Siapa Bilang Wisata di Dalam Kota Tidak Seru? Banyak Kok yang Bisa Kita Jelajahi

Liburan di dalam kota

Ada berbagai macam faktor kenapa kita tidak bisa berlibur jauh. Entah karena tidak memiliki waktu yang cukup banyak, budget yang mepet hingga kejadian pandemi. Padahal acara berlibur itu merupakan salah satu faktor agar kita tetap waras dalam menjalani hidup.

Advertisement

Namun di sisi lain berlibur sebenarnya nggak perlu jauh-jauh kok. Banyak hal-hal di sekitar kita yang sebenarnya bisa kita jelajahi meskipun masih dalam lingkup satu kota. Bahkan berlibur di tempat yang dekat bisa menghemat banyak waktu dan tenaga namun tetap mendapat esensi liburan itu sendiri. Nah berikut ini beberapa kegiatan rekreasi yang bisa mengisi waktu liburan kamu.

1. Kalau pas ke Bandung, kamu bisa lo menjelajah dan piknik ke hutan kota atau taman kota

Hutan Kota Babakan Siliwangi, Bandung credit: datawisata via datawisata.com

Bagi kamu yang pengen liburan ke alam terbuka tapi kejauhan, sebenarnya ada kok referensi lain seperti hutan atau taman kota. Di sana kita bisa menjelajah dan ketika lelah tinggal menggelar karpet dan memakan bekal. Tentunya semua itu semakin nikmat dengan suasana alam terbuka yang hijau dan menyegarkan.

Salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan wisata hutan dan taman kotanya yakni Bandung. Kota yang adem ini tercatat memiliki 7 lokasi berupa taman dan hutan kota yang bisa banget dijadikan tempat liburan. Salah satunya yang terkenal adalah Forest walk Babakan Siliwangi yang melintas di tengah hutan kota Bandung Utara. Hutan kota ini merupakan anjungan yang dibuat berliku-liku dan melingkar melewati pepohonan rimbun. Selain itu ada Taman Balaikota dan juga Alun-alun yang cocok banget nih buat santai sambil piknik.

Advertisement

2. Menjelajah museum-museum yang ada di sekitar kita, kalau kamu tinggal di Yogyakarta pasti banyak museum yang menarik

Potret salah satu bagian dari museum Ullen Sentalu credit:traveloka via traveloka.com

Terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal juga sebagai kota yang memiliki budaya yang kental. Maka dari itu tak heran jika banyak museum yang biasanya banyak menyimpan benda-benda bersejarah. Berkunjung di museum tidak ada ruginya karena bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Di kawasan Yogyakarta banyak museum yang bisa dikunjungi. Diantaranya yakni Museum: Affandi, Ullen Sentalu, Biologi UGM, Dirgantara hingga Benteng Vredeburg yang pastinya menyimpan banyak benda-benda peninggalan bersejarah sesuai dengan tema museumnya.

3. Tren liburan yang baru-baru terkenal, staycation bareng bestie maupun keluarga pastinya seru. Biasanya sering terjadi di kota besar, Jakarta misalnya

Advertisement

ilustrasi staycation Photo by Roberto Nickson from Pexels

Liburan staycation biasanya dilakukan oleh penghuni kota-kota besar yang pengen liburan tapi dengan waktu yang singkat dan tidak mengeluarkan banyak tenaga. Staycation biasanya dilakukan dengan menyewa satu kamar hotel untuk semalam atau dua malam sembari menikmati fasilitas hotel yang tersedia.

Ya gampangannya sih mereka pengen rebahan tapi ganti suasana haha. Jakarta sebagai kota besar tentunya memiliki banyak pilihan hotel yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan kamu. Kamu juga bisa mempertimbangkan pemandangan yang ditawarkan saat memilih hotel staycation nanti.

4. Berkunjung ke lokasi yang masih asri seperti desa di pinggiran kota Malang yang adem dan menenangkan hati

Desa Wisata Pujon Kidul, Malang credit: dolandolen via dolandolen.com

Liburan ke tempat-tempat yang hijau dan asri ini cocok banget untuk ngilangin stress terhadap rutinitas. Kalo kamu di Malang maka nggak perlu jauh-jauh berkelana ke kota sebelah karena malang sendiri memiliki pilihan desa wisata yang banyak. Jadi kamu masih bisa menikmati suasana pedesaan yang asri walaupun masih dalam satu lingkup kota.

Di Malang kamu bisa menikmati udara yang sejuk di Desa Wisata Pujon Kidul Malang. Desa ini menawarkan hamparan persawahan hijau, ditambah landscape pegunungan yang semakin menambah keindahan desa ini. Selain itu ada pula desa yang juga menawarkan wisata budaya dan keunikan seperti Kampung Warna-Warni Jodipan serta Desa Wisata Ngadas dan lain-lain.

Liburan memang menyenangkan. Kita tidak perlu pergi jauh-jauh, asalkan kita selalu mensyukuri segala keadaan pastinya esensi liburan tidak akan berkurang sama sekali. Selamat liburan SoHip tetap jaga kesehatan!

Apakah kamu tertarik untuk mengikuti jalan-jalan lewat virtual tour selama masa new normal ini? Kasih tahu pendapatmu di sini

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE