Buat Kamu yang Mudik, 11 Destinasi Wisata di Kediri Ini Cocok Kamu Datangi di Libur Lebaran!

Liburan ke Kediri

Indonesia selalu punya tempat-tempat menarik untuk dijelajahi. Mulai dari kota metropolitan macam Jakarta yang lagi giat-giatnya mengejar ketertinggalan transportasi, kota budaya macam Jogja yang selalu menyambut hangat setiap pendatang yang lewat, deretan pantai-pantai cantik di Bali, gunung-gunung menawan, juga kota-kota yang lebih kecil dan kadang terlewat.

Advertisement

Salah satunya adalah kota Kediri. Sebenernya Kediri bukan termasuk golongan kota kecil sih. Kediri adalah kota besar ke-3 di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang menurut jumlah penduduk. Beberapa dari kita mungkin cuma mendengar Kediri sepintas lalu aja, padahal ada banyak tempat menarik yang bisa dieksplorasi di Kediri. Yuk simak ulasan Hipwee Travel tentang tempat-tempat menarik di Kediri. Libur lebaran bisa nih mampir ke sana!

Foto-foto dan belajar sejarah di Monumen Simpang Lima Gumul. Bangunan mirip Arch de Triomphe di Paris ini punya relief yang menceritakan sejarah Kediri.

Monumen Simpang Lima Gumul via cintaihidup.com

Nggak perlu jauh-jauh ke Paris kalau cuma mau foto-foto aja. Kediri juga punya Arch de Triomphe KW yang bentuknya mirip banget dengan aslinya. Selain untuk foto, kamu juga bisa melihat sejarah Kediri dari relief yang ada di Monumen Simpang Lima Gumul.

Main ke Jalan Doho, pusat ekonomi Kota Kediri. Kamu bisa menemukan aneka kuliner enak khas Kediri.

Jalan Doho via www.eastjava.com

Jalan Doho ini semacam Jalan Malioboro-nya Jogja. Kamu bisa menemukan aneka penginapan di sini. Kuliner khas Kediri seperti tahu, gethuk pisang, dan pecel tumpang pincuk juga ngumpul jadi satu di Jalan Doho.

Advertisement
Main ke Gua Selomangleng dan temukan relief di luar dan dalam gua. Konon Gua Selomangleng merupakan pertapaan Dewi Kilisuci.

Gua Selomangleng via www.hipwee.com

Gua Selomangleng ini termasuk gua yang unik karena punya relief baik di dalam maupun di luar gua. Gua yang dulunya jadi pertapaan Dewi Kilisuci ini cuma berjarak sekitar 20 menit dari Kota Kediri. Akses jalannya juga mulus.

Memanjakan mata di Kampoeng Anggrek yang terletak di kaki Gunung Kelud. Udara sejuk dan bunga warna-warni cocok untuk liburan seru.

Kampoeng Anggrek via www.instagram.com

Siapa yang nggak suka lihat bunga mekar warna-warni. Di kaki Gunung Wilis ada Kampoeng Anggrek yang emang penuh dengan bunga anggrek warna-warni. Udaranya juga sejuk karena lokasinya di kaki gunung. Cocok kan buat liburan. Psst,, selain anggrek ada aneka bunga warna-warni lainnya yang nggak kalah seru.

Main ke rumah pohon di Bukit Gandrung Tanggulasi. Selain pemandangan yang cakep, di dekat sini juga banyak durian dan sentra susu segar.

Bukit Gandrung Tanggulasi via news.detik.com

Selain pemandangannya yang indah banget, Bukit Gandrung Tanggulasi juga punya rumah pohon. Yang dulu waktu kecil belum sempat punya rumah pohon, bisa nih main ke Bukit Gandrung Tanggulasi. Kalau mau dapat foto pemandangan indah perbukitan di rumah pohon tapi nggak rame orang, datang lebih pagi ya.

Advertisement

Menikmati pemandangan bukit-bukit yang bikin lupa nafas di Bukit Ongakan. Lokasinya sekitar 37 km dari Kediri.

Bukit Ongakan via explorewisata.com

Bukit Ongakan terletak di di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, sekitar 37 km dari Kota Kediri. Dari Bukit Ongakan kamu bisa lihat pemandangan bukit-bukit yang luar biasa indah. Ada banyak spot foto, yang nggak cuma seru buat foto, tapi buat rebahan dan menikmati pemandangan alam.

Melihat peninggalan Kerajaan Majapahit di Candi Surowono. Candi yang dibangun tahun 1400 M ini selain jadi objek wisata edukasi, juga masih digunakan untuk ritual.

Candi Surowono via www.hipwee.com

Kediri juga punya candi, salah satunya adalah Candi Surowono. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Sampai saat ini Candi Surowono masih digunakan untuk ritual bagi warga umat Hindu.

Mengagumi kemegahan reruntuhan Candi Tegowangi. Candi yang dibangun pada masa Kerajaan Majapahit menyimpan cerita Sudamala yang seru untuk ditelisik.

Candi Tegowangi via cintaihidup.com

Candi Tegowangi yang sekarang ada hanyalah reruntuhan, tapi tetap megah. Yang seru dari Candi Tegowangi adalah cerita pada reliefnya. Di Candi ini ada cerita tentang pensucian Dewi Durga dalam bentuk jelek dan jahat, menjadi Dewi Uma dalam bentuk baik.

Main air di Air Terjun Dolo yang terletak di kaki Gunung Wilis. Di Sekitar air terjun juga terdapat kebun stroberi dan kebun sayur dengan pemandangan indah dan udara sejuk khas pegunungan.

Air Terjun Dolo via putratravel.net

Kediri juga punya air terjun, namanya Air Terjun Dolo. Akses menuju air terjun ini lumayan menantang, tapi semuanya bakal terbayar kalau kamu sudah sampai di Air Terjun Dolo. Di sekitar air terjun juga terdapat kebun stroberi dan kebun sayur yang indah banget pemandangannya.

Basah-basahan dengan ikut arung jeram di Sungai Konto. 12 km sungai, 11 jeram, dan berakhir dengan makan-makan dengan sajian kuliner istimewa.

Arung jeram Sungai Konto via whatde.com

Main air di Sungai Konto dengan ikutan arung jeram. Kamu diajak untuk melewati 11 jeram di sepanjang 12 km perjalanan di Sungai Konto. Kalau udah selesai ada sesi makan besarnya.

Ambil stok foto sebanyak-banyaknya kamu di Taman Wisata Ngronggo. Selain instagramable, Taman Wisata Ngronggo punya udara sejuk, fasilitas untuk nongkrong sampai joging, dan aneka kuliner.

Taman Wisata Ngronggo via nyero.id

Taman Wisata Ngronggo ini semacam tempat wisata kekinian dengan paket komplit. Spot foto banyak, udara sejuk, kuliner ada, faslitas penunjang lain seperti tempat nongkrong sampe tempat jogging juga ada.

Kediri ternyata punya banyak spot wisata seru kan. Dari mulai candi, pegunungan, air terjun, sungai untuk arung jeram, bahkan wisata kekinian untuk menambah stok foto demi konten instagram. Yuk liburan ke Kediri.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE