9 Kuliner di Pasar Beringharjo yang Terkenal & Wajib Dikunjungi

Selama ini wisatawan mengira kalau Pasar Beringharjo hanya tempat untuk belanja. Memang banyak barang bagus yang dijual dengan harga miring. Namun selain menjadi surga belanja, sebenarnya Pasar Beringharjo adalah surga kuliner khas Yogyakarta. Mulai dari makanan berat, camilan, hingga minuman yang segar. Semuanya enak dan murah. Rugi deh kalau nggak nyobain!

Advertisement

Namun karena jumlah warungnya banyak, orang-orang jadi bingung memilih tempat makan. Jadi kali ini Hipwee Travel membuat daftar tempat-tempat kuliner yang paling terkenal di Pasar Beringharjo. Udah termasuk lokasi, jam buka, dan harganya. Yuk segera cek dan kunjungi~

1. Sate Kere Mbah Suwarni

Kuliner Pasar Beringharjo

Sate Kere Mbah Suwarni via www.hipwee.com

Aroma sate yang dibakar di atas arang betul-betul membuat air liur menetes. Ada sejumlah penjual sate kere di Pasar Beringharjo, tetapi yang paling terkenal enak adalah milik Mbah Suwarni. Nenek ini piawai memasak sate dari gajih sapi yang gurih dengan bumbu rempah dan kecap manis. Rasanya bikin ketagihan! Selain sate kere, dijual pula sate daging sapi dan sate ati ampela.

– Nama tempat: Sate Kere Mbah Suwarni
– Lokasi: dekat pintu masuk selatan Pasar Beringharjo, tepat di bawah jembatan
– Jam buka: 10.00 – 16.00 WIB
– Harga: Rp10.000 dapat 3 tusuk sate kere

Advertisement
Kuliner Pasar Beringharjo

Sedang membakar sate via www.hipwee.com

2. Pecel pincuk

Kuliner Pasar Beringharjo

Pecel pincuk dan aneka sate via www.hipwee.com

Kalau pengen makan sehat, pecel pincuk bisa jadi pilihan. Banyak warung yang menjualnya di sepanjang trotoar dekat Pasar Beringharjo. Sayuran pecelnya terdiri dari bayam, kol, tauge, kacang panjang, dan kuncup daun turi yang direbus. Semua itu diguyur dengan saus kacang yang manis. Supaya makin nikmat, pecel pincuk bisa dimakan bersama aneka sate dan gorengan.

– Nama tempat: Pecel Beringharjo Bu Nur
– Lokasi: sepanjang trotoar sebelah timur Pasar Beringharjo
– Jam buka: 08.30 – 16.30 WIB
– Harga: pecel polos Rp8.000, nasi pecel Rp10.000, aneka sate Rp7.000 – Rp15.000

Kuliner Pasar Beringharjo

Penjual pecel pincuk via www.hipwee.com

3. Jenang Bu Darmini

Kuliner Pasar Beringharjo

Jenang 4 rasa Bu Darmini via www.hipwee.com

Advertisement

Pengen makan yang manis-manis? Datang aja ke tempat Bu Darmini yang menyediakan empat jenis jenang. Di antaranya adalah jenang sumsum dari tepung beras, jenang mutiara dari tepung sagu, jenang wajik dari ketan, dan jenang biji salak dari ubi kuning. Kamu bisa mencicipi semuanya dalam satu gelas. Supaya makin nikmat, tuangkan kuah santan yang dicampur sedikit gula jawa. Segar banget!

– Nama tempat: Jenang Bu Darmini
– Lokasi: bawah jembatan Pasar Beringharjo, belakangnya Sate Kere Mbah Suwarni dan Bakmi Pentil Bu Marzuki
– Jam buka: 09.00 – 13.00 WIB
– Harga: Rp9.000 (1 gelas berisi 4 jenang)

Kuliner Pasar Beringharjo

Bu Darmini menjual jenang via www.hipwee.com

4. Sup Kembang Waru Bu Mala

Kuliner Pasar Beringharjo

Sup kembang waru di Pasar Beringharjo via www.hipwee.com

Keunikan sup kembang waru berhasil menarik banyak pengunjung ke Pasar Beringharjo. Sup ini terbuat dari wortel, buncis, brokoli, kentang, seledri, dan bawang goreng. Ada pula sejenis siomay dari olahan daging ayam yang dibungkus telur. Bentuknya seperti bunga waru yang cantik! Kuah sup ini juga terasa gurih dan segar seperti kuah bakso. Kalau dimakan bersama sepiring nasi, dijamin perutmu bakal kenyang.

– Nama tempat: Sop Kembang Waru Bu Mala
– Lokasi: foodcourt lantai 2 Pasar Beringharjo
– Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB
– Harga: Rp15.000 (sup sekaligus nasi)

Kuliner Pasar Beringharjo

Warung Sup Kembang Waru Bu Mala via www.hipwee.com

5. Es Dawet Mbah Hari

Kuliner Pasar Beringharjo

Segarnya Es Dawet Mbah Hari via www.hipwee.com

Es dawet legendaris ini udah dijual di Pasar Beringharjo lebih dari 40 tahun. Bahan pembuatnya adalah cendol, cincau hijau, dan potongan nangka yang disiram air santan serta air gula merah. Rasanya segar dan manis banget! Kamu bisa meminumnya langsung di tempat atau membungkusnya untuk diminum sambil jalan-jalan di Pasar Beringharjo.

– Nama tempat: Es Dawet Mbah Hari
– Lokasi: dekat pintu utara Pasar Beringharjo
– Jam buka: 09.00 – 15.00 WIB
– Harga: Rp5.000

Kuliner Pasar Beringharjo

Mbah Hari sedang menjual dawet via www.hipwee.com

6. Bakmi Pentil Bu Marzuki

Kuliner Pasar Beringharjo

Bakmi Pentil Bu Marzuki dan burung puyuh goreng/bacem via www.hipwee.com

Bakmi pentil berbeda dari bakmi biasa. Karena terbuat dari tepung singkong, rasanya lebih hambar dan ringan di perut. Cocok banget kalau dimakan dengan sambal yang disediakan. Bakmi ini terdiri dari dua warna, yaitu bakmi putih dan bakmi kuning yang diwarnai dengan kunyit. Kamu juga bisa memakannya bersama burung puyuh yang digoreng atau dibacem. Lumayan mengenyangkan~

– Nama tempat: Bakmi Pentil Bu Marzuki
– Lokasi: dekat pintu selatan Pasar Beringharjo, di sebelah Sate Kere Mbah Suwarni
– Jam buka: 10.00 – 15.00 WIB
– Harga: Rp5.000

Kuliner Pasar Beringharjo

Bu Marzuki sedang menjual bakmi pentil via www.hipwee.com

7. Sego Empal Bu Warno

Kuliner Pasar Beringharjo

Sego Empal Bu Warno yang nikmat via www.hipwee.com

Warung ini menyajikan sego (nasi) empal yang nikmat. Empalnya terbuat dari daging sapi yang dimasak bersama bumbu-bumbu sampai kering dan empuk. Disajikan bersama sepiring nasi hangat, sajian ini bakal membuat perutmu kenyang. Rasanya lebih lezat kalau ditambah sambal. Ada dua jenis sambal yang disajikan, yaitu sambal biasa dan sambal cair yang ditambah gula jawa. Sama-sama nikmat!

– Nama tempat: Sego Empal Bu Warno
– Lokasi: lantai 2 Pasar Beringharjo
– Jam buka: 08.00 – 15.00 WIB
– Harga: Rp22.000 (sego empal), Rp 19.000 (sego babat dan sego iso/usus)

Kuliner Pasar Beringharjo

Warung Sego Empal Bu Warno via www.hipwee.com

8. Soto Pites Mbah Galak

Kuliner Pasar Beringharjo

Lezatnya Soto Pites Mbah Galak via www.hipwee.com

Bosan dengan soto yang biasa? Cobain deh soto pites di Beringharjo. Warung ini diberi nama “Mbah Galak” karena dulu penjual pertamanya sangat galak. Namun, sekarang warungnya udah pindah ke generasi ketiga kok. Dari masa ke masa soto ini tetap lezat.

Kamu bisa memilih soto ayam atau soto daging sapi. Kalau pesan yang pedas, penjualnya bakal melumat cabai setan dan menaruhnya di bibir mangkok, lalu tinggal kamu pakai sesuai selera. Warung ini juga menyediakan kerupuk, peyek, dan kripik tempe yang cocok dimakan bersama soto.

– Nama tempat: Soto Pites Mbah Galak
– Lokasi: lantai 1 Pasar Beringharjo
– Jam buka: 07.00 – 15.00 WIB
– Harga: Rp9.000

Kuliner Pasar Beringharjo

Warung Soto Pites Mbah Galak via www.hipwee.com

9. Jajanan khas Beringharjo

Kuliner Pasar Beringharjo

Krasikan yang sangat manis via www.hipwee.com

Aneka camilan khas Jogja bisa diperoleh di sekitar Pasar Beringharjo. Ada banyak kios yang menjual krasikan dan wajik dari beras ketan, geplak berwarna-warni dari parutan kelapa, bakpia dari kacang hijau, dan masih banyak lagi. Semua rasanya manis dan legit. Masing-masing camilan itu udah dikemas dalam wadah plastik atau kotak yang rapi. Jadi selain dimakan sendiri, cocok buat dijadikan oleh-oleh.

– Lokasi: kios-kios di sepanjang trotoar Jalan Malioboro, sebelah timur Pasar Beringharjo
– Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB
– Harga: Rp10.000 (1 pak krasikan / wajik / geplak / bakpia kering), Rp15.000 (1 pak ketan / bakpia basah)

Kuliner Pasar Beringharjo

Aneka jajanan di Pasar Beringharjo via www.hipwee.com

Itulah deretan kuliner terkenal di Pasar Beringharjo yang wajib dikunjungi. Selain menggoyang lidah, makanan-makanan ini juga murah dan bikin kenyang. Sebagian bisa dimakan langsung di tempat sambil menikmati suasana pasar yang khas. Yuk buruan wisata kuliner ke Pasar Beringharjo!

Simple-Work-Blog-Banner
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

CLOSE