7 Tempat Ikonis di Bandung yang Bisa Disambangi Hanya dengan Satu Kali Perjalanan Kaki

Wisata jalan kaki di Bandung

Kota Bandung memiliki banyak daya tarik yang menjadikannya populer sebagai destinasi liburan favorit warga Jakarta dan sekitarnya. Udara yang relatif lebih sejuk, kuliner yang beragam, bentang alam yang mengagumkan, dan potongan-potongan sejarah masa lampau yang dirawat kota ini merupakan sebagian dari sekian banyak hal yang telah memikat hati banyak orang.

Advertisement

Waktu satu hari nggak akan cukup untuk menikmati pesona Kota Kembang secara utuh. Namun, 7 tempat yang bisa disambangi sekaligus hanya dengan berjalan kaki ini agaknya dapat mewakili pesona kota yang pernah menjadi lautan api ini. Nah, buat kamu yang berencana mengunjungi Bandung jika kondisi sudah memungkinkan, berikut tempat-tempat tersebut berikut rutenya.

1. Tugu titik 0 (nol) kilometer Bandung

View this post on Instagram

A post shared by ruang LAVI (@ruanglavi)

Perjalanan menikmati pesona Bandung dalam waktu singkat bisa kita mulai dari titik 0 KM Kota Bandung yang berada di Jalan Asia Afrika, tepatnya di depan gedung Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, seberang Hotel Savoy Homann yang melegenda.

Advertisement

Meski baru diresmikan pada tahun 2004, tugu titik 0 yang masih berdiri kokoh sejak dibangun pada tahun 1900 ini punya kaitan erat dengan sejarah berdirinya Kota Bandung pada 25 September 1810. Di sini kamu bisa berfoto ria di depan tugu dengan latar belakang kepala lokomotif kereta tua.

2. Gedung Majestic

Advertisement

Dari tugu titik 0 KM kamu bisa berjalan kaki ke arah barat sejauh sekitar 140 meter, lalu belok ke kanan sejauh 70 meter. Tepat di sebelah kirimu, berdiri kokoh Gedung Majestic yang pada masa pemerintahan Belanda diperuntukkan sebagai gedung bioskop kaum elit Eropa.

Saat ini, Gedung Majestic dimanfaatkan sebagai tempat pertunjukkan kesenian Sunda dan berbagai kegiatan lainnya. Bangunan bergaya art deco rancangan arsitek Charles Prosper Wolff Schoemaker ini dibangun pada tahun 1920-an.

3. Gedung Merdeka

Setelah mengambil beberapa foto di depan Gedung Majestic, perjalanan bisa kamu lanjutkan ke arah selatan sejauh 70 meter, lalu belok kanan sejauh 69 meter. Tepat di samping kananmu kini berdiri Gedung Merdeka, simbol dari perjuangan benua Asia dan Afrika.

Selain bisa memenuhi media sosial dengan potret gedung bergaya art deco ini, kamu juga bisa masuk ke dalam Museum Konferensi Asia Afrika yang menjadi bagian Gedung Merdeka untuk memperkaya wawasan sejarah bangsa. Museum yang merupakan tempat Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 diselenggarakan ini menyimpan banyak koleksi dan kenangan bersejarah.

4. Alun-Alun Bandung

Puas di Gedung Merdeka, susuri jalan ke arah barat sejauh 230 meter. Di sebelah kirimu kini terhampar alun-alun yang bisa dijadikan tempat beristirahat sejenak. Bagi Muslim dapat menunaikan ibadah di Masjid Raya Bandung yang berdampingan dengan taman alun-alun. Pedagang makanan dan minuman ringan pun dapat dengan mudah kamu temukan di sini.

Selain bisa bersantai di rerumputan sintetis pelataran masjid, di sini kamu juga bisa menyaksikan lanskap Kota Bandung dari ketinggian. Nggak perlu jauh-jauh ke Bukit Moko, dari menara Masjid Raya Bandung kamu bisa menikmati panorama kota yang minim gedung menjulang.

5. Cikapundung River Spot

Dari alun-alun kamu bisa lanjut berjalan ke arah sebelumnya, tepatnya ke arah timur sejauh 190 meter, lalu belok kiri ke Jalan Dr. Ir. Soekarno sejauh 110 meter. Di sebelah kirimu kini terdapat tempat yang terbilang baru bernama Cikapundung River Spot. Di sini kamu bisa melanjutkan istirahat karena terdapat banyak bangku-bangku menghadap air mancur yang menari-nari, atau sekadar berfoto lalu melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

6. Jalan Braga

Hampir setiap wisatawan yang datang ke Bandung menginginkan mampir ke Jalan Braga. Nah, dari titik terakhir, arahkan langkahmu ke utara Jalan Dr. Ir. Soekarno sampai mentok, lalu susuri Jalan Naripan sejauh 100 meter. Di sebelah kirimu kini membentang Jalan Braga dengan jajaran bangunan bernuansa herritage yang telah populer sejak masa Hindia Belanda dulu.

Di sini kamu bisa menemukan segala macam hiburan dan beragam kafe yang cukup nyaman untuk disinggahi. Selain itu, di Jalan Braga kamu juga dapat menemukan penjual lukisan dan toko-toko yang menjual pernak-pernik kerajinan khas Bandung.

7. Taman Balaikota Bandung

Dari ujung Jalan Braga, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Taman Balaikota Bandung untuk beristirahat menuntaskan petualangan hari ini. Tidak seperti kebanyakan balaikota yang terlihat kaku dan serius, Balaikota Bandung memiliki hamparan taman yang nyaman untuk disambangi bareng teman atau keluarga.

Nah, dari titik terakhir kamu bisa melanjutkan perjalanan ke arah utara menuju Jalan Lembong sejauh 350 meter, dilanjutkan melalui Jalan Wastukencana sejauh 100 meter hingga bertemu Taman Balaikota Bandung di sebelah kanan. Silakan nikmati waktu bersantaimu di bawah rimbunnya pepohonan dan asrinya gemericik air sungai kecil.

Nah, itu dia 7 tempat yang akan selalu mengingatkanmu pada Bandung hanya dengan satu kali perjalanan kaki. Sebenarnya, ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan sejak perjalanan dimulai dari tugu titik 0 KM hingga Taman Balaikota Bandung. Namun, sengaja tak Hipwee Travel ungkap semua agar menjadi kejutan tersendiri saat kamu sudah bisa mengunjungi Bandung suatu hari nanti.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE