virtual traveling bersama Korea Tourism Organization ini bisa langsung mengakses informasi selengkapnya melalui laman kvibefesta.com atau melalui Instagram @ktoid. So, jangan sampai kelewatan ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE