Siapa bilang datang ke Semarang hanya untuk adu nyali di Lawang Sewu? Ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini memiliki beragam destinasi wisata menarik lainnya yang sayang dilewatkan.

Sebut saja kawasan Kota Lama yang bersejarah dan instagrammable. Di kawasan ini, ada banyak objek wisata yang dapat dieksplor, seperti Gereja Blenduk, Contemporary Art Gallery, 3D Art Museum, dan beberapa bangunan berasitektur kolonial sekitarnya. Selain itu, masih ada pula Benteng Penden Ambarawa, Pagoda Buddhagaya Watugong, Pantai Marina, Hutan Pinus, Masjid Agung, dan masih banyak lainnya.

Advertisement

Selain tempat-tempat yang menarik mata, Semarang juga mempunyai kuliner khas dengan kenikmatan yang nggak kalah menggoda. Mulai dari jajanan ringan hingga makanan berat, semua sama lezatnya!

1. Warung Semawis di kawasan pecinan patut jadi tujuanmu. Kulinernya juara di situ!

Pasar Semawis saat Imlek via regional.liputan6.com

Wisata kuliner di malam hari memang memberikan kesan tersendiri. Setelah puas berkeliling kota seharian, saatnya melepas lelah sembari mengisi perut.

Buka mulai pukul 18.00 setiap hari Jumat sampai Minggu, kamu bisa mengunjungi Warung Semawis di kawasan Pecinan. Beraneka makanan khas nusantara dan oriental ada di sini. Karena cukup banyak pula makanan yang mengandung babi, kamu yang tidak mengonsumsi babi harus pinter-pinter memilih jajanan ya. Tapi jangan khawatir, kamu yang nggak mengonsumsi babi cukup bertanya dulu kepada si penjualnya saja kok.

2. Es Putar Cong Lik yang legendaris juga sayang banget kalau dilewatkan lho…

Es Putar Cong Lik via www.tribunnews.com

Advertisement

Jangan tertipu dengan namanya. Penjual es putar legendaris ini seratus persen merupakan suku Jawa dan bernama asli Sukimin. Nama ‘Cong Lik’ diberikan kepadanya sebagai singkatan dari panggilannya semasa kecil, ‘kacung cilik’, selagi masih menjadi pembantu orang Jepang di Hotel Jansen Semarang berpuluh-puluh tahun lalu.

Meski hanya bertempat di warung kecil yang buka mulai malam hari, pengunjung tidak pernah sepi. Cawan berisi empat sendok es putar, irisan roti, mutiara, dan kelapa dipadu dengan bahan-bahan alami tanpa pengawet dan pemanis buatan. Rasanya yang tetap sama sejak dulu adalah kunci utama menjaga kesetiaan pelanggan.

3. Kalau mau nuansa yang agak beda, kamu bisa mengunjungi Pesta Keboen di Jalan Veteran

Tempatnya apik! via www.tempatrekreasi.id

Nuansa kolonial selalu menjadi daya tarik tersendiri. Di Semarang, kamu bisa coba mengunjungi Pesta Keboen yang berlokasi di Jalan Veteran 29. Bangunan rumah makan ini merupakan sebuah rumah kuno yang berumur sudah lebih dari satu abad.

Tentu saja, bangunan luas ini telah direnovasi. Akan tetapi, arsitekturnya tidak diubah sehingga Anda akan merasa seolah-olah kembali ke masa lalu. Selain sekadar makan di bangunan bernuansa vintage, kamu juga bisa mempelajari sejarah tentang Kota Semarang. Siapa sangka bahwa ternyata nama Semarang berasal dari kata ‘asem’ dan ‘arang’?

4. Sembari menelurusi Semarang, kamu bisa nyemil Tahu Pong untuk menemani perjalanan

Tahu pong via www.pinterest.de

Kuliner yang satu ini mungkin bukan kuliner yang mengenyangkan, namun lidahmu dijamin akan terpuaskan. Kamu bisa menjadikan camilan gurih ini sebagai teman perjalanan sembari menjelajah kota.

Tahu pong sudah dikenal sejak sekitar awal 1930. Nama pong sendiri merupakan kependekan dari kata kopong alias kosong. Namun beberapa menyebutkan kata ini berasal dari kata ‘phong’, bahasa Hokkian selatan, yang berarti menggembung. Dua-duanya mungkin saja benar, mengingat tahu ini memang menggembung dan kopong. Anda bisa mendapatkan jajanan ini di Jalan Gajah Mada.

5. Dan pastinya, ke Semarang nggak lengkap tanpa nyobain Lumpia. Ini nih khasnya Semarang!

Lumpia Semarang via id.wikipedia.org

Nah, datang ke Kota Lumpia tanpa mencicipi lumpianya tentu menjadikan perjalanan kurang afdal. Makanan akulturasi kebudayaan Cina ini paling sempurna dinikmati selagi masih hangat. Isian berupa telur, daging ayam, rebung, dan udang dibalut kulit yang tipis digoreng hingga cokelat keemasan… hmm.

Sempatkan mencicipi lumpia Mbak Liem di Jalan Pemuda yang sudah termashyur kelezatannya. Kamu bisa memilih lumpia goreng atau basah sesuai selera. Jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh, kamu juga bisa membelinya yang dibungkus di dalam besek.

Untuk mempernyaman wisatamu, dapatkan akomodasi terbaik di Airy Rooms. Beragam hotel murah di Semarang bisa kamu pesan dengan mudah, cepat, dan nyaman.

Cukup melalui mobile apps di Android dan iOS atau website, beragam hotel nyaman dengan tujuh fasilitas (AC, televisi layar datar, toiletries, shower air hangat, tempat tidur bersih dan nyaman, air minum kemasan, dan WiFi gratis) dapat kamu pilih sesuai keinginan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya