Kamu Harus Tahu, 5 Manfaat Penting ini Akan Kamu Dapatkan Kalau Membuat Itinerary Sebelum Liburan

Manfaat Membuat Itinerary

Traveling itu seru. Kamu bisa bebas mengeksplorasi tempat-tempat baru dan menikmati masa-masa liburanmu. Meski begitu kadang mengeksplorasi destinasi wisata juga bisa membuat kita kebingungan. Contoh sederhana adalah saat mau liburan ke Jogja. Ada begitu banyak destinasi Jogja yang bisa kita singgahi. Namun keterbatasan waktu dan finansial membuat kita jadi bingung mau pilih ke mana aja.

Advertisement

Makanya kita perlu bikin itinerary agar liburan jadi lebih tersusun rapi dan kita bisa menikmati destinasi wisata dengan lebih nyaman. Itinenary adalah daftar kegiatan dan estimasi anggaran yang akan dikeluarkan selama perjalanan mulai dari destinasi wisata, transportasi, hingga waktunya. Dengan adanya itinerary, maka liburanmu akan lebih terencana. Meski ini sepele, namun kamu yang membuat itinerary liburan tentu merasakan perbedaan yang terasa banget. Nggak percaya nih..

Berikut beberapa manfaat membuat itinerary sebelum liburan;

1. Dengan bikin itinerary, kamu bisa mengatur waktu dengan mudah sehingga nggak ada tempat wisata yang terlewat

Photo by Alexandr Podvalny from Pexels

Salah satu alasan kebanyakan orang membuat itinerary adalah mudahnya memaksimalkan waktu di suatu tempat. Kalau kamu udah mengatur berapa lama harus berada di tempat wisata tersebut, maka nggak ada wisata yang terlewat lagi. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan waktu liburan di kota tertentu, khususnya yang banyak tepat wisatanya. Masa iya mau seharian di satu tempat aja. Sayang waktunya dong.

Advertisement

2. Itinerary juga memudahkan kamu dalam menghitung biaya pengeluaran. Pengeluaran saat liburan juga sangat penting dihitung di awal lo

Photo by Kristina Paukshtite from Pexels

Yang namanya pengeluaran kalau nggak direncanakan biasanya akan kebobolan. Hal ini berujung kamu belanja hal-hal nggak penting. Adanya itinerary ini akan membantu kamu dalam menghitung biaya transportasi, harga tiket masuk wisata, biaya makan dan minum, dan akomodasi lainnya. Pastikan kamu cari tahu dulu seputar wisata yang akan kamu kunjungi. Dengan begitu, piknik jadi lebih tenang.

3. Manfaat ketiga, lebih mudah mempersiapkan keperluan apa saja yang akan dibawa. Nggak ada lagi yang namanya kebanyakan barang bawaan.

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Ketika akan liburan, banyak orang yang terlalu membawa banyak barang yang sebenarnya nggak dibutuhan. Hal ini hanya memenuhi isi tas saja. Kalau kamu membuat itinerary terlebuh dahulu, maka kamu akan lebih mudah prepare apa yang akan dibawa, seperti membawa berapa baju, perlu membawa sepatu tambahan atau nggak, dan persiapan yang bisa kamu antisipasi sehingga yang dibawa cukup yang diperlukan saja.

4. Kamu jadi bisa langsung bergerak cepat ketika sampai di tempat tujuan. Langsung punya tujuan dan nggak kelamaan mikir, “ini mau ke mana dulu ya?”.

Photo by Alexandr Podvalny from Pexels

Kamu pasti pernah liburan dan sesampainya di tempat wisata malah bingung apa yang akan dilakukan terlebih dulu. Dengan jadwal yang sudah terencana, sesampainya di sana kamu bisa memutuskan mau cari makan dulu atau ke penginapan dulu. Liburan jadi lebih jelas dan teratur.

Advertisement

5. Nah yang terakhir, kamu nggak mudah tertipu dengan harga maupun orang-orang yang sengaja memanfaatkan wisatawan. Adanya riset akan menbuatmu jeli dalam mengetahui harga normal.

Photo by Porapak Apichodilok from Pexels

Yang namanya wisatawan pasti ada enak dan nggak enaknya. Apesnya, kalau kamu kena tipu lantaran nggak riset terlebih dulu. Membuat itinerary sebelum liburan ternyata mampu meminimalisir hal tersebut. Kamu bisa cari tahu dulu harga-harganya. Selain itu, penting juga buat cari tahu harga hotel dan tempat makan khas daerah wisata tersebut yang harganya standar supaya kamu nggak tertipu tampilan luarnya aja.

Traveling  yang terencana akan membuat liburanmu lebih paripurna. Sayangnya banyak orang yang masih enggan membuat itinerary karena dianggap ribet. Akan tetapi, 5 manfaat membuat itinerary tersebut bisa menjadi acuan buat kamu yang ingin liburan. Pilihan ada di tangan kamu ya. Enjoy your holiday.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE