Masjid Megah Shah Cheragh di Iran Disulap Jadi Tempat Produksi Masker. Keren Banget Idenya!

Masjid Shah Cheragh di Iran

Penyebaran virus Covid-19 di dunia semakin memburuk. Virus yang berasal dari kota Wuhan, Tiongkok ini sekarang sudah menyebar ke seluruh benua di dunia. Hari ini virus ini sudah menginfeksi lebih dari 2 juta jiwa di seluruh dunia dengan 146 ribu korban meninggal dunia.

Advertisement

Banyak negara yang ketar-ketir menghadapi penyebaran virus ini, tak terkecuali Iran. Di negara tersebut 76 ribu orang lebih dinyatakan positif mengidap virus corona dan 4777 orang di antaranya meninggal dunia. Di tengah situasi kritis tersebut pemerintah Iran melakukan berbagai upaya. Salah satu upaya pemerintah Iran ialah mengubah masjid megah menjadi tempat memproduksi masker. Pengen tahu selengkapnya? Yuk simak ulasan di bawah ini ya.

Semakin memburuknya penyebaran virus di Iran, membuat pemerintah Iran menyulap masjid Shah Cheragh menjadi tempat memproduksi masker

Produksi Masker di mesjid Shah Ceragh via ifpnews.com

Semakin memburuknya penyebaran virus corona di negeri Iran dan tingginya kematian di negara tersebut bikin pemerintah Iran melakukan langkah anti mainstream. Pemerintah mengubah mesjid megah ini menjadi tempat untuk produksi masker. Berdasarkan laporan dari Iran Front Page News, para perempuan bermasker terlihat tengah sibuk memproduksi masker yang nantinya dimaksudkan untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Sebelum dialih fungsikan, pemerintah Iran pernah menutup masjid ini semenjak kebijakan lockdown diberlakukan di Iran. Mesjid megah ini adalah salah satu tempat wisata terkenal di Iran, dan sering kedatangan turis mancanegara dan domestik sebelum virus corona merebak.

Advertisement

Masjid Shah Ceragh dibangun pada abad ke-14 oleh Ratu Tash Khtn. Shah Ceragh sendiri berarti “raja cahaya” dalam bahasa Persia

Arti Shah Ceragh via ifpnews.com

Masjid Shah Ceragh adalah salah satu dari banyak masjid megah di negeri Iran. Masjid ini dibangun oleh Ratu Tash Khtn pada abad ke-14 di kota Shiraz. Shah Ceragh sendiri berarti ‘raja cahaya’ dalam bahasa Persia. Masjid ini sudah lama menjadi situs ziarah penting bagi umat Syiah di seluruh dunia.

Sebenarnya interior di dalam masjid ini dibuat dari gelas dan kaca yang membuatnya dapat berkilauan jika terkena cahaya. Ornamen-ornamen cermin yang terdapat di dalam mesjid ini juga terkesan sangat rumit. Selain ornamen, terdapat empat pilar kayu pondasi masjid ini yang proporsinya nyaris mendekati sempurna. Selain dijadikan tempat ibadah, masjid ini juga memiliki makam dan museum di dalamnya. Sejak dahulu masjid ini juga jadi jujugan wisata.

Masjid ini menjadi tempat peristirahatan putra Imam Musa al-Khadim. Nggak hanya jadi tempat ibadah, masjid Shah Ceragh ini juga memiliki museum dengan koleksi-koleksi penting

Advertisement

Museum dan Makam di Masjid Shah Ceragh via id.pinterest.com

Selain digunakan sebagai tempat beribadah, masjid ini juga menjadi lokasi ziarah penting bagi umat Syiah di Iran. Perempuan yang datang ke masjid ini wajib menggunakan cadar lo. Pasalnya masjid ini jadi tempat peristirahatan terakhir putra-putra dari Imam Musa al-Khadim dan saudara-saudara dari Imam Reza. Selain makam, masjid ini juga memiliki museum yang mengoleksi beberapa Al-Quran tua yang berharga. Selain menjadi tempat suci, kamu akan dipukau dengan pintu masuk yang punya arsitektur yang menakjubkan. Pintu megah tersebut dihiasi dengan perak, emas dan lapis lazuli.

Semoga saja penyebaran virus corona di Iran cepat selesai dan orang-orang disana dapat beribadah dan berinteraksi seperti biasa. Aminn~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE