Begini Tampilan Baru Bandara YIA Kulonprogo yang Makin Megah. Ada Jalan Malioboronya Juga Lho!

Malioboro di Bandara YIA

Yogyakarta International Airport atau disebut bandara YIA telah resmi menggantikan bandara internasional Adi Sucipto per tanggal 29 Maret lalu. Kini bandara yang terletak di Temon, Kulonprogo ini jadi bandara utama keluar masuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara yang terletak di tepi pantai ini kini dioperasikan kembali mengingat rute penerbangan sudah dibuka kembali. Bandara ini tampak lebih siap menyambut traveler yang lalu lalang di sana.

Advertisement

Keunggulan bandara YIA dibanding bandara lain adalah, bandara ini tetap mengusung ciri khas budaya Jawa yang terlihat dari ornamen, arsitektur, dan juga karya seni yang dihiaskan di sana. Nah, ternyata ada mini ‘Jalan Malioboro’ juga lho di bandara YIA. Seperti apa Malioboro di YIA? Yuk simak ulasan Hipwee Travel aja ya.

Di pintu keberangkatan yang terletak di lantai atas, terlihat Malioboro ala YIA lengkap dengan lampu khas Jogja dan bangku-bangkunya yang cantik

malioboro via www.instagram.com

Bandara YIA memang bisa dibilang masih sangat sepi. Selain karena lokasinya cukup jauh dari kota Jogja, di beberapa bulan terakhir memang penerbangan komersial ditutup karena pandemi Corona. Nah, ketika penerbangan sudah dibuka kembali, bandara ini kembali didatangi para penumpang pesawat. Meskipun belum banyak, setidaknya bandara ini sudah bergairah kembali.

Menariknya, ornamen-ornamen yang dibangun di bandara YIA memang terasa ‘nJogja’ banget. Mulai dari gapura putih yang mirip di kraton dan Tamansari dan juga pedestrian Malioboro. Pintu kedatangan yang lantainya dibangun dengan material yang mirip dengan pedestrian Malioboro bikin seolah-olah kamu berada di ikon kota Jogja itu.

Terlebih, ada lampu kota yang cantik dan bangku-bangku yang persis di Malioboro. Beneran Malioboro mini sih ini

malioboro via www.instagram.com

Turun dari kendaraan pengantar, nggak usah buru-buru masuk ke dalam ruang check in. Bersantailah sebentar di bangku yang didesain seperti di Malioboro. Lengkap dengan lampu khas kota Jogja dan lantainya yang mirip pedestrian Malioboro. Atapnya juga bermotif batik dengan ukuran besar sehingga terlihat megah dan cantik sekaligus. Bakalan males naik pesawat deh, jadi baper nggak mau pulang dari Jogja. Hehehe.

terasa jogja banget ya via www.instagram.com

Bandara YIA di Kulon Progo ini ternyata dimanfaatkan oleh beberapa masyarakat sekitar Yogyakarta untuk dijadikan tempat wisata dadakan selama pandemi. Meski belum semua insfratruktur selesai dibangun secara maksimal, tetapi tetap saja daya tarik bandar udara baru di Yogyakarta ini masih memikat masyarakat dari berbagai kalangan. Banyak orang yang datang ke sana untuk sekedar berwisata.

Angkasa Pura mengeluarkan protokol kesehatan buat penumpang yang akan naik pesawat dari bandara YIA. Salah satunya harus melampirkan bukti tes PCR atau rapid test

Advertisement

protokol kesehatan via www.instagram.com

Bagi penumpang yang mau naik pesawat, kini banyak syarat yang mesti dipenuhi. Daftar berkasnya bisa kamu lihat di gambar di atas. Setidaknya kamu mesti menyiapkan surat keterangan uji PCR atau rapid tes. Untuk itu, yang mau bepergian sebaiknya ditunda dulu deh ya. Mau naik pesawat ribet banget soalnya.

Kalau mampir di bandara YIA jangan lupa foto di Malioboro yang berada di YIA ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE