5 Kuliner Sunmor Paling Hits yang Harus Kamu Coba, dari Es Goreng sampai Ceker Setan

Kuliner Sunmor UGM

Bagi masyarakat Jogja, tentunya sudah nggak asing lagi dengan ‘sunmor’ alias sunday morning. Pasar minggu pagi yang diselenggarakan di sekitar komplek Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut selalu ramai dikunjungi oleh penduduk Jogja sendiri hingga para pelancong dari luar kota. Pasalnya, mulai dari benda-benda unik, pakaian murah, hingga jajanan fenomenal dapat ditemukan di momen tersebut.

Salah satu yang menjadi incaran pengunjung di sini adalah variasi makanan atau jajanan yang dijual begitu beragam. Nggak hanya kuliner kekinian, bahkan yang jadul-jadul pun bisa ditemukan dengan mudah. Nah, jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi sunmor di UGM ini, coba deh rekomendasi kuliner di bawah ini.

1. Merasakan masa-masa SD dengan membeli es goreng milik Pak Gatot

Es goreng Pak Gatot / Credit Instagram: makandanjajan via www.instagram.com

Advertisement

“Ayo ladies, ganteng, silahkan es gorengnya. Semoga yang beli umurnya panjang, dimurahkan rezekinya”

Bagi yang udah pernah ke sunmor, tentunya nggak asing dengan jargon tersebut. Ya, kalimat itu sering diucapkan oleh Pak Gatot, penjual es goreng nyentrik yang selalu tampil dengan pengeras suara untuk memancing para pelanggannya. Jajanan jadul ini di sunmor menjadi salah satu kuliner yang paling diburu oleh pengunjung.

Selain karena rasanya yang ajaib, harganya pun murah banget, cuma 3 ribu hingga 5 ribu rupiah saja untuk satu potongnya. Dan, siapapun yang membeli dapat bonus didoakan sepanjang kasih ibu. Mantap nggak tuh?

2. Nggak cuma es goreng, terang bulan jadul ini juga selalu membangkitkan kenangan masa kecil banyak orang

Terang bulan jadul / Credit Instagram: Riderkulineran via www.instagram.com

Advertisement

Selain es goreng, kuliner jadul yang nggak kalah menarik adalah terang bulan satu ini. Pada masanya, jajanan ini terkenal di era tahun 90-an. Walaupun sempat ditelan bumi, munculnya kembali para penjual terang bulan jadul ini cukup mengobati kerinduan masa kecil kita semua. Biasanya, penjual terang bulan ini sering mangkal di kawasan utara sunmor UGM dengan sepeda ontelnya untuk menunggu pembeli. Pokoknya kental banget deh vibes jadulnya.

Harganya berkisar antara 5 ribu hingga 7 ribu rupiah aja untuk satu porsinya.

3. Nggak boleh dilupakan, sate pentul ini juga layak untuk kalian coba

Sate pentul sunmor UGM via travelingyuk.com

Di deretan ketiga, kuliner yang juga nggak boleh dilewatkan adalah sate pentul. Biasanya jajanan ini terdiri atas beberapa variasi, yaitu level biasa sampai yang pedas iblis. Namun, buat kalian yang punya masalah dengan perut, sangat nggak disarankan untuk mencoba level pedas iblis tersebut dari pada kena batunya.

Para penjual sate pentul ini bisa dengan mudah ditemukan karena berada tersebar di sepanjang ujung selatan sunmor hingga ujung utara. Untuk satu porsi berisi 3 tusuk, biasanya dihargai 5 ribu rupiah saja.

4. Jika biasanya hanya ditemukan di festival-festival tertentu, telur gulung ini bisa dengan mudah dicari di sunmor UGM lo!

Jajanan telur gulung / Credit Instagram: Endoggulung.id via www.instagram.com

Sebagai salah satu jajanan legendaris di tahun 90-an, telur gulung ini menjadi kuliner yang sudah mulai susah untuk ditemukan. Tapi jangan khawatir, di sunmor UGM kalian bisa dengan mudah mencari penjual yang menjajakan kuliner lawas satu ini. Untuk masalah rasanya sendiri nggak perlu diragukan, sensasinya masih sama seperti waktu kita kecil dahulu pertama kali mencoba jajanan ini.

Satu porsi berisi 5 telur gulung biasanya dihargai 10 ribu rupiah saja.

5. Bagi para pecinta pedas, ceker setan ini juga jajanan wajib yang harus dicoba

Ceker setan / Credit Instagram: Gembulfoodie via www.instagram.com

Menjadi salah satu rekomendasi jajanan fenomenal sunmor UGM, ceker setan ini cocok banget buat kalian para pecinta pedas. Sesuai dengan namanya, ceker setan ini memang memiliki tingkat kepedasan yang benar-benar berasa bikin mau marah. Lihat aja deh cara mengolahnya aja disatukan dengan cabai-cabai segar yang berwarna merah menyala. Meski pedas, kuliner satu ini bikin nagih banget lo. Biasa terletak di kawasan tengah hingga bagian utara sunmor UGM, satu porsi ceker setan berharga 10 ribuan saja.

Berikut tadi adalah lima rekomendasi kuliner ala sunmor UGM yang nggak boleh kalian lewatkan. Selain bernostalgia dengan masa kecil, kamu juga bisa berbelanja benda-benda unik di pasar yang diadakan setiap minggu pagi ini. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan jika mengunjunginya ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE