5 Kuliner Khas Papua yang Unik Banget, dari Kue Manis sampai Makanan Ekstrim Berbahan Ulat Sagu

Kuliner Khas Papua

Papua memang terkenal dengan wisata alamnya, mulai dari indahnya Raja Ampat, hingga kemegahan Puncak Jaya Wijaya dengan salju abadinya. Selain keindahan alam, Papua juga memiliki beragam tarian dan acara adat yang menarik untuk disaksikan, baik secara langsung ataupun melalui festival budaya yang mulai banyak dipromosikan secara internasional. Tapi Papua juga memiliki keunikan lain, utamanya dalam hal kuliner. Berikut ini adalah list yang sudah Hipwee kumpulin sebagai referensi kamu jika nanti kamu punya kesempatan melancong ke Tanah Papua.

Kue Lontar, kue bulat manis mirip pie susu dengan cita rasa asli Papua

Advertisement

Hidangan kue ringan yang manis ini memang terlihat seperti pie susu khas Bali, tetapi ada sedikit perbedaan yang mencolok dari ukuran kue lontar dengan pie susu. Jika pie susu biasanya berukuran kecil, maka kue lontar memiliki ukuran yang sedikit lebih besar. Kue lontar ini sebenarnya hadir karena dibawa oleh penjajah Belanda, tetapi kue ini tidak ada hubungannya dengan buah lontar lho!

Dalam bahasa Belanda kue ini disebut dengan “rontart”, karena sulit diucapkan, maka masyarakat menyebutnya dengan lontar. Kue manis ini bisa kamu nikmati sebagai camilan saat bersantai, selain itu kue ini juga bisa dihiasi dengan topping berbagai buah-buahan, tidak seperti pie Bali yang cenderung polos.

Sagu Lempeng, camilan dari tepung sagu yang cocok banget buat menemani kamu minum teh atau ngopi sore hari!

Kue sagu yang cocok banget sebagai teman minum teh dan ngopi | Foto oleh – via id.wikipedia.org

Nah ini salah satu makanan asli Papua dengan bahan dasar sagu! Sagu lempeng yang biasanya berbentuk persegi atau balok ini, adalah makanan yang berasal dari tepung sagu yang dipanggang dan berwarna merah kecoklatan atau putih. Meskipun memiliki tekstur yang kasar dan agak keras, tetapi rasa sagu panggang yang gurih ini enak dan lumayan manis kok.

Advertisement

Kamu bisa menjadikan sagu lempeng ini sebuah oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang, karena makanan ini bisa bertahan cukup tahan lama. Biasanya sagu lempeng disajikan sebagai sebuah camilan untuk menikmati minum teh atau kopi sambil bersantai.

Papeda, bubur sagu yang sudah kesohor sebagai salah satu makanan unik asli Papua

Seperangkat papeda, lengkap dengan kuah kuning dan ikan bakar | Foto oleh Gunawan Kartapranata via commons.wikimedia.org

Nah kalau yang satu ini udah enggak asing lagi di telinga SoHip sepertinya, ini adalah papeda! Papeda ini adalah makanan khas yang juga berasal dari olahan sagu, meskipun banyak yang bilang hidangan ini adalah bubur, tetapi sebenarnya tekstur hidangan ini lebih mirip lem.

Tapi jangan salah, hidangan ini enak banget jika disandingkan dengan ikan kembung atau peda bakar, biasanya makanan ini juga dihadirkan dengan kuah kuning yang segar. Hal lain yang membuat makanan ini unik adalah penyajiannya yang digulung-gulung menggunakan alat bernama gata-gata! Cobain deh sekali-kali untuk makan hidangan ini!

Ulat Sagu, makanan khas Papua yang penuh nutrisi dan menyehatkan

Masyarakat Papua terbiasa mengonsumsi ulat sagu sebagai bahan makanan dan camilan. Kamu bisa menikmati ulat sagu mentah maupun diolah terlebih dahulu. Jika diolah, ulat sagu biasanya dijadikan sate atau dibakar langsung di atas api.

Meskipun kelihatannya menjijikkan, ulat sagu ini sebenarnya sangat menyehatkan dan penuh dengan gizi. Ulat yang rasanya kenyal mirip kulit ayam jika di bakar ini, penuh dengan protein dan asam yang bermanfaat untuk kesehatan.

Aunuve Habre, makanan sederhana yang rasanya enggak sesederhana cara membuatnya!

Aunuve Habre ini adalah makanan olahan ikan yang memiliki rasa unik dan lezat. Tetapi anehnya cara pembuatan hidangan ini bisa dibilang super mudah. Bahan dasar aunuve habre yang berupa ikan cakalang akan dibungkus dengan daun talas yang sudah direbus sampai layu dengan rempah-rempah, setelah itu ikan akan dibungkus dengan daun tersebut kemudian dikukus.

Daging ikan ini akan terasa gurih dan legit karena rempah-rempah yang diserap pada saat proses mengukus, selain itu daging ikan ini juga lembut dan tidak keras karena pengolahannya dengan cara dikukus. Makanan ini sepertinya enak untuk disandingkan sebagai lauk papeda!

Nah SoHip itulah beberapa rekomendasi makanan yang harus banget kamu coba jika sedang berkunjung ke Bumi Cendrawasih. Karena keunikan budaya dan masyarakatnya, maka kamu enggak akan menemukan makanan yang lebih unik dari makanan khas Papua! Cobain deh, buat merasakan sensasi petualangan dan rasa baru yang bisa menggoyang mulut kamu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE